fbpx

5 hal yang harus dilakukan setelah lulus kuliah? (Fresh Graduate)

Kuliah merupakan proses pembelajaran tingkat lanjut di sebuah perguruan tinggi dengan konsentrasi pada satu pilihan jurusan. Lulus kuliah adalah sebuah pencapaian akhir dari proses pembelajaran yang dilakukan selama 3 atau 4 tahun masa perkuliahan. Dalam proses pembelajaran, tentu banyak pengetahuan, wawasan, serta jaringan pertemanan baru yang bisa dijadikan modal untuk kedepannya. Sayangnya, ketika telah lulus kuliah kita justru bingung harus berbuat apa karena banyaknya pertimbangan dan keputusan yang dinilai sama-sama memberikan dampak positif untuk langkah selanjutnya.

Berikut ini adalah 5 rekomendasi yang bisa kamu lakukan setelah lulus kuliah:

1. Menjadi Internship

lulus kuliah, internship
Ilustrasi menjadi internship (unsplash.com/Brooke Cagle)

Internship atau magang adalah pilihan alternatif yang bisa kamu ambil sebelum bekerja. Hal ini, dapat membuat kamu belajar beradaptasi dengan lingkungan dan kebiasaan bekerja. Setelah menjalani masa internship, biasanya kamu akan menjadi lebih bijak dalam mengambil keputusan atau mengelola waktu. Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan pengalaman internship kamu di CV, sehingga dapat menjadi nilai tambah ketika melamar pekerjaan.

2. Melamar Kerja

lulus kuliah, melamar pekerjaan
Ilustrasi melamar pekerjaan (unsplash.com/Marten Bjork)

Melamar kerja merupakan opsi yang paling ideal untuk kamu lulusan baru atau fresh graduate. Banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang memiliki semangat tinggi serta usia produktif. Selain itu, kamu juga bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti tes CPNS yang diadakan setiap tahun. Tetapi, kamu harus mampu mempersiapkan sebaik-baiknya agar dapat diterima ketika melamar pekerjaan. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan yaitu, mempersiapkan CV, pas foto terbaru, SKCK, serta berkas pendukung data diri lainnya. Jika kamu kesulitan mencari informasi lowongan pekerjaan, kamu dapat membuka website informasi lowongan pekerjaan seperti Jobstreet, Disnakerja, Openkerja, dan masih banyak lagi.

Baca: Persiapan Kerja? Lakukan 3 Langkah Berikut!

3. Berwirausaha

lulus kuliah, berwirausaha
Ilustrasi sebuah toko usaha (unsplash.com/Tim Mossholder)

Setelah lulus kuliah, tentu banyak ilmu yang dapat diimplementasikan dalam berbagai aktivitas. Dalam hal ini, kamu dapat berwirausaha sesuai dengan ilmu yang telah kamu pelajari sebelumnya saat masa perkuliahan. Berwirausaha dapat membuat kamu berpikir menjadi lebih kreatif, kritis serta pintar membaca peluang. Kamu dapat memanfaatkan jaringan pertemanan dan keluarga untuk dapat menjalankan usaha.

Baca: Menjadi Entrepreneur sukses harus punya 5 kunci ini!

4. Melanjutkan Kuliah

lulus kuliah, melanjutkan kuliah
Ilustrasi sedang di perpustakaan (unsplash.com/Eliabe Costa)

Menuntut ilmu sejatinya tidak ada habisnya. Faktor usia yang masih muda serta kemampuan berpikir yang masih cukup baik, dapat menjadi modal untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Keuntungan lainnya, kamu juga dapat melanjutkan pendidikan dengan mendaftar beasiswa di berbagai lembaga dan perusahaan yang biasanya memberikan beasiswa S2 kepada lulusan terbaik. Hal ini akan membuat kamu memiliki potensi yang lebih baik dan peluang yang lebih besar ketika melamar pekerjaan sebagai lulusan S2.

5. Mengikuti Kursus

lulus kuliah, kursus
Ilustrasi sedang mengikuti kursus (unsplash.com/Austin Distel)

Seiring berjalannya waktu, kamu pasti akan memiliki banyak waktu luang setelah lulus kuliah. Hal ini, bisa kamu manfaatkan dengan berbagai kegiatan produktif. Salah satunya, dengan mengikuti kursus. Jika kamu memiliki hobi yang perlu kamu maksimalkan, kursus adalah solusinya. Tersedia banyak pilihan jenis kursus yang bisa kamu ambil, kamu hanya tinggal menyesuaikan dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Selain dapat menambah skill dan pengetahuan, kursus juga dapat menghasilkan sertifikat yang dapat menjadi nilai tambah untuk kamu saat melamar pekerjaan.

Berdasarkan 5 rekomendasi diatas, kamu dapat menentukan satu pilihan yang menurut kamu paling cocok untuk dilakukan saat ini. Namun, jangan lupa untuk terus bekerja keras agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Karena, tidak ada satupun usaha yang sia-sia ketika dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Baca juga:

1 thought on “5 hal yang harus dilakukan setelah lulus kuliah? (Fresh Graduate)”

Leave a Comment

Your email address will not be published.