fbpx

Yuk simak! 11 Cara Melamar Kerja Agar Cepat Diterima Perusahaan

Cara melamar kerja agar cepat dapat kerja
photo from : unsplash

Ada banyak cara melamar kerja yang bisa dilakukan bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan. Dimulai dari membuat akun pribadi di situs pencari pekerjaan seperti Glints, namun di era sekarang mendapatkan pekerjaan bukanlah suatu yang mudah mengingat banyaknya kandidat menyebabkan persaingan semakin ketat.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, jika kamu tahu cara melamar kerja yang benar maka mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang sulit lagi. Yuk disimak!

Ada 11 cara melamar kerja agar cepat diterima perusahaan, sebagai berikut:

  1. Pilih pekerjaan yang sesuai dengan bidangmu

Pilih pekerjaan yang sesuai dengan bidangmu melalui glints. Memilih pekerjaan yang sesuai dengan bidang bisa menjadi nilai plus loh dimata HRD. Ada baiknya kamu memang melamar kerja yang ahli dibidangnya sehingga kualifikasi yang ditawarkan bisa meloloskan kamu saat screening CV.

hal ini menjadi salah satu cara melamar kerja yang sangat perlu kamu perhatikan jadi pastikan untuk memilih bidang yang kamu kuasai sebelum melamar kerja.

  1. Lengkapi profil kamu

Lengkapi profil kamu di glints mulai dari, sebagai berikut:

tentang saya yang berisi data diri kamu seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, dan lain sebagainya

portofolio jika kamu melamar dibagaian yang membutuhkan portofolio kamu dan lampirannya, serta media sosial kamu mulai dari Instagram, facebook, twitter, dan linkedin

penghargaan yang perlu kamu cantumkan jika kamu pernah mengikuti lomba-lomba dan memenangkannya semasa kuliah

pengalaman organisasi dan relawan. Ini yang paling penting dan perlu ada di CV kamu untuk menandakan bahwa kamu aktif selama kuliah. Jelaskan secara singkat jobdesk yang kamu lakukan selama berorganisasi ataupun menjadi relawan.

melengkapi profil juga termasuk kedalam kategori penting sebelum melamar kerja melalui glints, karena HRD biasanya akan melirik terlebih dahulu profil glints kamu sebelum melirik CV kamu.

  1. Pasang foto professional yang menarik

Pasang foto professional kamu yang paling menarik di glints dan juga CV kamu. Gunakan yang paling terbaru tanpa di edit atau diberi filter yang aneh-aneh yang membuat HRD malas untuk melirik kamu lebih jauh lagi.

Memasang foto profil yang bagus dan menarik termasuk dalam kategori penting dalam melamar kerja, penampilan yang menarik menjadi nilai plus buat kamu lolos ke tahap selanjutnya setelah CV kamu yang menarik.

  1. Buat CV kamu lengkap dan terlihat menarik

Lengkapi CV kamu dengan data yang lengkap, detail dan juga jujur. Kini sudah banyak website yang menyediakan desain-desain CV yang hanya perlu kamu ganti dengan data-data CV kamu.

Hindari mencantukmkan hal-hal yang tidak penting pada CV kamu yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan bidang pekerjaan yang kamu ajukan. Tapi kamu bisa mencantumkan soft skill kamu untuk menambah nilai plus.

Setelah CV jadi bisa langsung kamu upload melalui website glints untuk memudahkan kamu dalam melamar kerja.

  1. Buat surat lamaran yang singkat dan sopan

Saat kamu melamar kerja melalui website glints maka sebelum dikirim CV kamu. Disana kamu bisa memilih untuk mengirim surat lamaran atau tidak melalui centang pada kolom.

Namun, disarankan untuk mengirim surat lamaran secara singkat, padat, dan jelas. Kamu bisa mengambil secara garis besar dari isi CV kamu dan diisi di kolom surat lamaran tersebut.

  1. Bangun branding kamu di social media

Selain membuat CV kamu menarik, kamu juga perlu loh membangun branding diri kamu di social media yang bisa memberikan nilai plus saat melamar kerja, karena biasanya HRD akan mencari nama kamu di mesin pencarian google untuk melihat jejak digital kamu atau mengecek langsung social media kamu.

Jika kamu merupakan sosok terkenal maka akan menjadi nilai plus bagi perusahaan untuk menerima kamu sebagai karyawan, tapi jika kamu memiliki citra buruk maka HRD tidak akan mempertimbangkan kamu lagi.

Jadi mulai sekarang yuk bangun branding diri kamu sebaik mungkin di social media!

  1. Rutin apply 2-3 lamaran setiap hari

Lakukanlah melamar pekerjaan secara rutin 2-3 kali dalam sehari di perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan sesuai dengan skill dan bidang yang kamu kuasai. Kamu bisa mulai dengan melamar kerja melalui glints yang memudahkan kamu dalam melamar pekerjaan yang kamu impikan.

Jangan putus asa ataupun menyerah! Karena disetiap usaha yang kamu lakukan pasti ada hasilnya.

  1. Pasang nomor handphone yang aktif

Memasang nomor handphone yang aktif saat melamar kerja sangatlah penting. Karena HRD akan menghubungi kamu melalui telepon untuk memberikan kabar lebih lanjut mengenai lamaran kerja kamu.

Pastikan untuk selalu mengaktifkan handphone kamu dari pagi jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Siapa tahu kamu akan dihubungi pagi oleh HRD untuk tahapan lamaran kamu selanjutnya.

Jadi pastikan nomor kamu aktif ya, jangan sampai kamu tidak lolos tahap selanjutnya karena nomor kamu yang tidak aktif.

  1. Lakukan riset perusahaan sebelum interview

Setelah lolos screening CV maka ada kemungkinan kamu akan dipanggil interview. Ada baiknya sebelum kamu melakukan interview dengan HRD, kamu melakukan riset terlebih mengenai perusahaan tersebut.

Hal ini berguna untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti produk atau jasa apa yang ditawarkan, berapa banyak karyawan, seberapa baik mereka memperlakukan karyawannya, bagaimana jam kerja disana dan lain sebagainya.

Lakukan riset bisa melalui website, media social, atau review blogger yang pernah kerja disana dan pernah melamar kerja disana. Sehingga saat tiba interview kamu tidak terkejut lagi nantinya.

  1. Riset pertanyaan dan jawaban sebelum interview

Melakukan riset pertanyaan umum beserta bagaimana cara menjawab yang benar sebelum interview juga penting loh dalam melamar kerja. Selain mempermudah kamu saat menjawab nanti, kamu juga bisa menjawab dengan benar dan sopan.

Kamu bisa melakukan riset melalui youtube ataupun google. Sudah banyak blogger atau vlogger yang memberikan contoh pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan saat interview dan bagaimana cara menjawab yang benar dan disukai HRD.

Tapi menjadi diri sendiri juga penting loh saat interview. Saat melakukan riset ada baiknya kamu modifikasi jawabannya sesuai dengan jati diri kamu, sehingga tidak timbul kebohongan nantinya saat interview.

  1. Jangan lupa berdoa

Satu lagi nih, jangan lupa berdoa. Entah saat kamu melamar kerja atau saat kamu sudah lolos screening dan akan melakukan interview.

Karena setelah semua usaha yang sudah kamu lakukan hanya tersisa kepasrahan dan itu hanya bisa dilakukan dengan berdoa dan berharap yang terbaik padauhan.

Semoga 11 cara melamar kerja ini bisa bermanfaat buat kamu para pejuang pencari kerja! Jangan pernah nyerah dan yakin pasti bisa dapat kerja.

Jangan lupa baca juga: Mulailah Perencanaan Pengembangan Karir Kamu Sekarang

Terima kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published.