fbpx

Mulailah Perencanaan Pengembangan Karir Kamu Sekarang

mulailah perencanaan pengembangan karirmu
Credit to unsplash

Apakah kamu mempunyai rencana untuk mengembangkan karirmu? Apakah kamu memiliki tujuan jangka panjang dan jangka pendek untuk karirmu? Perencanaan pengembangan karir adalah proses peningkatan pribadi yang dilakukan seseorang untuk mencapai suatu rencana karir. Pengembangan karir akan membantumu untuk menyesuaikan strategimu untuk mencapai tujuan karir yang kamu inginkan.

Mengapa mempunyai tujuan karir itu penting? Karena jika kamu tidak memiliki tujuan karir untuk diperjuangkan, kamu akan kesulitan untuk memperoleh skills yang membuat kamu menjadi komoditas yang lebih berharga dalam dunia bisnis.

Mempunyai rencana untuk mengembangkan karir yang solid dapat berfungsi sebagai peta jalan yang dapat diandalkan untuk membawamu ke jalur karir yang tepat. Maka itu, pengembangan karir menjadi suatu hal yang diinginkan semua pekerja.

rencana untuk mengembangkan karir
Credit to unsplash

Setiap orang pasti mempunyai tujuan atau aspirasi penting yang ingin mereka capai di masa depan. Meskipun tujuanmu sulit dicapai, hal tersebut akan menjadi lebih mudah dikelola melalui rencana pengembangan karirmu.

Tujuan karirmu juga harus dikaitkan bersama kekuatan dan potensimu untuk memastikan ekspektasi karirmu itu realistis. Memilik rencana karir yang realistis merupakan bagian penting untuk kemajuan dan perkembangan pribadi kita.

5 Tujuan Dari Perencanaan Pengembangan Karir

  1. Perencanaan pengembangan karir akan mencegah kamu menjadi terjebak dalam kebiasaan

Jangan membiarkan diri sendiri menjadi terlalu nyaman dengan hanya melakukan tugas yang sama saat pertama kali kamu memulai pekerjaanmu, karena kamu bisa saja digantikan oleh karyawan baru yang mempunyai skills yang lebih tinggi. Tanpa tujuan untuk mengembangkan diri, kamu juga akan menuju karir yang tidak memuaskan, jadi jangan pernah meremehkan perkembangan profesional karirmu. Untuk mengembangkan skill kamu, kamu bisa mengikuti Glints Expert Class dan temukan kelas yang cocok dan terbaik untuk kamu.

tujuan dari perencanaan pengembangan karir
Credit to unsplash

2. Perencanaan pengembangan karir akan membantu kamu untuk bertanggung jawab atas kekuranganmu

Bukan hanya kamu yang tahu kekuranganmu, tetapi orang-orang di sekitarmu juga tahu seberapa baik atau buruk kinerja kamu di tempat kerja. Jika kamu tidak konsisten dalam memperbaiki kekuranganmu dan berusaha menjadi lebih baik, kamu menempatkan dirimu dalam risiko untuk digantikan.

3. Perencanaan pengembangan karir akan membantu kamu untuk menentukan jalur karir masa depanmu

Saat kamu tidak memperbaiki kebiasaan untuk menetapkan dan mencapai tujuan karir yang jelas, kamu akan kehilangan kesempatan untuk mengarahkan karirmu ke jalur yang tepat dan signifikan. Apakah kamu ingin bangun di suatu hari dan menyadari bahwa kamu telah membuang waktu di pekerjaan yang kamu tidak sukai? Maka itu, buatlah rencana pengembangan karir yang bagus untuk menilai kinerjamu dan membawa makna pada pekerjaanmu.

rencana untuk mengembangkan karir akan membantu kamu mengendalikan kemajuanmu
Credit to unsplash

4. Perencanaan pengembangan karir akan membantu kamu mengendalikan kemajuanmu

Meluangkan waktu dan bertindak disiplin dalam merencanakan pengembangan karir akan memaksamu untuk bertanggung jawab. Daripada menyalahkan hal-hal lain atas kesalahan yang terjadi, kamu akan mulai bertanggung jawab atas tindakan dan reaksi sendiri.

5. Perencanaan pengembangan karir akan memberikan kamu kepercayaan diri yang dibutuhkan untuk sukses

Rencana pengembangan karir akan memberimu kepemelikan atas semua aspek karirmu dan menempatkan kamu di jalan yang benar menuju sukses. Kamu akan sepenuhnya memahami kekuatan dan kekuranganmu. Kamu juga akan menetapkan target yang realistis dan menetapkan rencana untuk mencapainya. Kamu akan tahu apa yang kamu inginkan dan seberapa jauh kamu dalam karirmu. Kamu juga akan berangkat kerja setiap hari dengan tujuan yang jelas dan motivasi yang baru.

Sekarang kamu sudah mengetahui pengertian dan tujuan dari perencanaan pengembangan karir, bacalah lebih lanjut untuk mendapatkan tips dan templat rencana pengembangan karir yang efisien dan bermanfaat untuk kamu.

Tips efektif untuk perencanaan pengembangan karir:

  1. Menetapkan tujuan yang jelas dan membuat rencana untuk mencapainya
  2. Set timeline yang tepat
  3. Memanfaatkan program perusahaan
  4. Memiliki jalur karir yang kamu inginkan
  5. Buatlah rencana yang jelas
tips efektif untuk perencanaan pengembangan karir
Credit to unsplash

Rencana pengembangan karir yang paling umum dan mudah diikuti:

  • The starting point: Di mana kamu sekarang berada dalam karirmu
  • The destination: Di mana kamu ingin berada dalam karirmu
  • The gap: Rintangan yang harus kamu atasi untuk mencapai tujuan
  • The route: Bagaimana cara menutup celah untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan

Sekarang kamu sudah bisa membuat perencanaan pengembangan karirmu. Jangan lupa untuk mengikuti progres rencanamu dan mengevaluasi ulang. Kamu pasti bisa meraih sukses lewat karir impianmu!

Kalau kamu ingin mendapatkan lebih banyak tips tentang cara efektif dalam bekerja dan bagaimana meningkatkan karir, kamu bisa juga check di website Glints dan juga follow @glintsid.

rencana pengembangan karir yang paling umum dan mudah untuk diikuti
Credit to unsplash

Baca juga Dapatkan Lowongan Kerja Terdekat Dalam Beberapa Klik, Yuk simak! 11 Cara Melamar Kerja Agar Cepat Dapat Kerja, Jangan Khawatir! Berikut 5 Tips Kerja Di Rumah Agar Tetap Produktif

Leave a Comment

Your email address will not be published.