fbpx

High Performance Laptop 101, Tips Memilih.

High Performance Laptop
Laptop

High Performance Laptop – Kebutuhan teknologi dalam kehidupan manusia setiap waktunya terus berkembang, salah satunya adalah laptop. Jika di bandingkan dengan PC, laptop terbilang lebih efisien karena cukup mudah untuk dibawa dan fleksibel.

laptop sangat membantu dalam menunjang aktifitas keseharian, contohnya seperti dalam bekerja maupun hiburan seperti Editing, Gaming, Desain, Data processing, dan yang lainya yang sering kali membutuhkan laptop dengan peforma yang tinggi / high performance laptop.

Di Zaman sekarang, Laptop sangat mudah untuk di peroleh karena semakin banyaknya produk / brand yang menyediakanya. Namun, banyak hal yang perlu kamu ketahui agar tidak salah dalam memilih, tidak hanya dengan harga tapi spesifikasi dan kelebihan yang bisa didapatkan dari laptop pilihanmu.

Meskipun ada banyak pilihan untuk ukuran, kinerja, sistem operasi, dan harga, ini memberi kamu kemampuan untuk mendapatkan laptop yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhan.


Memilih High Peformance Laptop, Ini yang perlu di perhatikan

Berikut ini tips yang dapat membantu kamu dalam memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan kamu yang menginginkan atau sedang mencari laptop dengan spes. Berikut bagian dari setiap komponen utama yang ingin kamu ketahui saat membeli.

1. Ukuran High Peformance laptop

Kenapa ukuran? Apabila kamu butuh laptop yang bertenaga EXTRA baik itu untuk urusan design atau gaming, kamu harus memilih laptop dengan ukuran besar. Pasalnya, bodi tebal dibutuhkan untuk menyimpan komponen yang bertenaga.

Ukuran layar yang kamu pilih tentunya akan memengaruhi ukuran laptop (Lebar Layar = Lebar Body). Laptop yang mobile biasanya memiliki layar berukuran 12,5” – 13,3”. Laptop semacam ini punya bobot antara 1 – 1,5 kg. Meski begitu, sangat jarang laptop dengan ukuran tersebut punya spesifikasi yang benar-benar kencang. Kamu jarang sekali menemukan laptop dengan prosesor Intel Core i7 keatas di perangkat sekecil ini, But.. tidak mungkin tidak ada juga karna mengingat semakin berkembangnya teknologi, jika ada harganya pun pasti mahal.

2. Spesifikasi Internal High Peformance Laptop

Dalam memilih High Peformance Laptop, Spesifikasi Internal Ini merupakan faktor utama yang harus dipikirkan sebelum membeli laptop dengan. At least, ada empat hal yang harus pertimbangkan, yakni tipe prosesor, RAM, VGA, dan kapasitas media penyimpanan.

RAM

High Performance Laptop
High Performance RAM

RAM adalah apa yang digunakan laptop kamu untuk menyimpan data, sementara prosesor yang melakukan banyak hal. Semua hal yang sedang dikerjakan sekarang harus bisa muat pada RAM.
Mengapa ram penting ? karena RAM merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kinerja laptop. Semakin besar RAM, kinerja laptop untuk kebutuhan multitasking akan makin besar. 

  • Pada umumnya, RAM laptop middle end sekarang adalah 6GB
  • High Performance Laptop untuk Gaming dan Design umumnya memerlukan RAM diatas 8GB

High Performance VGA Card

VGA Card (Video Graphics Adapter) biasa juga di sebut sebagai Graphic Card adalah perangkat yang fungsinya untuk menerjemahkan / memproses informasi grafis yg nantinya akan ditampilkan pada layar monitor. Jika kamu membutuhkanya untuk bermain game, membuat design atau grafik, atau editing / Rendering Video beresolusi tinggi, pilihan yang cocok adalah prosesor grafis dari Nvidia atau AMD.

High Performance Laptop VGA
High Performance Laptop VGA

Untuk high performance gaming laptop ataupun design sangat dipengaruhi oleh perangkat satu ini. Tanpa adanya VGA Card yang mumpuni akan menyulitkan kalian untuk menikmati tampilan yang terbaik. in spite of, ada banyak jenis VGA gaming dan editing mulai dari harga mahal hingga murah.
Rekomendasi Best High Peformance Laptop VGA

3. Storage / Penyimpanan

Terdapat 2 macam Storage / Penyimpanan, yaitu solid state drive (SSD) dan Hard Disk Drive (HDD). Untuk High Performance Laptop biasanya menggunakan SSD. Namun, tidak sedikit juga yang menggunakan kombinasi dari keduanya untuk menghemat biaya karena harga DDS lebih mahal dibandingkan HDD dengan memori storage yang setara.

Jika kamu memiliki budget lebih, sebaiknya memilih high performance laptop yang menggunakan solid state drive (SSD) karena kinerja SSD jauh lebih cepat secara keseluruhan dibandingkan dengan HDD.

4. Kapasitas / Daya Baterai

Jika kamu orang yang suka berpindah – pindah tempat / bekerja di luar ruangan, hobi bermain Online Game atau Design, pastinya sangat perlu menjadikan kapasitas / daya baterai sebagai nilai yang patut di perhitungkan.

High Performance Laptop Battery
High Performance Laptop – Battery Capacity

Saat bermain Online Game atau Design, Peformance Laptop akan meningkat sehinga akan mengonsumsi energi / daya baterai yang lebih banyak. Oleh karena itu walaupun dapat di Charge ketika digunakan, memilih kapasitas / daya baterai yang lebih besar akan menjadi opsi yang lebih baik.

5. Port / Konektifitas

Konektifitas juga penting bagi kamu yang ingin memiliih high performance laptop, dikarenakan pasti akan menghubungkan beberapa alat / tools yang mungkina akan kamu gunakan seperti Keyboard Gaming, Mouse, External Storage, Drawing Pad, dan sebagainya.

Untuk high performance laptop, di tahun 2022 umumnya sudah menggunakan satu USB-A, USB-C, Jack 3.5m. Pastikan juga USB port yang terpasang adalah USB 3.0 agar transfer datamu menjadi jauh lebih singkat, karena USB 3.0 sepuluh kali lipat lebih cepat dibanding USB 2.0.

Tidak tak kalah penting juga untuk memastikan memiliki port pendukung lain seperti LAN dan HDMI/VGA.

6. Build Quality

High performance laptop umumnya selalu mengikuti perkembangan zaman, biasanya lebih kokoh untuk menahan cipratan air dan debu. Beberapa dibangun khusus untuk lingkungan yang membutuhkan daya tahan dan dilengkapi dengan sertifikasi MIL-STD-810G yang merupakan standar Militer AS untuk menunjukkan tingkat ketahanan minimum.

Akan lebih baik juga untuk melihat review produk yang di tuju di beberapa chanel ataupun dari user testimoni.

Rekomendasi

High Performance Laptop for Gaming

Laptop Gaming Terbaik.

  • ASUS ROG Zephyrus Duo i9-10980HK
  • MSI Titan GT76 10SGS-085 i9-10900K
  • ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE Ryzen 9
  • ASUS ROG Strix SCAR RTX 3080
  • MSI GE76 Raider 10UH

High Performance Laptop for Design

Laptop Desain Grafis terbaik.

  • Zenbook Pro Duo 15 OLED (UX582)
  • APPLE MACBOOK PRO 16 (2021, M1)
  • Vivobook Pro 16X OLED (M7600, AMD Ryzen 5000 Series)
  • APPLE MACBOOK PRO 14 (2021, M1)
  • DELL XPS 17 9710

Sekian rekomendasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu kamu ataupun memberikan gambaran / inspirasi laptop separti apa yang sesuai dengan Budget dan Kebutuhan kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.