fbpx

5 Alasan Pentingnya Asuransi, Cek Disini!

Pentingnya Asuransi

Di dalam perjalanan kehidupan, risiko merupakan hal yang pasti akan dialami oleh seseorang. Risiko yang dimaksud dalam konteks ini adalah risiko kehidupan, misalnya sakit, cacat, menua, pensiun, kecelakaan, dan meninggal dunia. Ketika risiko kehidupan terjadi, tentu keuangan kita akan terdampak entah dari sisi cashflow ataupun tabungan. Dengan demikian, diperlukan instrumen yang bisa melindungi keuangan kita, salah satunya yaitu dengan memiliki asuransi. Mengapa asuransi penting dalam hidup kita? Berikut 5 (lima) alasan pentingnya memiliki asuransi.

1) Keamanan Finansial

Sebanyak apapun penghasilan atau tabungan yang kita miliki, keuangan kita akan terdampak ketika kita mengalami kejadian tidak terduga. Salah satu cara terbaik untuk aman secara finansial adalah memiliki proteksi untuk diri sendiri, keluarga, dan aset kita. Jika memiliki asuransi, kita bisa meminimalisir kerugian keuangan ketika dihadapkan dengan risiko kehidupan.

2) Pemindahan atau Pembagian Risiko

Selain keamanan finansial, pentingnya asuransi bisa kita bahas dari sisi konsep dasar asuransi itu sendiri. Konsep dasar asuransi adalah pemindahan risiko (pada asuransi konvensional) atau pembagian risiko (pada asuransi syariah). Risiko dipindahkan dari pemilik asuransi kepada perusahaan asuransi dimana pemilik mempunyai kewajiban membayar sejumlah uang yang telah disepakati kepada perusahaan. Dari kesepakatan tersebut, pemilik asuransi mendapatkan kompensasi dari perusahaan asuransi ketika terjadi peristiwa yang tidak terduga.

3) Perlindungan untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Keluarga merupakan harta yang paling berharga dalam hidup kita, terlebih apabila ada anggota yang keluarga bergantung secara finansial kepada kita. Ketika pencari nafkah utama mengalami risiko kehidupan, anggota keluarga lain akan terkena dampak finansial secara signifikan. Memiliki asuransi menjadi sangat penting agar keluarga kita aman dalam menghadapi situasi darurat apapun.

4) Mengurangi Stres di Masa Sulit

Tidak ada satupun yang bisa memprediksi kapan risiko kehidupan akan menghampiri kita. Hal tersebut dapat menyebabkan kita menjadi stres baik secara fisik, mental maupun finansial. Dengan adanya asuransi, kerugian finansial bisa teratasi sehingga beban kitapun akan berkurang.

5) “Peace of Mind” atau Ketenangan Pikiran

Memiliki asuransi dapat memberikan kita keamanan finansial serta ketenangan pikiran. Ketenangan pikiran ini tidak akan bisa terbayar oleh apapun. Ketika kita memiliki asuransi, kita tahu bahwa keuangan kita terlindungi dari peristiwa yang tidak terduga dalam hidup sehingga menimbulkan rasa peace of mind”.

Setelah menyimak pembahasan mengenai pentingnya asuransi, jangan lupa menyesuaikan budget dan kemampuan keuangan sebelum memutuskan untuk memiliki asuransi ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.