fbpx

S2 di Jepang tanpa Belajar Bahasa Jepang

s2 di jepang
www.studikejerman.com

Melanjutkan kuliah S2 di Jepang adalah salah satu impian banyak mahasiswa. Impian umumnya sarjana di dunia setelah lulus kuliah adalah melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tidak hanya di dalam negeri, banyak orang bahkan ingin lanjut kuliah S2 atau pascasarjana di luar negeri salah satunya S2 di Jepang. Bagi banyak sarjana di Indonesia, Jepang menjadi salah satu negara tujuan favorit untuk melanjutkan pendidikan karena jarak yang tidak terlalu jauh dan biaya yang tidak mahal, serta gambaran kehidupan yang familiar bagi kebanyakan penikmat budaya Jepang. Namun, hal ini terkadang terhalang kemampuan berbahasa Jepang yang kurang. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa institusi di Jepang menyediakan program pascasarjana bagi warga negara asing yang hanya mahir berbahasa Inggris, tidak terkecuali bagi warga negara Indonesia.
Berikut 5 di antaranya.

University of Tokyo

Sebagai salah satu universitas terbaik di Jepang, University of Tokyo (UTokyo) atau biasa dikenal Todai menawarkan beberapa program pascasarjana dengan perkuliahan berbahasa Inggris yang dapat dijadikan pilihan bagi yang tidak bisa berbahasa Jepang, yakni program internasional di bidang ekonomi, ilmu budaya, sains, teknik, pertanian, ilmu kesehatan, teknologi informatika, cabang ilmu pengetahuan informatika, dan kebijakan publik.

Waseda University

Waseda University dikenal sebagai salah satu universitas bergengsi yang juga memiliki mahasiswa internasional terbanyak di Jepang. Beberapa program pascasarjana yang ditawarkan adalah master di bidang ilmu politik, ekonomi, hukum, teknik dan sains, sosial, olahraga, komunikasi dan budaya internasional, studi Asia Pasifik, serta sistem dan produksi informatika.

Kyoto University

Kyoto University juga menawarkan berbagai program pascasarjana yang ramah mahasiswa internasional yang hanya bisa berbahasa Inggris, yaitu di bidang kesusastraan, ekonomi, teknik, pertanian, ilmu energi, informatika, biostudi, studi lingkungan global, kedokteran, dan manajemen.

Sophia University

Program perkuliahan berbahasa Inggris telah bertahun-tahun dibuka di Sophia University. Hal ini membuat Sophia University dikenal sebagai pelopor globalisasi universitas Jepang di kalangan mahasiswa internasional. Dengan beragam program perkuliahan berbahasa Inggris, antara lain studi global, ilmu pengembangan dan bisnis internasional, studi kebudayaan Jepang, teknik dan ilmu lingkungan, ilmu lingkungan global, ilmu mengajar bahasa Inggris kepada penutur bahasa lain, dan pendidikan, Sophia University menjadi salah satu tujuan favorit mahasiswa internasional.

University of Tsukuba

Dibanding keempat universitas sebelumnya, University of Tsukuba menawarkan beragam program kuliah pascasarjana berbahasa Inggris di lebih banyak bidang. Beberapa di antaranya adalah program master ilmu kesehatan, pendidikan, teknik computer, geosains, nanosains, inovasi ilmu kehidupan, serta dua program khusus, yakni hubungan internasional, dan kebijakan publik dan hubungan internasional di negara-negara Asia tengah.

Kelima universitas di atas tidak hanya menawarkan perkuliahan dengan kelas berbahasa Inggris secara keseluruhan, tetapi juga menyediakan fasilitas berbahasa Inggris bagi mahasiswa-mahasiswa internasional yang sangat memudahkan mereka, mulai dari website resmi berbahasa Inggris, panduan pendaftaran dalam bahasa Inggris, serta ujian dan penilaian yang juga berbahasa Inggris.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *