fbpx

Digital Marketing for Beginner

Digital Marketing adalah salah satu skill yang harus dimiliki di tahun 2021 ini, saat semua aktivitas sehari-hari mulai beralih dari tradisional transaksi menjadi serba online. Disini saya akan menjelaskan secara bertahan tentang Digital Marketing terutama di level pemula atau beginner.

Digital Marketing adalah aktifitas pemasaran yang memanfaatkan internet dan tekologi digital untuk mempromosikan dan menjual produk. Untuk menjual suatu produk barang atau jasa dengan efektif harus diawali dengan menentukan audience yang benar benar membutuhkan produk kita.

Menentukan target audience yang profilenya sesuai dengan customer kita dapat dikualifikasikan dengan Hypertargeting, yaitu berdasarkan Demografi, Geografi, Kebiasaan/Habits dan Psikografi, dengan melekukan deep research tentang segmentasi pasar akan membantu brand meminimalisir terjadinya kesalahan dikemudian hari.

Saat ini Digital Marketing semakin berkembang jika dibandingkan dengan Traditional Marketing seperti iklan di televisi, radio dan koran, Alasannya karena penggunaan digital marketing lebih terukur dan efisien dari berbagai faktor. Misalnya saja faktor jangkauan atau reach, pada traditional marketing area jangkauan lebih terbatas sedangankan penerapan digital marketing memiliki jangkauan yang lebih global. Cost yang yang harus dibayarkan pada traditional marketing jauh lebih mahal jika di bandingkan Digital Marketing yang dapat kita tentukan cost per bulan yang harus dikeluarkan bahkan jika kita tau caranya bisa dilakukan secara gratis.

Dalam Digital Marketing ada istilah Digital Marketing Trifecta yaitu: Owned Media, Paid Ads dan Earned Media. Owned Media berada dalam proses digital branding dengan mengoptimalkan peran Website, berbagai kanal sosial media dan berbagai digital aset lainnya sebagai rumah dimana kita dapat menampilkan produk atau konten yang sudah dibuat sehingga dapat dilihat oleh audience. Setelah memastikan rumah siap dikunjungi selanjutnya adalah melakukan aktifitas pemasaran melalui iklan berbayar seperti Pay per Click, membayar Influencers atau endorsement, social media ads dan lain-lain. Setelah memastikan rumah bagus dan iklan tepat sasaran sehingga membuat audience memberikan penilaian tentang produk kita dan secara mandiri membuat tulisan, merepost dan mereview produk kita tanpa kita membayar tahapan ini disebut earned media.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *