fbpx

Tips Menyiapkan Bekal Makanan Sehat Saat PPKM

Menyiapkan Bekal Makanan Sehat saat PPKM ? Yups, ini adalah hal yang penting karena Pemerintah kembali memberlakukan aturan baru untuk mengurangi tingkat angka Covid yang semakin tinggi. Oleh karena itu tindakan PPKM atau yang disebut dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat mulai 3 – 20 Juli 2021 mulai diberlakukan. Namun, sebagian masyarakat mengalami kesulitan karena adanya keterbatasan dalam berbelanja untuk memenuhi kebutuhan pokok. Terutama bagi ibu rumah tangga, atau karyawan swasta yang biasa berbelanja di pasar, kali ini perlu mengubah kebiasannya dengan metode lain. Sehingga, hal ini berdampak kepada cara baru dalam menyiapkan bekal makanan sehat saat PPKM.

Dalam hal ini, kondisi PPKM membuat sebagian besar masyarakat urban pada akhirnya melakukan kegiatan bekerja di rumah. Namun sebagian masyarakat lain yang diwajibkan bekerja di kantor, perlu menyiapkan bekal juga agar tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya. Oleh karena itu, menyiapkan bekal makanan sehat wajib hukumnya agar imun tubuh tetap terjaga.

Lalu bagaimana caranya menyiapkan bekal makanan sehat saat PPKM ? Mungkin saja, ada sebagian masyarakat yang tinggalnya tidak dirumah namun tinggal di kos-kosan atau apartemen.

Bagaimanapun juga, masyarakat Indonesia khususnya Jawa Bali tetap perlu memenuhi kebutuhannya agar ketersediaan makanan di rumah atau kos-kosan tetap ada. Berikut ini adalah:

Tips Menyiapkan Bekal Makanan Sehat Saat PPKM

Belanja Bahan Makanan Melalui Online

sumber : www.unsplash.com

Dalam konteks ini, saya ingin membagikan informasi mengapa metode belanja melalui online menjadi penting saat ini terutama dalam menyiapkan bekal makanan sehat di saat PPKM. Pertama, para ibu rumah tangga maupun karyawan swasta dapat menghemat waktu dan tenaga saat melakukan pembelanjaan online. Ada beberapa E- Commerce yang bisa menjadi alternatif untuk melakukan pembelanjaan kebutuhan pokok seperti : Sayurbox , Tanihub, Happy Fresh . Bahkan dapat dilakukan pembelanjaan melalui Markeplace seperti Tokopedia, maupun Shopee. Kedua, metode pembayaran pun sudah sangat mudah karena dilakukan secara cashless sehingga mengurangi resiko penularan kontak fisik antara penjual dan pembeli (tidak seperti di pasar). Lebih dari itu, para ibu rumah tangga maupun karyawan swasta bisa mendapatkan promo atau discount dari merchant-merchant online yang tersedia.

Membuat Meal Plan

Dalam hal ini, mengapa penting dalam membuat perencaaan terhadap membuat makanan. Pertama, hal ini dapat membantu kita dalam melakukan pengaturan budget keuangan terhadap kebutuhkan pokok kita, sehingga mengurangi adanya keborosan dalam berbelanja kebutuhan pokok yang tidak diperlukan. Kedua, meal plan ini membantu ibu rumah tangga dan karyawan swasta dalam menyiapkan ketersediaan makanan dengan varian yang lengkap. Ketiga, dengan menggunakan Meal Plan dapat membantu mengatasi kebingungan dalam menyiapkan makanan sehat. Biar bagaimanapun juga, meal plan ini akan membantu kita dalam menyiapkan bekal makanan sehat. Oleh karena itu, mulailah membuat meal plan untuk satu minggu. Selain itu buatlah menu varian makanan yang lengkap gizinya.

Menyiapkan Tempat Penyimpanan Makanan Yang Memadai

sumber : www.unsplash.com

Dalam hal ini, untuk memenuhi bekal makanan sehat selama PPKM, perlu adanya tray atau box yang memadai untuk tempat penyimpanan. Pertama, bagi para ibu rumah tangga atau karyawan swasta yang tinggal di rumah maupun di kos-kosan, kontrakan, atau apartemen sebaiknya menyediakan kulkas atau ruang storage untuk menyimpan bahan-bahan makanan. Kedua, tempat penyimpanan memiliki fungsinya sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, untuk sayuran dan buah-buahan dapat ditempatkan di kulkas bawah, untuk daging dan frozen food bisa ditaruh di freezer. Selain itu, makanan kering, dapat ditaruh di kotak penyimpanan kering yang bersih dan aman sehingga menghindari kutu atau binatang masuk ke dalam kotak tersebut.

Menjaga Kebersihan Setelah Melakukan Pembelian Produk

Dalam hal ini, kebersihan makanan amat penting. Pertama, setelah kita membeli paket makanan sehat sebaiknya dijemur terlebih dahulu. Kedua, kalian bisa menyemprot makanan dan minuman tersebut dengan cairan disinfektan yang memiliki kandungan Food Gradenya sehingga aman. Ketiga, setelah dijemur dan disemprot dengan cairan disinfektan, sebaiknya seluruh bahan makanan dicuci dengan air bersih terlebih dahulu. Setelah itu, kalian bisa mengeringkannya lagi sebelum dimasukkan ke dalam kulkas atau kotak penyimpanan. Biar bagaimanapun juga, hal ini memang bisa dikatakan cukup sulit. Pada akhirnya, kesehatan kita menjadi hal yang paling utama.

Baca juga : Makanan untuk meningkatkan imun tubuh

Perbanyak Konsumsi Makanan Berprotein, Sayuran dan Buah – Buahan

Dalam kondisi PPKM saat ini, penting untuk terus meningkatkan imun kita terutama dalam memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh. Pertama kita bisa membeli buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A, E, D, dan C. Kedua, sayur-sayuran juga dibutuhkan dalam meningkatkan imunitas. Sebagai tambahan, kalian bisa memilih varian sayuran berwarna hijau, merah dan ungu seperti bayam, selada, kol, bit, dll. Ketiga, protein juga penting dalam imunitas . Perbanyak konsumsi makan ikan, daging, dan ayam. Selain itu, kurangi makanan yang mengandung banyak lemak dan gula. Hal ini akan membuat virus lebih mudah masuk ke tubuh karena kurangnya sumber mineral dalam lemak dan gula. Sebagai tambahan, kalian juga dapat mengkonsumsi amunisi vitamin tambahan yang dijual di Apotek seperti Blackmores untuk membantu menambah kebutuhan nutrisi mu.

Baca juga : Masak Nasi Goreng Singapore

Memesan Catering Sehat

Apabila kalian benar-benar tidak sempat melakukan persiapan bekal makanan sehat, alternatif lainnya adalah kalian bisa memesan makanan sehat melalui catering. Pastikan:

  1. Catering memiliki menu yang sehat
  2. Catering tersebut jelas keberadaannya (bisa mencari lewat Google atau Media Sosial)
  3. Memiliki testimonial yang lengkap dan terbukti rasa enaknya

Kalian bisa mencobanya pesan Catering Menu Sehat di Kukuinutri . Kukuinutri adalah penyedia Catering & Frozen Food sehat dan terlengkap di era pandemi saat ini. Kalian bisa melakukan pemesanan secara custom karena Kukuinutri dapat menyediakan catering makanan sehat secara lengkap. Pastikan kalian mendapatkan asupan yang cukup ya dalam mempersiapkan bekal makanan sehat saat PPKM.

Leave a Comment

Your email address will not be published.