Jenis Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Diet

Menurut Diet adalah kunci sukses menurunkan berat badan dan tentunya proses diet bisa sukses karena memiliki trik dan cara khusus. Saat diet, tentunya kamu akan mengikuti program-program tertentu dari cara berolahraga hingga dalam pemilihan asupan makanan dan minuman. Namun, perlu kamu ketahui juga bahwa ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus di hindari saat diet. Bahkan ada juga buah yang tidak boleh kamu konsumsi saat sedang diet. padahal diet dikenal juga dengan makanan yang menyehatkan tubuh tapi justru ada yang tidak cocok untuk dikonsumsi saat diet.

Maka dari itu, kita tetap harus memilih jenis makanan saat sedang mengikuti program diet. Menurut Orami, berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari saat diet :

Kentang Goreng

Makan kentang goreng berkaitan dengan kenaikan berat badan drastis. Kalori kentang goreng dalam 100 gram sebesar 225 kkal. Dengan berat yang sama, kalori kentang kukus hanya sebesar 35 kkal. Sepiring kentang yang dikonsumsi dalam sekali makan sebanyak 300 gram. Akibatnya, kentang goreng pun memberikan asupan kalori hingga 675 kkal. Asupan kalori berlebih dan tidak diimbangi dengan aktivitas akan disimpan di tubuh dalam bentuk lemak. Lama-kelamaan, lemak pun menimbun dan bisa menyebabkan berat badan naik.

Nasi Putih

Nasi putih lebih banyak mengandung karbohidrat dan kalori, serta lebih sedikit nutrisi lainnya. Sebanyak 60 gram beras mengandung 80 kalori, satu gram protein, 0,1 gram lemak, dan 18 gram karbohidrat. Nasi putih memang memiliki kandungan lemak yang rendah, tetapi memiliki kadar gula yang tinggi yang membuat kita menjadi cepat lapar. Daripada Mengonsumsi nasi putih, lebih baik kita mulai mengkonsumsi nasi merah saat program diet.

Es Krim

Es krim merupakan makanan penutup yang tinggi kalori dan gula. Maka dari itu kita harus menghindari konsumsi es krim saat dalam program diet. Dibanding makan es krim, kita bisa coba yogurt smoothies tanpa gula tambahan atau es krim homemade yang rendah gula sebagai alternatif.

Minuman Beralkohol

Satu gelas bir seberat 300 gram mengandung sekitar 153 kalori. Di samping tinggi kalori, mengonsumsi minuman beralkohol juga tidak baik untuk kesehatan apabila dikonsumsi berlebihan.

Roti Putih

Roti putih dengan tekstur yang lembut diyakini mengandung indeks glikemik cukup tinggi. Studi dalam Nutrition Review menyebutkan bahwa indeks glikemik yang tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah. Hal ini bisa menyebabkan peningkatan risiko obesitas sebesar 40%

Baca Juga : Cara diet aman tanpa olahraga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *