Tips Merawat Kulit Sensitif

Memiliki kulit wajah sensitif bukan jadi penghalang untuk tetap tampil percaya diri. Jika Kamu memiliki tipe kulit tersebut, ada beberapa cara merawat kulit wajah sensitif nihh.

Tips Merawat Kulit Sensitif

Wajah iritasi

Glowing 2022
Baca juga:  Rekomendasi Toner Khusus Kulit Sensitif

Secara umum, jenis kulit wajah terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu jenis kulit normal, kulit kering, kulit kombinasi, kulit sensitif, dan kulit berminyak. Dari semua tipe kulit tersebut, tipe kulit sensitif biasanya lebih membutuhkan perawatan ekstra.

Kulit sensitif cenderung kering, mudah mengalami iritasi dan sering mengelupas, serta terasa perih ketika terpapar zat tertentu, seperti polusi dan bahan kimia dalam produk kosmetik atau sabun.

Berikut ini adalah panduan merawat kulit sensitif dan cenderung kering yang dapat kamu lakukan :

1. Bersihkan wajah secara rutin

Agar tetap bersih dan sehat, kulit wajah perlu dicuci 2 kali sehari pada pagi hari dan menjelang tidur malam. Saat mencuci wajah, gunakan sabun pembersih wajah berbahan kimia lembut dan hindari menggosok wajah terlalu kuat.

2. Gunakan pelembab

Kulit wajah sensitif rentan kering dan mengelupas. Oleh karena itu, oleskan pelembab di wajah secara rutin setelah mandi dan cuci muka. Namun, pemilik kulit wajah sensitif perlu lebih selektif dalam memilih pelembap.

3. Gunakan tabir surya dan hindari paparan sinar matahari

Hindari paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama karena dapat menyebabkan kulit semakin sensitif dan mengalami iritasi.

4. Pilih produk perawatan yang ramah di kulit

Usahakan untuk menggunakan produk yang minim bahan kimia atau memiliki formulasi yang tidak menyebabkan iritasi kulit. Boleh menggunakan toner yang minim bahan kimia seperti contohnya Somethinc Calm Down! PHA 3% Everyday Toner. Lebih baik lagi jika bahan dasar yang digunakan alami.

5. Jalani pola hidup sehat

Menjalankan pola hidup sehat bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, serta cukup minum air putih.

Untuk merawat kulit sensitif, Anda juga perlu menghindari stres dan paparan polusi, misalnya asap rokok, karena kedua hal tersebut bisa menyebabkan kulit mudah iritasi dan tampak kusam.

6 thoughts on “Tips Merawat Kulit Sensitif”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *