Penyebab Asam Lambung Naik karena Stress Dapat Mengancam Nyawa!

Apakah kamu sering mengalami sakit perut yang melilit saat stress atau cemas? Jika Anda sering mengalami nya, Anda tidak sendirian dalam situasi ini yang merupakan penyebab asam lambung naik karena stress. Kebanyakan orang yang stress atau cemas berlebih rentan menyebabkan kambuhnya penyakit asam lambung. Namun, hanya sedikit orang yang menyadari bahwa penyebab asam lambung naik karena stress dapat mengancam nyawa juga.

Penyebab Asam Lambung Karena Stress

Menurut para peneliti dan dokter, kecemasan atau stress adalah respon alami tubuh, jika stress, Lelah, cemas yang berlebihan serta makan yang tidak teratur akan memicu kambuhnya penyakit asam lambung. Kondisi ini dapat menyebabkan dinding lambung menjadi lebih rentan terhadap asam, baik asam lambung maupun makanan yang mengandung asam. 

Sebagai tambahan informasi, asam lambung adalah cairan yang dihasilkan oleh sel-sel pada yang bertugas untuk membantu sistem pencernaan, salah satunya adalah membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh bersama makanan. Jika produksi asam lambung di dalam tubuh berlebihan, efeknya dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan pencernaan seperti maag hingga asam lambung. Bahayanya penyakit ini dapat mengancam nyawa sebab jika asam terlalu banyak akan menutup kerongkongan dan akan membuat kita kesulitan untuk bernapas, inilah yang dapat mengancam nyawa.

Hubungan Penyebab Asam Lambung Karena Stress

Gejala umum penyakit asam lambung terjadi adalah ketika asam dari lambung kembali ke kerongkongan. Alhasil, stress memperburuk gejala asam lambung tersebut dan kecemasan adalah respon alami terhadap stress dalam tubuh. Itulah sebabnya, stress membuat siklus penyakit asam lambung kembali. 

Berikut adalah beberapa alasan kaitan hubungan penyebab asam lambung karena stress, yaitu :

  • Stress dalam tingkat tinggi akan meningkatkan produksi asam lambung.
  • Stress yang berlebihan dapat mengurangi tekanan otot pada katup kerongkongan bawah, dimana pita otot tersebut menjaga perut tetap tertutup dan mencegah asam kembali ke kerongkongan. 
  • Otot menjadi tegang selama stress dan jika berlangsung lama maka dapat memengaruhi otot-otot di sekitar perut yang meningkatkan tekanan pada organ ini dan mendorong asam naik ke atas.

Pada orang yang memiliki rasa cemas dan stress yang tinggi, gejala penyakit asam lambung seperti nyeri dan mulas, akan terasa lebih parah dengan orang yang tidak stress. Selain itu, penyakit asam lambung juga dapat menjadi sumber utama stress bagi orang-orang.

Hubungan stress dan asam lambung ini memungkinkan terjadinya siklus lingkaran yang berulang. Penyakit asam lambung dapat menyebabkan stress dan tingkat stress juga berpengaruh pada kambuhnya penyakit asam lambung.

Terdapat faktor-faktor lain yang menyebabkan kambuhnya asam lambung, yaitu :

  • Makanan pedas
  • Jam makan tidak teratur
  • Mengonsumsi alkohol sebelum makan atau berlebihan
  • Makan sebelum tidur
waktu tidur

Cara Menghindari Penyebab Asam Lambung karena Stress

Pada artikel ini juga akan memberi tahu cara menghindari stress. Cara menghindari stress juga berupaya untuk menghindari kambuhnya asam lambung. Berikut di bawah ini adalah cara menghindari stress :

cara menghindari stress

1. Olahraga dapat mengurangi asam lambung karena stress

Cukup dengan olahraga yang ringan seperti jogging atau berjalan selama 30 menit, kegiatan ini dapat membantu mengendurkan otot yang tegang dan melepaskan hormon alami yang akan membuat Anda merasa lebih nyaman. Olahraga merupakan salah satu cara mengatasi kambuhnya asam lambung.

2. Waktu makan yang teratur dan hindari makanan pemicu asam lambung

Ketika sedang stress, ada yang sebagian orang yang hilang selera untuk makan sehingga tidak makan dan waktu makan menjadi tidak teratur. Ada juga yang tingkat selera makan menjadi tinggi namun lebih ke makanan atau minuman yang pemicu asam lambung naik seperti kopi yang mengandung kafein tinggi, makanan pedas, makanan berlemak tinggi, alkohol yang berlebihan.

Baca juga artikel Menu Diet Sehat 30 Hari Tanpa Nasi

3. Waktu tidur pengaruh pada stress

Waktu tidur mempengaruhi hormon pada tubuh kita. Ketika ada masalah yang membuat cemas atau stress biasanya orang rentan susah tidur sehingga waktu tidur menjadi kacau.
Memperbaiki waktu tidur menjadi minimal waktu tidur 7-8 jam dapat meredakan stress secara alami.

Baca juga : 15 Cara agar Cepat Tidur agar Terhindar dari Insomnia

4. Merelaksasikan pikiran agak tidak stress

Coba ikuti yoga atau mendengarkan musik yang dapat menenangkan pikiran

5. Belajar untuk menolak

Banyak yang segan untuk mengatakan tidak pada hal-hal yang mereka tidak membuat mereka nyaman atau yang merugikan kesehatan meraka. Tidak apa-apa untuk mengatakan tidak dan memprioritaskan diri kita untuk kesehatan.

6. Aktivitas yang membuat anda tertawa

Menonton film atau video yang lucu serta berkumpul dengan teman yang menyenangkan adalah salah satu Pereda stress alami yang terbaik.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai penyebab asam lambung karena stress.
Dengan mengetahui beberapa hal tersebut, maka Anda dapat lebih waspada saat mengalami stress atau kambuhnya gejala asam lambung. Periksa ke dokter segera jika gejala asam lambung sudah parah!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *