fbpx

4 Tips Memilih Buah yang Segar dan Matang

Dalam memilih buah terkadang kita mendapatkan beberapa buah yang masih mentah atau bahkan sudah busuk. Memilih buah memang sedikit tricky, terkadang cukup sulit membedakan mana buah yang masih segar dengan yang tidak hanya dengan melihatnya saja. Selain itu saat ini banyak juga pedagang nakal yang berusaha mengelabui pembeli untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Namun kamu tidak perlu khawatir minker punya 4 Tips Memilih Buah yang Segar dan Matang sebagai berikut

1. Pilih buah dengan warna cerah

Tips pertama untuk kamu memilih buah adalah dengan melihat warna buahnya. Warna buah mencerminkan tingkat kematangan atau kesegaran buah. Pilihlah buah yang berwarna cerah dan mulus karena biasanya buah akan memiliki kualitas yang baik.

Hindari untuk memilih buah yang warnanya pucat karena biasanya menandakan bahwa buah tersebut belum cukup matang atau mulai busuk.

2. Pilih buah dengan kulit yang bagus

Tips berikutnya pilihlah buah dengan tekstur kulit yang bagus. Kulih buah biasanya menunjukkan bahwa buah tersebut masih segar. Periksa juga terkstur kulit buah, hindari untuk memilih buah dengan tekstur yang lembek. Hal tersebut biasanya menandakan buah mulai membusuk atau kualitasnya sudah kurang baik untuk dikonsumsi.

3. Periksa tekstur buah secara detail

Selain melihat warna buah periksa juga tekstur buah secara mendetail, carilah buah yang bentuk kulitnya masih bagus alias tidak rusak. Hindari memilih buah dengan tektur yang keras karena menunjukkan buah masih mentah atau lembek karena menunjukkan buah sudah terlalu matang. Jadi pilihlah buah dengan tekstur yang tidak terlalu keras namun juga tidak terlalu lembek.

4. Cium aroma buah

Tips yang terakhir ciumlah aroma buah, buah yang masih segar biasanya akan tercium aroma manis sedangkan buah yang belum matang biasanya tidak berbau atau sepat. Selain itu, hindari juga buah yang berbau asam dan menyengat karena bisa jadi buah tersebut telah busuk.

Itulah beberapa tips yang bisa minker berikan agar kamu bisa membeli buah dengan kondsi yang segar dan matang selamat mencoba!

1 thought on “4 Tips Memilih Buah yang Segar dan Matang”

Leave a Comment

Your email address will not be published.