5 Tips Memilih Vespa Matic Bekas, Jangan Sampai Salah Pilih!

Siapa yang tidak mengenal motor legendaris yang satu ini? Vespa, motor yang telah menjadi ikon klasik Italia selama beberapa dekade. Namun, bagi sebagian orang, membeli Vespa baru dapat menjadi terlalu mahal. Untungnya, ada pilihan untuk membeli Vespa matic bekas yang dapat menjadi pilihan yang baik bagi orang yang ingin memiliki Vespa dengan harga yang lebih terjangkau.

Vespa matic kini semakin digemari di Indonesia. Vespa matic bekas menjadi pilihan yang populer bagi banyak orang yang ingin memiliki skuter klasik dengan fitur modern. Jika kamu belum pernah memiliki vespa atau kurang mengerti soal dunia Vespa, kamu bisa meminta bantuan kepada ahli atau mekanik. Mereka dapat membantumu untuk memeriksa kondisi Vespa secara keseluruhan. Selain itu, jangan khawatir kami juga menyajikan 5 tips berburu Vespa matic bekas. Yuk disimak!

  • Jarak Tempuh (Odometer)

Langkah pertama yang harus kamu lihat adalah odometer atau jumlah jarak tempuh motor. Biasanya, jarak tempuh atau odometer menentukan kondisi kesehatan motor. Meskipun bukan faktor utama, tapi kilometer yang masih rendah menunjukan kondisi yang masih baik. Biasanya jika angka odometer masih dibawah 30 ribu, kondisinya masih sehat. Jika lebih dari itu, maka kamu harus menanyakan lebih dalam kepada sang penjual.

  • Cek Body Vespa

Langkah kedua, periksa Body Vespa incaran kamu. Pastikan tidak ada bagian yang lecet atau berkarat. Jika bagian yang lecet hanya sedikit atau halus, maka tidak masalah. Tapi kamu harus berhati-hati jika ada bagian yang berkarat, biasanya itu menandakan Vespa pernah terendam banjir.

Baca juga: Cara Praktis Menghilangkan Goresan di Motor Matic

  • Mesin CVT dan Kaki-kaki Vespa

Sebelum membeli, pastikan untuk mencoba menghidupkan dan menjalankan motor Vespa selama beberapa menit. Periksa apakah mesinnya berfungsi dengan baik dan apakah ada suara-suara aneh. Kalau suara CVT masih halus, Bagian Sok dan Fork pada kaki-kaki Vespa jangan sampai terlewat. Pastikan bagian Fork seimbang, tidak berat sebelah. sedangkan bagian Sok jangan sampai ada kebocoran.

  • Kelengkapan Dokumen

Kelengkapan dan keabsahan dokumen juga penting lho!. Pastikan kamu melihat dokumen-dokumen yang berkaitan dengan motor Vespa, seperti BPKB, STNK dan faktur pembelian. Teliti kembali status pajak motor, apakah pajaknya masih berlaku atau tidak. Jangan sampai juga kamu membeli motor bodong alias hasil curian.

  • Riwayat Pemakaian dan Perawatan

Ada hal yang tak kalah penting setelah memeriksa bagian motor Vespa dan kelengkapan dokumen. Jangan sampai lupa untuk memeriksa riwayat pemakaian Vespa. Tujuannya untuk mengetahui apakah Vespa matic bekas incaran kamu pernah mengalami kecelakaan atau kerusakan. Kamu juga dapat melacak Vespa pilihanmu menjalani perawatan berkala atau tidak.

Setelah melakukan langkah tips di atas, pastikan kamu negosiasi harga yang wajar. Jangan ragu untuk meminta diskon atau menawar harga yang lebih rendah jika kamu merasa harga yang diminta terlalu tinggi. . Selain mengecek seluruh kondisi kendaraan Vespa matic bekas, jangan lupa untuk mengecek harga pasaran Vespa matic bekas ya. Supaya kamu tidak mengeluarkan budget berlebihan, dan menyesal di kemudian hari.

Baca juga: Daftar Harga Vespa Matik Bekas, mulai Rp 20 Jutaan

Kesimpulannya, membeli Vespa matic bekas dapat menjadi pilihan terbaik bagi kamu pecinta skuter klasik dengan fitur modern dengan harga yang lebih terjangkau. Bagaimana merasa terbantu dengan tipsnya? Semoga tips-tips di atas dapat membantu kamu dalam membeli motor Vespa bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *