5 Rekomendasi Tempat Wisata di Cirebon: Cocok untuk Libur Lebaran 2022!

Cirebon memiliki banyak tempat wisata menarik karena kekayaan alam, budaya, dan kulinernya. Macam-macam destinasi wisata Cirebon memiliki pesona khas dan keunikan tersendiri.

Mari simak 10 Rekomendasi tempat wisata di Cirebon yang nyaman dan wajib dikunjungi pada saat libur lebaran!

1. Hutan Plangon

Sumber: Indonesia Kaya

Kawasan Hutan Plangon ini terletak sekitar 3 kilometer dari pusat kota. Hutan ini menjadi kediaman ratusan ekor kera dan aneka ragam flora. Para wisatawan yang datang ke tempat wisata di Cirebon ini dapat berinteraksi langsung dengan kera-kera setempat atau hanya sekedar memberi makanan. Namun, disarankan untuk para pengunjung untuk selalu berhati-hati dan berwaspada terhadap kera-kera disana, karena kera tersebut agresif dan kurang ramah terhadap para pendatang.

Hutan Plangon ini juga tempat wisata yang keramat bagi warga Cirebon dan sekitarnya. Dikarenakan tempat tersebut dipercaya sebagai lokasi menyepi dua pangeran Cirebon. Banyak juga rumor bahwa dua pangeran tersebut disemayamkan di sana. Hal ini menarik banyak pengunjung untuk berziarah ke makan dua sesepuh Cirebon tersebut. Hutan Monyet Plangon ini berlokasi di Jalan Bumi Babakan Indah, Cirebon, dengan jarak tempuh 45 menit dari pusat kota. Tempat ini sangat wajib untuk anda kunjungi disela-sela libur Lebaran!

2. Setu Patok

Sumber: Bisnis Jabar

Setu Patok memiliki pemandangan danau yang luas dan dikelilingi perbukita dan bukan satu-satunya daya tarik yang dimilikinya. Di tempat wisata di Cirebon ini, para wisatana dapat menikmati kegiatan menarik seperti memancing, piknik, atau mengelilingi danau di atas perahu.

Setu Patok ini sering kali disebut-sebut sebagai Danau Toba-nya Cirebon. Wajar saya, karena Setu Patok merupakan danay terbesar di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Danau ini juga sering menjadi tempat wisata bersantai dan berburu foto bagi warga dan juga wisatawan. Jika anda ingin berkunjung ke Setu Patok ini, disaranlan pada sore hari karena memiliki pemandangan sunset yang sangat memanjakan mata. Danau yang berlokasi di jalur pantai utara kawasan Mundu ini hanya memakan waktu 30 menit berkendara dari pusat kota.

3. Taman Sari Gua Sunyaragi

Sumber: KSMTour

Taman Sari Gua Sunyaragi kini telah dilakukan area taman dan pagelaran kesenian setiap tahunnya, tempat wisata di Cirebon ini kini tidak lagi tampak seperti tempat wisata yang diabaikan. Hal ini menyebabkan meningkatnya jumlah minat wisatawan untuk mengunjungi taman cantik tersebut.

Taman ini memiliki sejarah bahwa dulunya merupakan tempat untuk meditasi untuk para petinggi kerajaan dan prajurit keraton. Bangunan-bangunan batu kuno di Gua Sunyaragi bahkan masih terasa keasliannya hingga masa sekarang gini. Para penduduk sekitar juga sering menjadikan tempat ini sebagai salah satu lokas untuk hunting foto.

Taman nan elok ini juga kini dijadikan sebagai tempat lokasi untuk menggelar acara musik sendratari. hingga pembukaan Festival Keraton Nusantara yang dilaksanakan setahun sekali. Belakangan ini, Taman Sari Gua Sunyaragi baru saja meluncurkan wahana balon udara.

Jika anda belum punya tujuan wisata saat mudik, tempat ini berlokasi di Jalan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Cirebon. Taman Sari Gua Sunyaragi dibuka untuk umum setiap hari.

4. Situ Cicerem

Sumber: Sikidang

Situ Cicerem ini sudah ramai diperbincangkan di sosial media karena cantiknya danau yang menyerupai kolam ikan koi besar. Danau ini berawal dari sebuah mata air yang kecil, yang merupakan danau buatan manusia.

Pengunjung dilarang untuk memancing ikan-ikan tersebut sebagai peraturan untuk menjaga kelestarian alamnya. Kita dapat mengabadikan momen di Situ Cicerem dengan foto di ayunan yang menghadap kolam tersebut. Situ Cicerem ini wajib dikunjungi untuk mengisi libur lebaran.

5. Bukit Gronggong

Sumber: JejakPiknik.com

Seperti yang sudah kita ketahui dari 4 rekomendasi di atas, Cirebon memiliki sangat banyak destinasi wisata dengan pemandangan alam yang cantik. Bukit Gronggong merupakan salah satu destinasi favorit anak muda untuk menghabiskan waktu bercengkrama bersama. Dalam kawasan ini, kita dapat menikmati pemandangan yang sangat cantik Kota Cirebon pada saat malam hari dari ketinggian.

Saat ini, banyak sekali tempat wisata yang sudah berdiri di kawasan Gronggong ini. Destinasi ini sangat cocok untuk kita nikmati bersama kerabat dan keluarga. Bagi yang tertarik untuk mengunjungi Bukit Gronggong, kita bisa explore di daerah Patapan, Beber, Cirebon. Tarif untuk parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya sebesar Rp2.000 sedangkan untuk kendaraan roda empat Rp5.000.

Bagaimana? Apakah kalian sudah memutuskan lokasi untuk kalian kunjungi pada saat libur lebaran di Kota Cirebon?

Agar semakin nyaman perjalanan mudik dengan keluarga maupun kerabat kita juga merekomendasikan untuk melihat produk dari Daihatsu, yaitu All New Xenia 2022. All New Xenia 2022 memiliki interior yang cantik dan nyaman memiliki 7 seater yang siap mengangkut seluruh anggota keluarga untuk mudik nyaman. Mobil ini juga memiliki eksterior yang sangat cantik dan futuristik. Untuk info fitur lebih lanjut anda dapat mengunjuni: Mudik Nyaman Bersama All New Xenia 2022 #DaihatsuSahabatLebaranku

Sekian rekomendasi kali ini, sampai bertemu di rekomendasi-rekomendasi selanjutnya. Semoga Libur Lebaran anda menyenangkan dan nyaman!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *