fbpx

Tips Menggelar Resepsi Pernikahan Adat Jawa di Rumah

Baru- baru ini, saya mendatangi resepsi pernikahan adat jawa di era new normal. Contohnya, ada yang mengadakan di hotel. Namun tak sedikit mengadakannya di rumah. Persamaannya, calon pasangan perlu merencanakan tempat yang cukup untuk menampung tamu undangan. Walaupun tamu undangan yang hadir saat ini dibatasi sekitar 25% dari tamu yang hadir. Bagaimanapun juga, calon pasangan perlu menyiapkannya sebaik mungkin.

Agar para calon pasangan dapat membuat persiapan yang tepat, berikut ini:

Tips Menggelar Resepsi Pernikahan Adat Jawa di Rumah Era New Normal

Baca juga : Tips Memilih Tempat Pernikahan

Persiapkan Budget Sesuai Kebutuhan

Dalam hal ini, mengapa bajet adalah hal yang krusial. Pertama, bajet menentukan arah dalam pengaturan keuangan. Kedua, penentuan bajet memerlukan kesepakatan antara pihak yang akan menikah. Oleh karena itu, buatlah perencanaan bajet yang sesuai dengan kemampuan. Apabila bajet cukup, rumah bisa menjadi alternatif tempat resepsi pernikahan karena menghemat biaya sewa. Contohnya, pasangan hanya memiliki bajet minimal lima puluh juta, maka pasangan dapat mulai mapping kebutuhan apa saja yang dipakai untuk resepsi pernikahan di rumah.

Pilihlah Pakaian Adat Jawa Sesuai Bentuk Muka Pengantin Wanita

Pakaian menentukan tema adat yang akan dipilih. Maka dari itu, dalam pernikahan Jawa, pengantin wanita dapat memilih menggunakan Adat Jawa Solo atau Jogja. Sebagai tambahan, perias akan membantu merekomendasikan mana yang cocok. Kemudian, perias bisa melihat wajah pengantin wanita, apakah berwajah oval atau lonjong untuk penentuan pakaian adatnya. Setelah itu, perias akan menentukan payes yang digunakan. Apabila payes sudah cocok, baru memilih bentuk pakaian yang akan digunakan. Persamaannya adalah, pakaian yang digunakan pengantin wanita harus cocok dengan pengantin pria. Dengan menggunakan pakaian adat jawa, calon pasangan ikut menjaga tradisi budaya jawa di Indonesia. Kesimpulannya, pilihlah jenis pakaian yang nyaman dan sopan saat di rumah.

Dekorasi Sesuai Tema

Pilihlah tema dekorasi yang sesuai. Apabila temanya ingin warna hijau daun, maka calon pasutri bisa menambahkan tanaman atau bunga di depan rumah. Selain itu, dalam dekorasi juga bisa ditambahkan unsur warna putih dan coklat agar terkesan adem pada tenda. Sebagai tambahan, berikan unsur kayu pada dekorasi di depan pintu rumah agar semakin terlihat unsur rumah jawanya. Bagaimanapun juga, perlu adanya pisang dan janur sebagai penanda bahwa di rumah tersebut sedang mengadakan resepsi adat jawa.

Ketepatan Pemilihan Catering

Dalam hal ini, Catering adalah hal yang utama saat persiapan pernikahan. Pertama, catering dapat menyediakan makanan untuk para tamu undangan. Kedua, pemilihan catering untuk adat jawa biasanya ada rasa unsur manisnya, seperti gudeg, atau cendol. Ketiga, pemilihan nasi tumpeng juga menjadi rekomendasi sebagai wujud selametan. Bahkan, sebagian orang memilih catering yang benar-benar pantas untuk tamu undangan. Karena biasanya, kalau catering tidak enak, akan dijadikan bahan omongan oleh para tamu undangan. Ada banyak pilihan catering di Jakarta, salah satu contohnya, para calon pasutri bisa memilih Kukuinutri sebagai rekomendasi catering kalian. Kukuinutri punya pilihan catering dengan cita rasa khas Indonesia sehingga para calon pasutri tidak perlu takut dalam memilih makanan. Untuk Para calon pastri bisa memilih dalam bentuk prasmanan atau nasi box.

Upacara Adat Jawa Sederhana

Upacara Pernikahan Adat Jawa tentunya menjadi penentu dalam persiapan resepsi adat jawa. Selain menjaga tradisi, upacara upacara ini memiliki nilai-nilai yang bisa diterapkan dalam kehidupan berumah tangga oleh para calon pasangan suami istri yang akan menikah. Oleh karena itu, pilihlah event organizer yang dapat menyediakan upacara adat jawa di rumah sehingga, nilai-nilai tradisi jawa tetap terjaga. Apabila di rumah, tidak perlu menggunakan upacara adat pernikahan jawa yang lengkap, cukup menggunakan yang penting dan sederhana saja sebagai simbol tradisi.

Videografer dan Photografer yang Handal

Tim ini penting dalam mengabadikan momen para calon pasutri yang akan menikah. Pastikan tim ini bisa mengambil moment indah dari proses perjalanan resepsi pernikahan para pasutri yang menikah. Kalian bisa mendapatkan rekomendasi tim ini dari kolega, atau vendor ternama seperti Bridestory. Selain itu, tim ini juga memberikan akses penyimpanan momen terindah para calon pasutri, agar siapa tahu dalam lima atau sepuluh tahun kemudian bisa dilihat kembali moment pernikahannya.

Demikian tips yang bisa saya berikan untuk para calon pasutri yang akan menikah. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi masukan kalian dalam mempersiapkan pernikahan. Stay safe and healthy! 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published.