fbpx

Tips Belajar Bahasa Prancis Yang Mudah Diikuti

Apa sih yang ada di pikiran kamu jika mendengar kata Bahasa Prancis? pastinya banyak yang beranggapan kalau bahasa Prancis itu susah kan?? Eits jika kamu beranggapan seperti itu, jangan khawatir kamu benar kok 😄
Bahasa Prancis merupakan bahasa yang lumayan sulit dipelajari, selain terdapat banyak Grammar dan konjugasi, bahasa Prancis juga memiliki perbedaan antara penulisan dan pengucapan nya. Maka dari itu ada beberapa tips belajar bahasa Prancis yang harus kamu tahu.

Mengapa harus belajar bahasa Prancis

Belajar bahasa Prancis itu selain fun juga bermanfaat banget. Di Indonesia sendiri ada banyak Perusahan-perusahan besar yang berasal dari Prancis, beberapa diantaranya bisa kamu check disini, Daftar perusahaan Prancis.
Tentunya tersedia juga banyak Opportunity Pekerjaan bagi kamu yang bisa berbahasa Prancis. Diantaranya : Staf pemerintahan, trasnslator, interpreter, content writter, teacher, tour guide dan masih banyak yang lainnya.

Paris Belajar bahasa Prancis
Paris

Perancis adalah salah satu negara favorit saya, saya sangat terkesan dengan keindahan alam, dan kota disana yang sangat cantik, serta culture yang beraneka ragam. Setelah berkesempatan mengunjungi negara Perancis beberapa kali, tentu saya sangat tertarik untuk belajar Bahasa Prancis. 

tour Eiffel
tour Eiffel

Pertama kali belajar bahasa Prancis di IFI (Institut Français Indonesia) bulan October, 2019 sampai dengan saat ini June, 2022. Dan sekarang saya sudah di level B1.3. Ada beberapa tingkatan dalam bahasa perancis yaitu A1 (level dasar), A2 (level dasar lanjut), B1 (level intermediate), B2 (level intermediate lanjut). Setelah level B2, terdapat C1 (level mahir) dan C2 (level otonom)
Meskipun terlihat sulit tapi dengan keinginan dan disiplin belajar pasti bisa menguada Bahasa Prancis ini dengan baik. Berikut saya mau berbagi beberapa tips yang saya gunakan sehari-hari dalam belajar bahasa Prancis.

1. Mendengarkan Podcast untuk Belajar Bahasa Prancis

Tips Belajar Bahasa Prancis
French Podcasts

Manfaatkan Podcast dengan baik, biasakan untuk mendengarkan Podcast dalam bahasa Prancis, ini sangat membantu untuk melatih kemampuan listening mu. Coba dengarkan paling tidak 30 menit per hari dipagi hari, sewaktu melakukan olahraga atau ketika melakukan suatu hal lainnya ketika anda bersiap-siap dipagi hari. Kamu juga bisa mendengarkan podcast ketika kamu sedang dalam perjalan ke kantor.

Berikut Rekomendasi Podcast untuk Belajar Bahasa Prancis

Coffee Break French : Podcast ini sangat cocok untuk pemula, di sesi pertama mengajarkan tentang basic dan setelah itu lanjut ke sesi kedua, ketiga dan seterusnya.

2. YouTube Video dan Mendengarkan Musik

French Song
French Song

Kamu bisa coba menonton video-video yang ada di YouTube bisa video pendek ataupun video panjang. Easy Frenchmerupakan Video di YouTube yang sering saya tonton, ada banyak juga rekomendasi video di YouTube yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu. 
Selain itu kamu juga bisa mendengarkan muski dalam bahasa Prancis, ada banyak penyanyi yang menyanyikan lagu Prancis tentunya, kamu bisa pilih sesuai dengen jenis musik favoritmu. Saya tentunya punya beberapa penyanyi favorite yang menurut saya lagunya bagus. Seperti, AnggunIndilaStromaeSidioneFlo Delavega dan masih banyak lagi penyanyi bagus lainnya. Luangkan waktu setidaknya 30 menit – 1 jam per hari, jangan lupa sertakan subtitle atau lyrics lagu nya ya.

3. Aplikasi Bahasa

Tips Belajar Bahasa Prancis
French Duolingo

Selanjutnya, untuk membuat hal-hal itu benar-benar menempel, kamu juga dapat menginstal aplikasi bahasa seperti, Duolinggo atau Babbel. Gunakan setidaknya 15 menit per hari, kamu bisa memainkan aplikasi ini dengan mudah, misal pada saat jam istirahat makan siang, waktu luang dimalam hari atau bisa juga pada saat menunggu ojek online loh.

4. Film berbahasa Prancis

French Movie
French Movie

Nah, siapa nih yang tidak suka menonton film, pasti kamu sering kan menonton film, baik itu dirumah ataupun di Bioskop. Cara yang satu ini harus kamu coba. Tonton lah film kesukaanmu dengan menggunakan Bahasa Prancis dan dengan subtitles bahasa inggris atau Bahasa Indonesia, agar kamu juga bisa mengerti maksud dari film tsb. Dengan begini kamu dilatih untuk dapat memahami bagaimana sih percakapan dalam bahasa Prancis itu. Luangkan waktu di akhir pekan, paling tidak 1 film dalam 1 minggu. 

5. Tulis Kosakata Baru

Kosakata French
Kosakata French

Setiap hari nya kamu akan belajar dan menemukan banyak kosakata baru yang akan kamu temukan dari mendengarkan podcast, bermain Duolinggo dan menonton atau mendengarkan musik dari YouTube. Supaya kamu tidak gampang lupa, kamu bisa membuat tulisan kosakata tsb, dalam buku note kecil kamu yang bisa kamu bawa kemanapun dan bisa kamu baca dimanapun.

6. Berbicara Bahasa Prancis

Point ini tentu sangat penting, berbicara adalah kunci agar kamu bisa lebih terlatih memperbaiki conversation mu. Luangkan 1 jam per minggu untuk latihan. Kamu dapat mencari teman yang bisa berbahasa Prancis ataupun ikut bergabung dengan community bahasa yang ada, misal French Club community yang bisa gampang kamu cari di internet.

7. French Mentor

Hal terakhir yang akan membuat semuanya jatuh pada tempatnya adalah memiliki Guru atau Mentor Bahasa Prancis, Luangkan waktu 45 menit – 1 jam untuk berinteraksi dengannya. Guru atau Mentor ini juga akan mengikuti progress kemajuan belajarmu.

Nah gimana sekarang, sudah tertarik bukan untuk belajar Bahasa Prancis 😉 Seperti peribahasa “tidak ada hasil yang menghianati usaha” semua akan terlihat lebih mudah jika kita mau disiplin dan belajar dengan baik dan focus ya.
Semoga Tips Belajar Bahasa Prancis ini dapat bermanfaat, Bon Courage!

Leave a Comment

Your email address will not be published.