fbpx

Ternyata! Ini 5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memulai Bisnis Baru

Penyakit utama setiap orang yang ingin memulai bisnis adalah sulit memulai. Hal ini dikarenakan terlalu banyaknya keraguan, banyaknya perhitungan sehingga kesulitan ketika ingin memulai bisnis baru.

Adapun 5 Kondisi Yang Harus Dimiliki Oleh Setiap Orang Yang Baru Saja Ingin Memulai Bisnis Sebagai Berikut.

1. kemauan/niat

kemauan/niat adalah fondasi awal yang wajib dimiliki untuk setiap orang yang ingin berkecimpung ke dunia bisnis. karena jika ada kemauan/niat apapun yang diinginkan bisa terwujud. dari kemauan/niat inilah kemungkinan besar peluang untuk sukses akan dapat diraih.

namun, kondisi ini harus ditanamkan kepada diri sendiri yang berdasarkan pada mimpi, tekad yang kuat, dan tujuan akhir yang telah di rencanakan dari awal. jika kemampuan/niat telah berhasil dimiliki, seseorang hanya perlu percaya diri yang kuat. karena, dengan percaya diri yang kuat akan menuntun ke jenjang yang lebih bagus untuk kedepannya

Dengan demikian, kamu mampu mengukur sejauh mana skill atau kemampuan yang dimiliki oleh kamu sendiri. dengan kemampuan itu kamu dapat hidup mandiri. tetapi, jangan pernah bertumpu pada kemampuan sendiri, cobalah kamu mengoptimalkan tenaga,uang,waktu,bisnis,konsep, dan skill yang dimiliki oleh orang lain. karena kita harus ingat bahwa kita adalah manusia yang selalu membutuhkan bantuan dari orang lain.

2.Mencari Mentor Terbaik

Jika kamu belum mempunyai pengalaman berbisnis sama sekali pastinya kamu akan bingung harus memulai bisnis dari mana. dari sekian banyaknya orang yang baru saja memulai bisnis nya tidak tahu siapa target pasar mereka yang ter target untuk bisnisnya, bahkan harga yang harus dianjurkan untuk sebuah produk & cara berjualan yang tepat

Untuk mengatasi hal – hal tersebut, kamu harus mempunyai mentor yang berpengalaman di dalam dunia bisnis kamu yang siap untuk membimbing kamu ke jenjang yang lebih expert tanpa harus melewati kegagalan yang banyak.

kamu juga bisa meminta teman, saudara, keluarga yang sudah memiliki pengalaman bisnis, kamu juga bisa meminta pendapat mengenai bisnis yang baru saja kamu jalani dari orang yang tidak kamu kenal.

3.Mengikuti seminar bisnis

banyak sekali seminar, kursus ataupun konferensi bisnis yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan banyak ilmu – ilmu baru. dari sini kamu bisa langsung mempelajari seluk beluknya bisnis dari ahlinya dalam waktu yang lumayan singkat.

selain itu, kamu juga bisa menambah relasi lewat networking yang sering diadakan didalam seminar tersebut. kamu juga bisa mendapatkan berbagai keterampilan di seminar bisnis yang kamu ikuti.

Tidak sulit mencari seminar bisnis, karena seminar dengan topik bisnis sering sekali digelar di berbagai penjuru dunia. kamu bisa memulai ikuti seminar dengan topik manajemen keuangan, keterampilan berkomunikasi, analisa pasar, tips & trik sukses dalam bidang bisnis, dll yang berhubungan dengan bisnis yang ingin kamu jalankan.

4. Membuat proposal bisnis yang baik & benar

Sebelum kamu memulai bisnis, sering sekali harus menentukan ide atau gambaran bisnis kedepannya yang ingin kamu jalankan. bahkan, tak hanya ide saja yang kamu bangun. kamu juga harus memikirkan bagaimana langkah yang akan kamu ambil kedepannya untuk kamu mengembangkan bisnis yang kamu bangun.

jika kamu sudah menentukan ide bisnis yang sekiranya cocok dengan kamu, cobalah untuk memulai merencanakan bisnis kamu kedepannya dalam bentuk proposal.hal ini menyangkut dengan anggaran dana yang kamu butuhkan, target pasar yang kamu inginkan.

kalau kamu sudah memiliki proposal bisnis, akan mempermudah kamu untuk menjalankan bisnis kedepannya yang terhitung dengan jelas dan mengurangi resiko kegagalan.

5.Mengambil pengalaman dari tempat kerja

banyak sekali orang yang memiliki bisnis tapi belum pernah bekerja. hal ini sebenarnya sah – sah saja. namun, akan memperbesar resiko kegagalan yang dimiliki oleh orang tersebut. terkecuali orang tersebut sudah sering mengikuti seminar dan mempunyai mentor yang berpengalaman.

dari tempat bekerja, kamu sangat bisa menyerap berbagai ilmu tentang keorganisasian, hingga mempunyai strategi marketing yang baik dan terukur rapih. ilmu tersebut nantinya bisa kamu terapkan dalam bisnis yang akan kamu bangun, sehingga bisnis kamu berjalan secara lebih profesional.

memiliki pengalaman kerja kerap kali juga membuat kamu mengetahui segi permasalahan yang sering terjadi dalam perusahaan. sehingga kamu sudah terbiasa menyelesaikan permasalahan tersebut yang dapat mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan dalam bisnis yang kamu jalani nantinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.