fbpx

Susah Tidur Dimalam Hari ? Nih Cara Agar Tertidur Cepat

Susah tidur atau yang biasa yang sering kita dengar imsonia sudah menjadi hal yang umum terjadi di masa sekarang disini lah cara agar tertidur cepat. Kesulitan tidur bukan hanya terjadi di golongan orang yang sudah berumur, tetapi di masa sekarang kesulitan tidur juga terjadi di kalangan anak muda. Kita akan membahas beberapa cara agar tertidur cepat.

Cara agar cepat tertidur

Berikut adalah cara yang dapat membantu :

1. Menjaga suhu ruangan

Suhu ruangan yang tinggi dapat membuat organ tubuh berkerja kembali. Oleh karena itu apa bila memiliki penyejuk ruangan maka dapat di buat agar suhu ruangan berada di sekitar 16-23 derajat celsius. Anda dapat melakukan nya dengan cari mandi air dingin supaya tubuh dapat memberikan sinyal ke otak untuk tertidur.

2. Metode Pernapasan 4-7-8

Pernapasan tersebut bisa menjadi solusi anda untuk tidur dengan cepat. Karena pernapasan ini bisa membantu menghilang kan rasa cemas dan melemaskan sistem saraf pada tubuh

3. Kondisi kamar

Kondisi kamar yang nyaman dapat menjadi tips untuk anda. Karena tubuh akan merasakan Relax ketika seseorang dalam kondisi ruangan yang nyaman. Ada beberapa contoh : matikan lampu, memilih bantal yang nyaman, membuat suasana yang kedap.

4. Musik yang relaksasi

Mendengarkan musik sebelum tidur juga dapat membantu dan ternyata merupakan cara agar cepat tertidur dan menjaga kualitas tidur. Beberapa musik yang tenang dapat membuat anda merasakan ketenangan dalam pikiran dan suasana hati.

5. Olahraga

Berolahraga 1 -2 jam sebelum tidur juga dapat membantu anda agar dapat tidur lebih mudah. Berolahraga terbukti dapat membuat seseorang menghilangkan stres pada pikiran dan tubuh akan terasa lelah setelah selesai berolahraga. Olahraga yang secukup nya sekitar 20-30 menit sudah cukup untuk membantu seseorang tidur lebih cepat.

6. Jauhkan perangkat elektronik

Anda dapat menjauhkan atau mematikan ponsel dan alat elektronik anda sebelum tidur. Hal ini bermanfaat karena ketika ponsel atau alat elektronik memberikan pemberitahuan maka otak seseorang akan merespons. Anda akan terpancing untuk melihat ponsel dan alat elektronik yang berada di sekeliling anda.

7. Memakai aromaterapi ruangan

Aromaterapi dapat membantu anda merasakan nyama dan tenang. Cara ini dapat di terapkan di ruangan anda. Bahkan aromaterapi dapat meningkatkan kualitas tidur juga. Anda juga dapat memilih beberapa aromaterapi yang disukai agar dapat dipakai sebelum tidur. Mejadikan salah satu tips untuk anda.

Setelah menbaca penjeleasn diatas, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan seperti kualitas tidur yang cukup dan terjaga. Masalah tidur bukan merupakan hal yang bisa dianggap remeh. kualitas tidur yang kurang bisa mengakibatkan pengaruh yang buruk bagi tubuh maupun konsentrasi dalam aktivitas keseharian, maupun efek jaga panjang bagi tubuh anda jika dibiarkan.

Bahaya gak cukup tidur

Pengaruh yang akan terjadi apabila seseorang kekurangan tidur antara lain :

1. Ingatan

Masalah yang akan terjadi apabila seseorang memiliki kualitas tidur yang kurang adalah ingatan. Pengaruh orang yang memiliki kualitas tidur yang kurang sangat berpengaruh bagi otak manusia, hal inilah yang dapat berdampak bagi ingatan seseorang.

2. Suasana hati

Kualitas tidur yang kurang bisa sangat berpengaruh bagi suasana hati seseorang. Pasti anda dapat merasakan suasana hati yang sangat buruk setelah bangun apabila anda mengalami kesulitan tidur dan kualitas tidur yang kurang.

3. Emosi

Faktor ini juga merupakan reaksi yang terjadi ketika seseorang tidak cukup tidur karena berhubungan dengan suasana hati. Emosi sangat berpengaruh bagi aktivitas keseharian seseorang.

Apabila kesulitan tidur dan kualitas tidur tidak dijaga dan dibiarkan maka akan menimbulkan efek berkepanjangan bagi kesehatan tubuh. Masalah kesehatan yang akan timbul antara lain adalah :

1.. Tekanan darah tinggi
2. Diabetes
3. Serangan jantung
4. Stroke
5. Masalah pada hati

Beberapa faktor penyebab seseorang mengalami kesulitan dalam hal tidur.

1. Faktor usia

Faktor usia sangat berpengaruh dalam hal kesulitan tidur. Karena ketika seseorang menua maka akan mengalami masalah perubahan fisik, pisikologi dan juga sosial. Hal tersebut yang berpengaruh seseorang mengalami kesulitan tidur atau biasa lebih dikenal dengan insomnia.

2. Stres

Banyak orang mengalami kesulitan tidur disebabkan kebanyakan pikiran. Karena ketika kita memiliki pikiran sebelum tidur kita akan merasa kepikiran dan kita akan sulit untuk masuk dalam alam tidur kita.

3. Beraktivitas berlebihan

Beraktivitas yang dimaksud adalah ketika kita ingin tidur tubuh harus merasakan Relax sebelum tidur. Oleh karena itu hindari aktivitas berlebih sebelum tidur.

4. Komsumsi kafein yang berlebihan

Tiap tubuh orang masing-masing memiliki kadar torelansi yang berbeda. Bagi sebagian orang megonsumsi kafein sebelum tidur tidak lah berpengaruh. Akan tetapi bagi sebagian orang mengonsumsi kafein akan sangat berpengaruh bagi tubuh untuk tidak dapat tertidur cepat .

Banyak faktor yang dapat membuat seseorang mengalami sulit tertidur dan akan mempengaruhinya. Lakukan beberapa hal diatas yang merupakan cara agar capat tertidur dapat membantu anda tidur dan menjaga kualitas tidur anda. Harus diingat Kualitas dan jam tidur yang cukup bermanfaat menjaga tubuh anda tetap bugar dan sehat.

Baca juga : Ternyata Ini Alat Mencukur Bulu Kemaluan Yang Baik Dan Benar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *