fbpx

Spooring dan Balancing, Untuk Apa Sebenarnya Dilakukan?

Spooring dan Balancing Mobil di Bengkel Astra Daihatsu Bintaro

Spooring dan Balancing adalah ritual yang wajib dilakukan pemilik mobil setiap 15.000 kilometer atau kelipatannya. Pengecekan dapat dilakukan berdasarkan patokan kilometer seperti di atas, atau dalam rentang waktu setiap 4 bulan sekali. Apabila anda tinggal di daerah Jakarta, terutama Jakarta Selatan, ada baiknya anda coba cek mobil anda ke Astra Daihatsu Bintaro.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan ketika hal tersebut rutin dilakukan pada kendaraan kesayangan Anda. Namun, tidak semua pengemudi mengetahui apa saja tanda sebuah mobil membutuhkan hal tersebut dan kapan saat yang tepat untuk melakukannya. 

Spooring mobil merupakan proses untuk menyelaraskan keempat roda agar kembali seperti semula sesuai dengan settingan pabrik. Proses tersebut kemudian dilanjutkan dengan balancing, yaitu menyeimbangkan dan memastikan posisi ban sudah sesuai dengan titik pusat rodanya. Caranya adalah dengan menambahkan timah ke bagian yang dirasa kurang. 

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika melakukan kedua hal tersebut secara rutin diantaranya adalah sebagai berikut: 

Spooring dan Balancing Meningkatkan Keselamatan Berkendara

Spooring dan Balancing untuk Menginkatkan Keselamatan Berkendara
https://www.carmudi.co.id/journal/ciri-ciri-mobil-yang-sudah-harus-spooring-dan-balancing/

Manfaat pertama yang bisa dirasakan adalah bisa terhindar dari berbagai masalah seperti mogok di tengah jalan. Dengan kata lain, tingkat keselamatan saat berkendara menjadi lebih terjamin. 

Bahan Bakar Lebih Efisien

Selain keselamatan, pemakaian bahan bakar pun menjadi lebih irit. Hal ini dikarenakan kinerja yang baik dari semua ban sehingga mesin akan bekerja sesuai porsinya saat digunakan. 

Spooring dan Balancing Membuat Usia Ban Lebih Panjang

https://bp-guide.id/AXyJqKAS

Manfaat yang ketiga adalah bisa memperpanjang usia ban. Seperti yang diketahui, ban merupakan salah satu komponen penting yang harganya cukup mahal. Namun dengan melakukan balancing secara rutin, maka ban tidak perlu diganti kecuali kondisinya benar-benar rusak. 

Membuat Berkendara Terasa Lebih Nyaman

Spooring dan Balancing Membuat Berkendara Lebih Nyaman
https://carvaganza.com/5-tips-aman-dan-nyaman-berkendara-di-libur-akhir-tahun/

Manfaat berikutnya yang bisa diperoleh adalah merasa lebih nyaman jika dibandingkan dengan kendaraan yang jarang di service. Salah satunya adalah arah kemudi yang bisa dikendalikan dengan mudah. 

Spooring dan Balancing Meminimalisir Biaya Service

Spooring dan Balancing Meminimalisir Biaya Service
https://www.gridoto.com/read/221737947/promo-servis-ramadan-berakhir-ternyata-masih-ada-promo-lagi-dari-daihatsu

Manfaat yang terakhir adalah mampu mengurangi biaya perbaikan dan penggantian part. Misalnya, penggantian ban, bushing arm, dan komponen lainnya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.