fbpx

Mau Glowing? Ini Dia Skin Care untuk Wajah Kusam!

Skin Care untuk Wajah Kusam – Hampir semua orang, khususnya wanita, menginginkan kulit yang cerah, glowing, mulus, dan sehat. Namun, kita, sebagai warga Asia, memang memiliki tantangan yang lebih berat. Secara genetik, wanita (maupun pria) Asia lebih rentan terhadap berbagai permasalahan kulit. Jerawat, flek hitam, komedo, serta kulit kusam merupakan masalah klasik bagi kita semua.

Sebagian besar kaum hawa pun mengeluhkan kulit yang kusam. Parahnya, wajah kusam dapat membuat kita menjadi kurang percaya diri sepanjang hari. Oleh karena itu, bagi kamu yang sudah tidak sabar ingin mencerahkan kulitmu. Kamu perlu terlebih dahulu mengetahui penyebab utama kulit kusam. Setelah itu, barulah kamu dapat memilih produk skin care untuk wajah kusam, yang sesuai dengan penyebab utamamu. Yuk, langsung simak penyebab utamanya!

skin care untuk wajah kusam
Source: Beautyhaul.com

Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinya

1. Urutan Skin Care Tidak Urut

Memakai skincare tak langsung membuat kulit cerah. Kamu perlu memperhatikan urutan penggunaan skincare. Urutannya adalah facial wash (pembersih wajah), toner, serum, spot treatment, krim mata, essence oil, moisturizer, lalu sunscreen (di pagi hari). Jika tidak dipakai berurutan, maka hasilnya tidak akan maksimal.

2. Skin Care Tidak Cocok

Terdapat beberapa ciri-ciri skincare tidak cocok dengan kulit, misalnya, terasa panas pada kulit, kulit mengelupas atau kering, muncul ruam pada kulit, gatal-gatal, serta kulit menjadi agak gelap. Untuk mengetahui produk mana yang tidak cocok dengan kulitmu, kamu harus mencoba skincare-mu secara terpisah. Coba oles dahulu produk skincare-mu di tangan selama beberapa menit. Jika tidak ada reaksi pada kulit, maka kamu bisa mengaplikasikannya di wajahmu.

3. Sel Kulit Mati Menumpuk

Wajah kusam bisa disebabkan oleh sel kulit mati. Dalam satu hari, terdapat jutaan sel kulit mati pada wajah. Untuk itu, kamu perlu rutin mencuci wajahmu dengan facial wash, khususnya di malam hari. Hal ini dikarenakan terdapat banyak sisa residu debu, kotoran, dan minyak yang terakumulasi dari pagi hingga sore hari.

4. Dehidrasi Kulit

Sekitar 70% tubuh kita merupakan air. Ketika kamu kekurangan cairan tubuh, maka aliran darah ke kulit akan terganggu. Akibatnya, kulit akan menjadi kasar, kering, dan kusam. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi air setidaknya 8 gelas per hari. Namun, semakin berat aktivitasmu, maka semakin banyak pula air yang perlu kamu minum.

5. Stres Berkepanjangan

Ketika kamu menghadapi stress berkepanjangan, maka aliran darah dan hormon kortisol (hormon anti-stres) hanya akan terpusat pada organ vital tubuh, bukan wajah. Hal ini dapat menyebabkan kulit kering dan kusam. Ketika sedang menghadapi stres, sebaiknya kamu perlu mempelajari teknik koping stres yang sehat, seperti meditasi, olahraga, maupun berbagi cerita dengan orang terdekat.

6. Paparan Sinar Matahari

Kita hidup di iklim tropis, dimana terik sinar matahari akan terus ada sepanjang tahun. Ultraviolet pada paparan sinar matahari dapat menyebabkan flek hitam dan hiperpigmentasi pada kulitmu. Untuk itu, kamu perlu menggunakan sunscreen SPF 30 (minimal) sebelum keluar rumah. Untuk hasil yang lebih optimal, kamu bisa menggunakan sunscreen setiap dua jam sekali.

7. Kekurangan Zat besi dan Antioksidan

Nutrisi adalah faktor terpenting untuk mencerahkan kulit kusam. Untuk mencegah kulit kusam, kamu membutuhkan zat besi dan antioksidan yang cukup. Adapun, antioksidan berguna untuk melawan radikal bebas. Sedangkan, zat besi bermanfaat untuk menjaga fungsi antioksidan dan kesehatan kulit secara general. Untuk itu, kamu bisa mengkonsumsi daging merah, sayur, dan buah untuk meningkatkan kandungan antioksidan dan zat besi pada tubuhmu. 

Rekomendasi Skin Care untuk Kulit Kusam

Mencari produk skincare untuk kulit kusam memang tidak mudah. Jika kamu masih bingung, berikut ini adalah produk skin care untuk wajah kusam yang layak untuk kamu coba!

1. Skintific 5x Ceramide Low PH Cleanser (Facial Wash)

Source: Beautyhaul

Pembersih wajah adalah salah skincare esensial bagi kebersihan wajahmu. Tidak hanya moisturizer-nya, Skintific juga memiliki produk facial wash berkualitas bernama Skintific 5X Ceramide Low PH Cleanser.  5x bermakna bahwa facial wash ini mengandung ceramide NP, ceramide N, ceramide AP, ceramide AS, dan ceramide EOP. Dengan pH yang rendah (5,5-6), facial wash ini sangat cocok untuk semua kalangan, terutama yang berkulit sensitif.

2. The Body Shop Drops of Youth Liquid Peel (Exfoliating Gel)

Skin care untuk wajah kusam
Source: Shopee

Jutaan sel kulit mati yang tersisa di wajah dapat menyumbat pori-pori. Alhasil, kulitmu akan menjadi kusam. Solusinya, kamu perlu mengeksfoliasi kulitmu dengan The Body Shop Drops of Youth Liquid Peel. Dengan kandungan AHA dan moringa oleifera seed oil, sel-sel kulit mati akan terangkat dan kulit wajah akan terhidrasi. Pada akhirnya, kulitmu akan menjadi sangat cerah. 

3. ElsheSkin Lightening Refresh (Toner)

ElsheSkin merupakan brand klinik kecantikan yang sudah sangat terkenal. Toner Lightening refresh dari ElsheSkin ini mengandung alpha arbutine, vitamin C, dan gluthatione yang mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit wajahmu.

Baca Juga: Rekomendasi Toner Lokal untuk Kulit Sensitif 2022

4. Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Seru (Serum)

Brand Somethinc menghadirkan serum yang memiliki kandungan yang sangat lengkap. Varian serum ini merupakan serum brightening lokal yang paling dikenal. Seperti namanya, serum ini mengandung 5% niacinamide dan SabiWhite, 63% centella asiatica water dan berbagai bahan menarik lainnya. Bahan-bahan inilah yang mampu mencerahkan dan melembapkan kulit, melawan jerawat, memperkuat skin barrier, dan memperbaiki tekstur kulit. Wah, lengkap banget ya!

5. Wardah Perfect Bright Moisturizer SPF 30 (Moisturizer)

Wardah mengusung inovasi berupa skin lightening system. Hanya dengan sekali usapan, kamu akan merasakan langsung efek kulit yang semakin cerah. Dengan berbagai kandungan oil control agent dan brightening powder, kulitmu akan lebih lembut, glowing, dan halus. Kamu pun tidak perlu khawatir, sekarang produk ini bisa kamu beli secara online melalui aplikasi Klik Indomaret. Klik Indomaret memberikan layanan yang cepat, mudah, dan murah. Jika tidak percaya, coba saja langsung download aplikasinya ya!

Nah, semoga artikel ini bisa membantu kamu tampil glowing dan semakin percaya diri ya! Kamu bisa membeli rekomendasi produk skincare untuk kulit kusam tersebut di e-commerce kesayanganmu juga, ya.

Baca Juga: Skincare Terbaik untuk Kulit Sensitif 2022

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *