Palworld Drama

Game Summary

Palworld adalah video game dengan tema petualangan dan menjinakan monster dari developer Jepang Pocket Pair. Game ini memiliki dunia yang terbuka (open world) yang didalamnya dihuni mahluk hidup binatang yang disebut “Pals” yang bisa ditangkap oleh pemain dan digunakan untuk bertarung bahkan bisa membantu pemain untuk melakukan banyak tugas/aktivitas. Game ini rilis pada 19 Januari 2024, dan sudah terjual sebanyak 8 juta unit dalam 6 hari pertama akses awal dan memiliki lebih dari 2 juta pemain secara bersamaan di platform Steam. Palworld dapat dimainkan hingga 32 pemain dalam satu server. Palworld dibanderol seharga Rp.245,999.

Palworld Drama

Banyak netizen merasa bahwa desain dari “Pals” banyak yang mirip dengan desain “Pokemon” dari perusahaan Nintendo, bahkan ada yang sangat mirip, jadi banyak pemain dan artis pokemon memboikot game ini.

Pocket Pair vs Nintendo Lawsuit

Meskipun banyak dari pemain atau fans Pokemon membuat pernyataan agar Nintendo harus menuntut Pocket Pair, secara konsep Palworld tidak melanggar hak cipta berkat perbedaan genre dan target audiens. Banyak pengacara dan bahkan spesialis hukum media memiliki pendapat yang sama bahwa Palworld adalah game yang cukup berbeda sehingga sah sah saja.

Palworld Enjoyer

Terlepas dari game Palworld memiliki banyak drama dari segi plagiarisme atau dibencinya CEO developernya karena mendukung crypto dan AI, banyak pemain Palworld yang sangat menikmati gameplay dari Palworld secara keseluruhan mulai dari mekanisme game, pembangunan dunia, suasana lingkungan dunia, misi, atau pertempurannya. Palworld menyajikan gameplay yang berbeda dan yang selama ini diinginkan oleh para fans game Pokemon yang berbanding terbalik dengan Nintendo selaku developer Pokemon yang hanya menjiplak seluruh sistem dan gameplay dari game mereka sebelumnya tanpa ada inovasi dan perbaruan dari game mereka. Dengan harga yang jauh lebih murah dari game-game pokemon, Palworld menyajikan lebih banyak hal, aktivitas yang dapat dilakukan pemain dan dunia yang bisa dieksplor secara dalam. Dan Palworld masih dalam early access yang dimana memungkinkan untuk para pemain mendapat lebih banyak konten-konten game mendatang yang lebih banyak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *