fbpx

Pecinta Kopi Wajib Baca! Minuman Coffee Latte Lebih Sehat di Pagi Hari

minuman coffee latte dengan aroma yang enak
Sumber : Flash Coffee

Halo pecinta kopi di tanah air, pasti udah engga asing dong sama yang namanya coffee latte? kopi yang mempunyai rasa yang lebih milky atau punya rasa susu yang lebih kuat ini banyak disukai, nah kali ini aku akan mencoba ajak kalian buat bahas minuman coffee latte yang ternyata lebih sehat di pagi hari lohh. Eitss tapi sebelum kita bahas kesana, kita cari tau dulu tentang coffee latte satu ini yuk.

Asal Usul Minuman Coffee Latte

coffee latte love
Sumber : Unsplash

Coffee Latte (Bahasa Italia yang artinya kopi susu) adalah espresso atau kopi yang dicampur dengan susu dan memiliki lapisan foam yang tipis di bagian atasnya. Minuman Coffee latte ini pertama kali ditemukan di Italia pada akhir 1950 oleh Lino Meiorin, dia merupakan pemilik dari sebuah cafe dan merupakan barista pertama dari Italia. Pengunjung cafenya ketika itu tidak terbiasa dengan rasa dari cappuccino tradisional yang sangat tajam dan karena rasa yang sangat tajam tadi, banyak pengunjung cafenya meminta lebih banyak susu untuk dicampur dengan kopi tersebut, akhirnya Lino memutuskan untuk menjual minuman espresso dengan lebih banyak susu dan menyebutnya sebagai “caffe latte”. Ketika itu, dia menyajikan coffee latte dalam mangkuk dan kemudian beralih menggunakan gelas bir. Kini, coffee latte disajikan dalam cangkir. Dulu, coffee latte hadir sebagai breakfast coffee atau booster di pagi hari karena kandungan kopinya yang cukup intens dan pas untuk memulai aktivitas seperti bekerja.

Kandungan Minuman Coffee Latte

ingredient coffee
Sumber : Unsplash

Minuman Coffee Latte terdiri dari campuran 1/3 espresso dengan 2/3 steamed milk. Buih susu hanya tipis di permukaan. Meski komposisinya mirip dengan cappuccino, foam pada minuman ini hanya sedikit sehingga rasanya lebih milky dan creamy. Latte berisi sekitar 10 gram protein dari susu, 5 gram lemak yang setara dengan satu sendok mentega dan sekitar 225 kalori ketika ditambah dengan susu dan 135 kalori ketika dibuat dengan susu krim. Secangkir coffee latte mengandung 63-175 mg kafein.

Baca Juga : Resep Membuat Kopi 1 Liter dan Tips Agar Tak Cepat Basi

Keunikan Coffee Latte

Latte art
Sumber : Unsplash

Latte Art

Latte art adalah seni menghias di atas secangkir minuman coffee latte dengan menuangkan susu panas dan menciptakan pola atau desain di permukaan latte. Selain itu bisa pula dengan langung menggambar di lapisan atas busa. Kunci dari latte art yang indah merupakan proses pembuatan coffee latte itu sendiri guys. Yaitu, saat penghangatan susu dengan uap air. Proses penghangatan susu bertujuan untuk menghasilkan suhu yang sesuai untuk menghangatkan susu agar menghasilkan micro foam, yang digunakan untuk latte art. Latte art sulit dibuat secara konsisten, karena dibutuhkan kondisi yang tepat antara espresso dan susu. Bentuknya bisa berbagai macam, seperti hati, angsa, bunga tulip hingga rosetta.

Nah itu dia guys tentang minuman coffee latte satu ini, eits tapi tunggu dulu, kita baru aja sampe ke topik awal kita, kenapa coffee latte lebih sehat di minum pagi hari? pasti kalian penasaran kan? jadi langsung aja kita bahas yuk!

Minuman Coffee Latte Lebih Sehat di Minum Pagi Hari

Ilmuwan baru baru ini menemukan kalo minum kopi yang kental seperti coffee latte di pagi hari dapat memberikan energi tanpa harus bikin jantung kalian itu berdebar lohhh, riset baru membuktikan bahwa mengkonsumsi kafein yang teratur tidak akan menyebabkan jantung kalian berdebar kencang yang berpotensi mendatangkan bahaya seperti stroke, justru sebenernya kopi juga baik itu kesehatan jantung kita, kok bisa? karena ilmuwan menemukan konsumsi kafein tidak menyebabkan jantung kita berdebar debar, justru ilmuwan dari University of California menyarankan masyarakat untuk mengkonsumsi makanan berkafein yang menyehatkan seperti coffee latte. Lalu, minum secangkir coffee latte di pagi hari, dapat menghindari kamu dari stres dan depresi.

Kafein di dalam kopi mengandung antidepresan yang mampu membuat pikiran jadi lebih rileks, dan mencegah hormon pemicu stres berkembang. Selain menenangkan, minum kopi di pagi hari juga berimbas pada bagian otak, dimana fungsi otak kita akan meningkat, sehingga daya ingat, kewaspadaan, konsentrasi, fokus, serta kemampuan respon tubuh akan lebih baik. Bukan hanya otak aja yang dapat rileks karena kopi, tetapi tubuh kita juga akan lebih rileks dan bertenaga. Setelah minum kopi, hormon adrenalin akan meningkat sebanyak 12 persen. Hal ini kemudian dibarengi dengan proses metabolisme, yang membuat lemak tubuh terpecah, dan diubah menjadi energi, cocok buat kalian yang lagi diet nihh, bisa nurunin berat badan juga guys.

Itu dia kenapa Minuman Coffee Latte bisa lebih sehat di minum pagi hari, jadi buat kalian tidak usah khawatir lagi minum kopi di pagi hari, apalagi sekarang ada Flash Coffee yang menyediakan banyak varian Minuman Coffee Latte guys! Flash Coffee mempunyai varian menu yang bernama “Signature Lattes”. Menu ini terdiri dari 9 Coffee Latte yang enak lohh, kita coba intip yuk apa aja sih menunya.

1. Avo Latte

Avo Latte
Sumber : Flash Coffee

Paduan unik espresso dengan sirup Avocado dan gula aren, dengan topping buih susu.

2. Bohemian Latte

Bohemian Latte
Sumber : Flash Coffee

Paduan premium coffee latte dengan sirup kurma.

3. Latte Gula Aren

gula aren
Sumber : Flash Coffee

Coffee Latte dengan kelezatan gula aren.

4. Latte Gula Aren with Almond Milk

aren Almond Milk
Sumber : Flash Coffee

Paduan best-selling Aren coffee latte dengan susu Almond Milk.

5. Macadamia Latte

macadamia premium kopi
Sumber : Flash Coffee

Kopi susu dengan sirup kacang macadamia premium.

6. Matcha Latte

Matcha Kopi
Sumber : Flash Coffee

Paduan rasa Matcha yang creamy, dicampur dengan espresso.

7. Nutella Latte

nutella kopi
Sumber : Flash Coffee

Paduan kopi, susu steam dan nutella yang bikin ketagihan!

8. Strawberry Latte

Strawberry
Sumber : Flash Coffee

Coffee Latte dengan sensasi sirup strawberry yang bikin ketagihan.

9. Toblerone Coffee Latte

Toblerone
Sumber : Flash Coffee

Coffee Latte dengan flavor dan topping Toblerone.

Nah itu dia menu minuman coffee latte yang ada di flash coffee guys dan aku mau kasih tau ke kalian kalo flash coffee sekarang lagi banyak promonya loh! tunggu apalagi, buruan beli coffee latte hanya di Flash Coffee!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *