fbpx

5 Hal Penting Sebelum Minum Kopi di Pagi Hari

Minum Kopi di Pagi Hari

Saat ini trend minum kopi semakin meningkat di kalangan masyarakat Indonesia, baik bagi anak muda yang masih duduk di bangku sekolah maupun kalangan orang kantoran. Kebiasaan minum kopi telah menjadi rutinitas pagi hari yang dianggap krusial untuk mendorong energi, fokus, dan produktifitas diri. Namun, terdapat beberapa pakar menyampaikan adanya potensi bahaya minum kopi di pagi hari oleh karena mengganggu metabolisme tubuh manusia. Minuman berkafein dapat tetap di konsumsi dengan memperhatikan ritme sirkadian atau jam biologis yang mengatur kapan saat tidur, makan, sampai mengendalikan hormon stress. Jadi, bagi pencinta kopi, ada 5 hal penting sebelum minum kopi di pagi hari yang perlu di perhatikan.

1. Paling Baik Minum Kopi di Pagi Hari pada rentang jam 09.30 – 11.30

Minum Kopi di Pagi Hari Waktu
Sumber : Unsplash

Minum kopi di pagi hari nyatanya mengganggu jalan produksi hormon kortisol yang sangat tinggi di pagi hari. Dimana, kopi seharusnya di konsumsi saat hormone kortisol yang diproduksi tubuh sedang rendah. Hormon kortisol dikenal sebagai hormone stress dan meningkatkan kewaspadaan manusia.

Nah, tapi jangan panik para pencinta kopi di luar sana, ternyata siklus produksi hormon kortisol berubah-ubah sepanjang hari. Pada pukul 8-9 pagi, 12-13 siang, dan 17-18 sore. Maka dari itu ada baiknya, jangan langsung minum kopi saat baru bangun tidur yah! Tetapi, pada pukul 9.30 – 11.30 kadar kortisol dalam tubuh sedang menurun. Jadi, di jam tersebut adalah waktu teraman untuk kamu minum kopi.

2. Upayakan, Minum Kopi 30 Menit Sebelum Olahraga

Ngopi sambil Olahraga
Sumber : Unsplash

Minum kopi memberikan manfaat berupa meningkatkan tenaga, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan ketahanan/endurance fisik. Sehingga, kopi akan membantu proses workout kamu lebih optimal. Apalagi jika aktivitas olaraganya mengangkat beban atau berlari cepat. Alangkah baiknya, jika kamu mengonsumsi kopi 30 – 1 jam sebelum olahraga kamu di mulai. Oleh karena kopi membutuhkan rentang waktu tersebut untuk terserap sempurna oleh tubuh.

3. Pantang Perut Kosong sebelum Minum Kopi di Pagi Hari

Sarapan dan Minum Kopi
Sumber : Unsplash

Berbagai alasan kesehatan dikemukakan oleh sejumlah peneliti bahwa kopi baiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong. Sebab, kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung. Selain itu, kopi berpotensi mengiritasi perut, gangguan usus, menyebabkan mulas, mual, reflux asam, dan gangguan pencernaan lainnya.

Oleh karena itu, minum kopi di pagi hari sebelum sarapan sangat tidak disarankan. Berbagai potensi masalah yang bisa timbul melatarbelakangi saran ini. Apalagi, hormone kortisol yang tinggi, bila di barengi mengonsumsi kopi berakibat meningkatnya risiko depresi.

4. Minum Kopi 4-5 Cangkir Sehari, Baik untuk Kesehatan

Minum Kopi Baik untuk Kesehatan
Sumber : Unsplash

Kandungan kafein di dalam kopi terbukti bermanfaat untuk kesehatan, jika di konsumsi dengan waktu dan takaran yang baik dan benar. Nyata nya, ada penelitian yang menunjukkan bahwa kafein dapat menahan reseptor otak untuk mengurangi stress. Bahkan, penelitian lainnya menyebutkan bahwa Wanita yang mengonsumsi kopi sebanyak 2-3 cangkir sehari beresiko 15% lebih rendah mengalami depresi dibandingkan Wanita yang mengonsumsi hanya 1 cangkir kopi atau kurang sehari. lebih baik lagi, bagi Wanita yang mengonsumsi 4 cangkir kopi sehari beresiko 20% lebih kecil untuk mengalami depresi.

Namun, perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi kopi secara berlebihan juga memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Sebaliknya, mengonsumsi kopi berlebihan dapat menimbulkan depresi, gemetar, dan nervous berlebihan. Dilansir dalam Mayo Clinic, mengonsumsi lebih dari 4 cangkir atau lebih dari 400 mg masuk kategori mengonsumsi kopi berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk, seperti insomnia, gugup, gelisah, mudah marah, masalah perut, detak jantung lebih cepat, dan tremor otot.

5. Baiknya, Konsumsi Kopi Tidak Berdekatan Jam Makan

Sumber : Pixabay

Nyatanya, efek kafein bagi tubuh manusia berlangsung selama 6 jam. Oleh karena itu, tidak disarankan mengonsumsi kopi di sore hari karna berdekatan dengan waktu jam tidur. Selain itu, kopi dan minuman berkafein lainnya lebih baik dikonsumsi tidak berdekatan dengan jam makan.

Mengonsumsi kopi di pagi hari menyimpan kenikmatan tersendiri. Tidak hanya rasa dan manfaatnya yang membuat addicted, aroma kopi di pagi hari bahkan bermanfaat untuk meningkatkan mood dan produktifitas di pagi hari. Nah, bisa di simak artikel kenikmatan caffe latte sehat di pagi dalam link tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.