fbpx

Memutihkan Baju Putih Yang Sudah Kuning

Memutihkan Baju Putih Yang Sudah Kuning

Baju warna putih merupakan fashion paling mendasar yang pasti dimiliki oleh setiap orang karena mudah dipadukan dengan apapun. Namun baju berwarna putih membutuhkan perawatan ekstra. Karena ketika sudah berusia lama, noda-noda kuning bisa saja muncul pada baju putih yang disebabkan oleh banyak hal. Salah satu noda yang paling umum ditemukan pada baju putih adalah noda kuning pada kerah atau ketiak. Ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan baju putih yang sudah kuning.

Ciri-ciri Terdapat Noda Kuning di Baju Putih

Baju dengan noda kuning memang kadang tidak jelas terlihat. Biasanya baju akan mulai kekuningan perlahan dan kita mungkin tidak menyadarinya. Tapi ada beberapa ciri untuk mengetahui noda kuning di baju kita.

1. Baju Terlihat Kusam

Pernahkah kamu merasakan saat memakai baju putih, tampilannya tampak kusam saat kamu kenakan? Hal ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa baju kita sudah kekuningan dan tidak seputih saat awal pemakaian.

2. Terdapat Bercak Kuning

Ciri-ciri yang satu ini cukup kasat mata. Ketika memiliki baju putih, kita  perlu melihatnya secara detail apakah terdapat bercak kecoklatan atau kuning. Hal ini bisa menjadi tanda awal pakaian yang kita miliki akan berwarna kekuningan dan semakin kusam.

3. Baju Menjadi Lebih Tipis

Beberapa penyebab baju kekuningan juga bisa membuat baju yang kita miliki menjadi lebih tipis. Hal ini karena serat pakaian yang berkurang, atau terkikis akibat zat-zat tertentu.

Baca juga : 9 Cara Memutihkan Pakaian Menguning dengan Mudah dan Cepat

5 Cara Memutihkan Baju Putih Yang Sudah Kuning

Tidak perlu membayar biaya laundry yang mahal, baju putih yang memiliki noda kekuningan bisa ditangani dengan beberapa cara seperti berikut ini :

1. Rendam dengan Perasan Lemon Untuk Memutihkan Baju Putih

perasan lemon

Selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, buah lemon juga bisa kamu gunakan untuk memutihkan baju putih yang sudah kuning. Buah jeruk yang satu ini memiliki 5% asam sitrat, kandungan asam yang mampu meluruhkan noda kuning yang menempel pada pakaian.

Ambil 3 buah lemon dan peras air lemon, kemudian campurkan air lemon yang sudah diperas dengan air panas. Ketika kedua cairan sudah tercampur, kamu bisa merendam baju putih kamu pada air rendaman tersebut. Tunggu sekitar 30 menit lalu lanjutkan dengan mengucek pakaian putih yang kamu miliki.

2. Gunakan Baking Soda

baking soda untuk Memutihkan Baju Putih Yang Sudah Kuning

Kandungan yang seringkali digunakan untuk mengembangkan kue ini memiliki fungsi antiseptik ringan yang bermanfaat mengangkat bakteri pada pakaian sehingga bisa memutihkan baju putih yang sudah kuning. Caranya, campurkan baking soda ke dalam air dan oleskan pasta baking soda pada baju yang memiliki noda kekuningan. Kemudian, rendam baju putih ke dalam larutan baking soda selama 30 menit. Lebih baik juga jika menggunakan air hangat.

3. Gunakan Sabun Cuci Piring

sabun cuci piring untuk Memutihkan Baju Putih Yang Sudah Kuning

Tahukan kamu bahwa kandungan yang mampu menghilangkan lemak pada sabun cuci piring seperti sunlight juga bisa menghilangkan noda hitam pada baju putih? Kamu hanya perlu mengoleskan sabun pencuci piring ke noda pakaian, lalu mendiamkannya selama 10-15 menit sebelum dibilas hingga bersih.

4. Gunakan Deterjen dan Pemutih

pemutih pakaian untuk Memutihkan Baju Putih Yang Sudah Kuning

Cara lainnya untuk memutihkan baju putih yang sudah kuning adalah dengan mencampurkan deterjen dengan pemutih seperti vanish yang memiliki kandungan hidrogen peroksida. Mencampurkan kedua bahan ini akan meluruhkan noda bandel yang ada di baju putih, jika dikucek dengan benar.

5. Rendam dengan Aspirin

aspirin

Punya stok aspirin atau obat pereda nyeri di rumah? Kamu bisa mencampurkan 5 tablet aspirin dengan dosis 325mg dengan air panas, lalu rendam baju hingga semalaman. Baju kamu pun bisa menjadi semakin putih dan noda kuning menghilang.

Nah Itu tadi adalah 5 cara memutihkan baju putih yang sudah kuning

dan bisa dilakukan di rumah. 5 cara di atas juga bisa kamu terapkan dengan metode cuci menggunakan tangan atau mencuci baju dengan mesin cuci. Untuk bahan-bahan tadi sebagian bisa kamu cari dan dapatkan di rumah ataupun kamu bisa beli di minimarket seperti indomaret. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca juga : Botox Wajah adalah Jawaban Ampuh Mengatasi Keriput

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *