fbpx

Resep Membuat Kopi 1 Liter dan Tips agar Tak Cepat Basi

Di jaman sekarang, pasti kita sudah tidak asing lagi dengan kopi susu kekinian. Yap! kopi susu kekinian ini adalah istilah dari meracik kopi ala kedai kopi yang sering kali identik dengan campuran gula aren, tak jarang es kopi susu gula aren menjadi menu utama dari sebuah brand kopi kekinian. Berkaitan dengan es kopi susu kekinian, beberapa brand atau kedai kopi juga membuat kopi 1 liter. Ide kemasan literan ini dibuat agar konsumen bisa menikmati kopi kapan saja dan dimana saja termasuk untuk di konsumsi bersama keluarga maupun teman-teman.

Salah satu brand kopi kekinian yang sedang naik daun adalah Flash Coffee. Flash coffee adalah gerai kopi asal singapura yang diluncurkan pada tahun 2020. Tak mau ketinggalan, Flash Coffee hadir dengan membuat kopi 1 liter yang menggunakan berbagai campuran rasa yang bisa kamu simpan untuk stok dirumah. Berikut tips agar kopi 1 liter mu tak cepat basi!

Baca juga : Pecinta Kopi Wajib Baca! Minuman Coffee Latte Lebih Sehat di Pagi Hari

membuat kopi 1 liter latte gula aren
Sumber: Flash coffee

Membuat Kopi 1 Liter dengan Bahan yang Fresh

Kita harus memperhatikan komposisi saat membuat kopi, menggunakan bahan-bahan yang fresh atau baru adalah salah satu cara untuk mengetahui hasil dari kualitas kopi susu yang dihasilkan serta jangka waktu penyimpanannya.

bahan-bahan membuat kopi 1 liter dirumah
Sumber : hellosehat.com

Penyimpanan didalam Kulkas

Kopi literan yang disimpan pada suhu ruangan akan lebih mudah untuk basi, oleh karena itu disarankan untuk menyimpan nya di dalam kulkas agar bisa bertahan lebih lama yaitu sekitar 2-3 hari jika kemasan atau segel dari botol sudah di buka. Sedangkan jika kemasan belum di buka, kopi literan bisa bertahan sampai kurang lebih satu minggu didalam kulkas.

Menggunakan Wadah yang Tertutup

Membuat kopi 1 liter harus menggunakan wadah yang tertutup atau rapat agar tidak mudah terkontaminasi seperti hal nya yang dilakukan oleh Flash Coffee. Karena jika tidak menggunakan wadah tertutup kemungkinan untuk basi akan semakin tinggi, mudahnya terpapar oleh bakteri diruangan tersebut kedalamnya. Disarankan untuk menutup rapat kopi literan mu dan memasukkan nya kedalam kulkas setelah di konsumsi.

kopi botolan 1 liter flash coffee
Sumber : Flash Coffee

Hindari Suhu Ruangan Untuk Membuat Kopi 1 Liter mu Aman

Hal yang satu ini perlu diperhatikan, karena ini bisa berpotensi untuk mengubah rasa dari kopi tersebut dan mudah basi. Hindari juga suhu ruangan yang panas, kamu bisa menuangkan nya kedalam gelas sesuai takaran dalam meminum kopi dan menyimpannya kembali kedalam kulkas.

Wadah Penyimpanan Freezer agar Menjadi Es Batu

Nah kalian juga bisa nikmatin kopi dengan cara yang berbeda dan pastinya cara ini bisa membuat kopi mu lebih bertahan lebih lama yaitu di jadikan nya es batu kopi susu. Cara ini bisa membuat kopi 1 liter mu bertahan lebih lama karena disimpan dalam bentuk es batu, namun kalian tidak bisa langsung mengkonsumsinya atau harus menunggu hingga kopi tersebut mencair dengan hanya menggunakan suhu ruangan (tanpa campuran air lagi).

Resep Membuat Kopi 1 Liter Mirip dengan Flash Coffee!

Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • 850 ml Susu cair (sesuai selera kalian, bisa: almond milk, fresh milk, maupun low fat milk)
  • 2 sdm kopi bubuk (disarankan yang instant aja ya)
  • 125 ml gula aren (500gr gula aren, 250gr gula pasir, dan 500ml air mineral)
  • 100 ml air mineral

Nah itu dia resep dan juga cara penyimpanan nya. Kalau kamu adalah tipe orang yang punya banyak kesibukan maupun pekerjaan sehingga tidak punya waktu banyak untuk mencari bahan dan juga membuat kopi 1 liter mu sendiri. Flash Coffee hadir untuk membantu kalian dalam memecahkan masalah tersebut. Cara pemesanannya pun mudah, bisa melalui handphone anda saja. Ada beberapa pilihan seperti melalui aplikasi flash coffee, pelayanan jasa seperti GoFood, GrabFood, ShopeeFood, Traveloka Eats. Atau pun langsung datang ke gerai terdekat. Enjoy!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *