fbpx

Ragam makanan ini bisa meningkatkan imun tubuh, lho!

Sistem Imun Tubuh

sistem, imun, tubuh

Pengertian Sistem imun adalah sistem perlindungan berasal dari dalam tubuhmu yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit pada tubuhmu. Sistem imun sendiri punya nama lain yaitu sistem kekebalan tubuh.

Di masa pandemik Covid-19 yang melanda dunia sejak 2019 akhir lalu, imunitas tubuh yang kuat sangat diperlukan untuk mencegah virus COVID-19 menyerang tubuh kita. Sistem imun yang sehat akan aktif melakukan perlawanan Ketika virus, bakteri, jamur dan parasit memasuki tubuh kita. Sebaliknya, jika mengalami kelainan, maka kita dapat terjangkit penyakit dengan mudahnya.

Untuk meningkatkan imunitas di tubuh kita, selain berolahraga, tidur yang cukup, dan menghindari rokok serta alkohol, perlu juga nih kita mengonsumsi makanan bergizi dan mengandung banyak nutrisi.

Berikut sudah kami rangkum makanan-makanan yang bisa meningkatkan imun tubuhmu:

1. Bawang Putih

bawang, imun

Selain dapat membuat masakanmu menjadi lebih kaya rasa, si mungil putih ini juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuhmu. Bawang putih mengandung senyawa sulfur aktif seperti allicin yang sifatnya anti bakteri serta anti radang, bawang putih juga mengandung antioksidan, seperti asam animo yang berfungsi untuk memperbaiki sistem imun tubuh yang rusak.

2. Buah-buahan asam

lemon, asam, imun

Buah-buahan ini tentunya rasanya memang asam namun mempunyai banyak vitamin, terutama vitamin C yang sangat diperlukan tubuh untuk penyembuhan luka. Contoh buah-buahan asam yang mengandung banyak vitamin C yaitu lemon, kiwi, jeruk nipis. Baiknya kita mengonsumsi buah ini di pagi hari karena dapat membantu detoksifikasi sistem tubuh. Sebelum makan buah, baiknya kalian minum segelas air putih dulu ya.

3. Seafood bercangkang

seafood, kerang

Kalian harus tau kalau selain ikan yang mengandung banyak omega 3 nya, ternyata seafood bercangkang seperti kerang dan kepiting memiliki zinc yang baik untuk memperkuat imun tubuh kita, membantu pertumbuhan sel dan berperan penting juga untuk tumbuh kembang anak. Bisa banget nih sekarang memasukkan kerang dan kepiting ke menu masakan sehari-hari kalian.

4. Yogurt

yogurt, sehat

Yogurt adalah produk hasil fermentasi susu pasteurisasi yang sudah ditambahkan dengan bakteri baik yaitu Lactobacillus Bulgacirus. Produk-produk yogurt yang terkenal antara lain Cimory, KIN, Heavenly Blush, Greenfields dan lain sebagainya. Yogurt sendiri dikenal untuk membantu melancarkan pencernaan dan membantu program diet. Disamping itu, yogurt juga mempunyai banyak manfaat seperti membantu penyerapan kalsium, memperkuat imun tubuh, meningkatkan fungsi otak dan suasana hati. Kalian bisa mengonsumsi yogurt dengan buah untuk menambah variasi rasanya.

5.Teh Hijau

teh, segar, tubuh

Siapa di sini yang tim minum teh daripada kopi? Selain dikenal membantu menurunkan berat badan, teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi yaitu epigallocatechin gallate (EGCG) untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh dan membantu meningkatkan imun tubuh kita. Teh hijau baiknya dikonsumsi sebanyak 3-4 kali dan baiknya setelah sarapan karena minum teh saat perut kosong dapat merangsang produksi asam lambung.

Rangkuman makanan di atas harus diiringi dengan pola hidup yang sehat (olahraga, tidur teratur, menghindari rokok dan alkohol) juga agar dapat bekerja dengan baik untuk meningkatkan imunitas di dalam tubuh kita. Salam hidup sehat!

Dilansir dari:
https://kesehatan.kontan.co.id/news/10-makanan-yang-efektif-meningkatkan-daya-tahan-tubuh-anda
https://www.halodoc.com/artikel/6-jenis-makanan-penambah-imun-yang-bisa-mencegah-corona

2 thoughts on “Ragam makanan ini bisa meningkatkan imun tubuh, lho!”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *