fbpx

Lomba Coding Nasional 2022

Source : Koding Next

Industri 4.0

Istilah Industri 4.0 dan kemajuan teknologi selalu dikaitkan dengan perkembangan digitalisasi saat ini. Digitalisasi di Indonesia berkembang sangat pesat dan cepat, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya perusahaan baru berbasis digital yang bermunculan. Kemajuan di bidang teknologi dapat dicapai jika kita memiliki talenta digital yang berkualitas tinggi di generasi-generasi selanjutnya dalam jumlah banyak. World Bank memprediksi Indonesia membutuhkan sekitar 9 juta lebih talenta digital di tahun 2030. Bagaimana cara menghasilkan talenta-talenta digital yang berkualitas tinggi? Pengenalan teknologi pada usia dini menjadi salah satu solusi terbaiknya. Selain itu, mengasah kemampuan di bidang digital juga sangat disarankan agar dapat menjadi pengguna digital yang pintar (Smart digital user). Adapun cara untuk mengasah kemampuan di bidang digital dan teknologi sejak dini ialah mempelajari coding.

Pada umumnya sekolah-sekolah di Indonesia belum memiliki materi coding dalam kurikulumnya. Maka dari itu hadirlah kursus-kursus yang berfokus pada pembelajaran coding untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tentunya dengan mengirimkan anak ke kursus atau sekolah coding dapat melatih kemampuan anak di bidang digital dan teknologi. Anak-anak akan diajarkan membuat program komputer seperti aplikasi, website, dan games.

Peran Orang Tua

Peran orang tua untuk memantau laporan mingguan mengenai kemajuan belajar anak juga sangatlah penting. Ada berbagai cara untuk melakukannya, mulai dari mengobservasi kegiatan belajar anak, memberikannya latihan soal, memintanya untuk membuat karya, dan mengikutsertakan anak ke dalam sebuah kompetisi. Koding Next dengan bangga mengundang semua anak Indonesia yang berusia 8-15 tahun untuk berpartisipasi dalam Kompetisi Coding Nasional – Code the Earth. Kami yakin kompetisi ini akan menjadi kompetisi terbesar dan paling bergengsi di Indonesia. Kompetisi ini tentunya dapat mencetak talenta-talenta digital yang berkualitas. Koding Next sebagai penyelenggara bertujuan untuk memperkenalkan pembelajaran coding ke seluruh Indonesia. Sudah lebih dari ratusan anak Indonesia sudah terdaftar menjadi peserta kompetisi ini.

Code The Earth

Siswa-siswi yang berusia lebih muda yaitu 8-11 tahun akan membuat proyek coding mereka dengan menggunakan bahasa pemrograman Scratch, dan siswa-siswi yang berusia diatas 11 tahun akan bersaing di pengembangan game Roblox.

Koding Next tidak memungut biaya dalam kompetisi ini, begitu juga dengan peserta yang mengikuti kompetisi Code The Earth. Kompetisi ini GRATIS. Koding Next ingin semua anak Indonesia dapat berpartisipasi, menguji diri mereka sendiri dan bersaing dengan peserta lain dalam mengasah keterampilan coding. Kompetisi ini memiliki hadiah utama yaitu trip edukasi ke Amerika.

Bagi Koding Next, latar belakang sekolah siswa dan siswi bukanlah sebuah masalah yang harus dipertimbangkan. Maka dari itu siswa manapun dapat mengikuti kompetisi ini. Bergabunglah dengan Code The Earth hari ini dan mulailah bersiap untuk bersaing dalam acara spektakuler ini.

Pendaftaran dibuka hingga 17 April 2022. Catat dan ingat tanggal pentingnya, jangan sampai terlewat ya!

“Code your future with Koding Next and the National Coding Competition!“

Bartholomew Wasik – CEO of Koding Next

source: Koding Next, Bartholomew wasik and ami

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *