fbpx

Lima Bahasa Pemrograman Terbaik Untuk Anak-Anak

lima bahasa pemrograman untuk anak-anak

Halo everyone kali ini gw mau ngomongin lima Bahasa pemrograman terbaik untuk anak-anak. ernyata belajar bahasa pemrograman dapat membantu kerja otak si kecil jauh lebih baik lho!

Python

Bahasa pemrograman yang pertama adala Python. Kalian tau gak apa itu Python ?, kali ini bukan ular yang biasa kalian dengar ya. Python disini adalah salah satu nama dari bahasa pemrograman dan sangat terkenal dikalangan dunia pemrograman. Bahasa pemrograman Python ini diciptakan oleh Guido Van Rossum yang berasal dari Belanda. Python diciptakan di sekitar akhir tahun 1980an. Bahasa pemrograman ini cukup mudah untuk dipelajari dan mudah dimengerti untuk pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman. Kalian pasti tau Gojek kan, nah Gojek adalah salah satu aplikasi yang dibangun dengan bahasa pemrograman Python. Banyak fitur-fitur di aplikasi Gojek yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman Python

Golang

Ada yang udah tau apa itu Go ? bahasa pemrograman ini dikenal juga dengan sebutan Golang Golang bukan salah satu fitur dari aplikasi Gojek yaaa. Bahasa pemrograman ini dibuat oleh Google pada tahun 2009, kalian pasti tau kan Google perusahaan raksasa digital yang berasal dari Amerika SerikatGolang ini juga mudah dimengerti dan mudah dipelajari untuk kalian yang ingin belajar coding. Salah satu aplikasi yang dibangun dengan bahasa pemrograman Golang salah satunya seperti Tokopedia.

Scratch

Nah bahasa pemrograman selanjutnya adalah Scratch. Scratch adalah bahasa pemrograman untuk anak-anak.  Bahasa pemrograman ini dibuat oleh Lifelong Kindergarten Lab MIT. Melalui bahasa pemrograman scratch anak-anak dapat mempelajari prinsip dasar dalam coding tanpa syntax dan logika, dalam bahasa lain anak-anak akan belajar konsep blok programming. Melalui bahasa pemrograman Scratch anak-anak bisa membuat Game, Animasi dan juga aplikasi dengan sangat menyenangkan.

HTML

Bahasa selanjutnya adalah HTML. Kepanjangan dari HTML adalah Hyper Text Markup Language  ini salah satu bahasa pemrograman yang wajib dipelajari, khususnya untuk membangun website. Bahasa pemrograman HTML cukup mudah dimengerti dan dipelajari. HTML pertama kali dikembangkan oleh Tim berners-Lee dari organisasi European Organization for Nuclear Research atau singkatannya adalah CERN pada tahun 1990. Bahasa pemrograman ini awalnya diciptakan oleh perusahaan IBM yang menjual perangkat keras dan lunak atau istilahnya Hardware dan Software.

LUA

Bahasa pemrograman yang terakhir yaitu LUA. Bahasa Pemrograman LUA dibuat oleh Roberto Lerusalimschy, Luz Henrique de Figueiredo, dan Waldemar Celse. Mereka adalah anggota dari Computer Graphics Technology Group atau Techgraf di Universitas Pontifical Catholic di Rio de Janeiro, Brasil pada tahun 1993. Bahasa pemrograman LUA ini menjadi komponen populer dalam pembuatan video game. Salah satu contoh game yang menggunakan bahasa pemrograman LUA adalah Warframe dan World of Warcraft.

Sekarang kalian udah pada tau nih lima bahasa pemrograman terbaik untuk anak-anak. Sebenernya, masih banyak lagi bahasa pemrograman yang ada di dunia perkodingan. Untuk kamu yang penasaran seperti apa sih belajar pemrograman dengan bahasa yang kita jelasin diatas. Kamu bisa langsung kunjungi web Koding Next, yuk belajar coding dengan menyenangkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.