fbpx

Kopi Kekinian, Millenial dan Pengaruhnya Pada Fair Trade di Indonesia

Trend kopi kekinian pada generasi Millenial membawa pengaruh positif bagi petani kopi dan implementasi prinsip fair trade di Indonesia

Fair Trade adalah prinsip perdagangan internasional yang mengedepankan kesetaraan bagi para produsen atau pekerja kecil. Fair trade dapat diimplementasikan ke berbagai sektor, seperti pertanian, perkebunan, industri kreatif, dll. Salah satu produk fair trade di Indonesia yang sudah berjalan adalah Kopi. Penerapan sistem ini dapat berpengaruh positif dalam meningkatkan produksi kopi serta meningkatkan kesejahteraan petani lokal. Para petani dapat menyalurkan hasil produksinya dengan harga jual yang relatif lebih tinggi dari pasar konvensional.

Berdasarkan data International Coffee Organization (ICO), 2019, menunjukkan bahwa trend peningkatan konsumsi kopi di dunia mengalami peningkatan rata-rata sebesar 2,5% per tahun. Peningkatan konsumsi ini pun juga terjadi di Indonesia. Menurut LPP Agro Nusantara, konsumsi kopi tahun 2020 akan mencapat 294.000 ton atau naik 13,9% dibandingkan tahun lalu.

umkmindonesia.id menjelaskan bahwa produksi kopi Indonesia di pasar global pun cukup baik. Terbukti saat ini Indonesia menjadi produsen kopi terbesar ke-4 di dunia setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia. Kopi Robusta Indonesia dinilai lebih baik dari Vietnam. Dan kopi Arabika Indonesia dianggap mampu menyaingi produksi Brasil. Namun, keunggulan utama dari kopi Indonesia adalah dari keberagaman produksi daerah, seperti Kopi Gayo, Kopi Toraja, Kopi Flores, dll. Hal itulah yang membuat kopi Indonesia semakin istimewa di mata dunia.

Lalu bagaimana dengan konsumsi kopi Indonesia di pasar lokal? Bila diperhatikan, saat ini semakin banyak bisnis yang mengedepankan penggunaan kopi Indonesia sebagai brand value. Contohnya seperti warung kopi, cafe, franchise, dll. Istilah “Kopi Kekinian” pun juga semakin populer oleh karena generasi Millenial. Sebagai penikmat terbesar dari kopi kekinian, maka kaum Millenial secara tidak langsung membantu implementasi fair trade di Indonesia dan para petani kopi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *