fbpx

Inspiratif! Ahli Geologi Wanita Berhijab Ini Patahkan Stereotip

Assalamu’alaikum Sobat Mimshe! Kali ini Mimshe mengangkat tema menjadi berani dan cantik. Pernah gak sih kamu ingin melakukan sesuatu tapi takut? Atau malah kebalikannya gampang banget mengambil keputusan? Sebagai wanita muda kita sering berada di persimpangan jalan, salah satunya ingin pakai jilbab atau hijab, tapi takut. Takut apa kata orang, dilarang orang tua, gak diterima kerja. Wanita berhijab gak bisa gaya, dan ketakutan lain. Padahal yang kita takutkan belum tentu loh jadi kenyataan.

Yuk simak bincang-bincang Mimshe (M) dengan sobat wanita berhijab, Christine Primiarti (Uthien (U)), yang percaya diri dan siap mengambil resiko.

Jurusan Geofisika dan Geologi UNPAD

M: Assalamualaikum Uthien, apa kabar? Insya Allah baik. Terima kasih sudah memberikan waktu untuk Mimshe. Ingin berbagi cerita dengan sobat-sobat Mimshe bagaimana wanita di dunia kerja yang didominasi oleh laki-laki.  Bisa ceritakan Uthien kuliah di mana dan jurusan apa?”

U: “Waalaikumussalam, alhamdulillah baik. Boleh. Kuliah di UNPAD, D3 jurusan Geofisika, kemudian lanjut S1 jurusan Geologi. Jurusan D3 Geofisika hanya 3 perempuan dan 40 laki-laki, demikian juga S1 Geologi hanya 1 perempuan dan 40 laki-laki.”

Wanita hijab Unloading Alat Berat ? Bisa!  (Lokasi: PT Mandala Karya Prima, Kalimantan Utara)
Wanita berhijab Unloading Alat Berat? Bisa!
(Lokasi: PT Mandala Karya Prima, Kalimantan Utara)

M: “Saat kuliah sudah berjilbab? Apa yang jadi pemicu untuk akhirnya berjilbab?”

U: “Belum. Alasannya saat itu taruhan, ada cowo yang naksir dan suka cewe berhijab. Saat itu saya tidak membalas. Tetapi teman-teman terus menantang ‘Berani gak?’ Mungkin itu pemicunya. Tapi tidak ada alasan yang jelas. Akhirnya pakai jilbab saja, berpahala fikiran hanya itu”

Tantangan Wanita Berhijab

M: “Setelah berjilbab, apa yang menjadi tantangan?”

U: “Keluarga, saat itu ditentang keluarga, karena saat kuliah tahun 1998, belum banyak wanita berjilbab, belum trend. Ketakutan orang tua adalah takut tidak dapat kerja. Hal lain adalah kampus menjadi incaran komunitas sempalan – saat itu NII, LDII- mencoba merekrut anggota. Rasa takut karena belum punya dasar pemahaman Islam yang banyak. Alhamdulillah ada teman-teman yang membela, berdebat, akhirnya tidak ikut pesantren yang memplesetkan hadist.”

M: “Setelah lulus, apakah benar terjadi ketakutan keluarga?”

U: “Tidak terbukti, setelah sidang skripsi, belum wisuda/lulus. Saya main ke kantor Geoservices di Bandung. Malah ditawarkan untuk kerja di sana.”

M: “ Apa pengalaman sebagai wanita berjilbab di dunia kerja? Ada perlakukan yang tidak mengenakan baik saat kerja di dalam negeri maupun di luar negeri?

U: “Selama ini tidak ada, malah mendapatkan beberapa keuntungan. Sejak kuliah kerja di lapangan (site), kuliah sampai jam 1 pagi, teman-teman memperlakukan dengan respect, karena mereka berfikir ini perempuan bener bukan yang aneh-aneh, dan untuk alasan menuntut ilmu. Saat kerja dikirim ke site di Poso, Sulawesi Tengah sekitar tahun 2010 terjadi kerusuhan Poso, yang membawa SARA. Poso terbagi 2, daerah Kristen dan Islam. Saat berada di daerah Kristen diundang acara kenduri, mereka memberikan ‘piring khusus’ yang menghidangkan makanan yang bisa dimakan walaupun tahu-tempe. Karena di sana ada hidangan yang tidak bisa dimakan untuk muslim. Demikian juga saat dinas di Cambodia 2011, proyek selama 2 bulan, di restoran lokal mereka mengenali jilbab, wanita berhijab adalah muslim dan memberitahu yang bisa dimakan dan tidak”

M: “Mengenai busana muslimah, apakah sangat merepotkan saat kerja, terutama di lapangan (site)?”

U: “Pakaian yang saya kenakan memang masih kategori jilbab, pakaian tertutup dan berkerudung. Belum masuk kategori Hijab Syar’i (jilbab besar dan baju longgar) karena untuk mempermudah pekerjaan/gerak.”

Ahli Geologi Wanita berjilbab Bekerja di atas Tugboat (Lokasi: Tambang PT Mandiri Inti Perkasa, Tarakan Kalimantan Utara)
Ahli Geologi Wanita berhijab Bekerja di atas Tugboat
(Lokasi: Tambang PT Mandiri Inti Perkasa, Tarakan Kalimantan Utara)

Karir dan Pencapaian

M: “Bisa diceritakan aktifitas, karir, dan pencapaian saat ini?”

U: “Saya bekerja sebagai konsultan di PT Indonesia Hydro Consultant, selain itu mendirikan (co-founder) dua perusahaan di Jakarta yaitu PT Geo Inti Sinergi yang bergerak dibidang Drilling Construction dan Exploration Consultant, berdiri tahun 2014 dengan legalistas 2019. Tahun 2021 menjual alat-alat mesin bor. Perusahaan lainnya adalah PT Marvel bergerak dibidang konstruksi, antara lain konstruksi rumah, renovasi, membuat kanopi, pagar, dan sejenisnya.”

Busana Muslimah yang sesuai dengan aktifitas sobat Mimshe dan harga terjangkau banyak tersedia sekarang. Demikian Sobat Mimshe bincang-bincang kali ini. Apakah kamu terinspirasi? Apakah kamu juga punya cerita yang serupa? Silakan bagikan di kolom komentar ya. Be Bold, Be Beautiful, Be Mim!

Leave a Comment

Your email address will not be published.