fbpx

Apa Saja Job Desk Digital Marketing? Simak Ulasan Artikel Ini….

Digital Marketing
Sumber Gambar: https://digigiri.com/

Profesi di bidang digital marketing saat ini bisa dibilang memiliki prospek yang bagus. Hal itu dikarenakan tingginya permintaan talenta digital marketing oleh perusahaan perusahaan saat ini yang mulai beralih dalam hal strategi pemasaran mereka dari pemasaran konvensional ke pemasaran digital atau digital marketing sehingga perusahaan membutuhkan seseorang yang memiliki keahlian dibidang digital marketing .Oleh karena itu, saat ini masyarakat khususnya mereka yang mencari pekerjaan memanfaatkan peluang tersebut dan mulai mencari tau tentang digital marketing salah satunya yaitu job desk digital marketing itu seperti apa.

Bagi kamu yang termasuk salah satu orang yang berminat bekerja di bidang digital marketing dan belum mengerti apa saja job desk digital marketing, kali ini sahabat hubs akan membahas jobdesk dari seorang  yang pekerja di bidang digital marketing, simak pembahasan dibawah ini

1.SEO Specialist

SEO Specialist
Sumber Gambar: https://www.acawebconsulting.com/

Pertama yaitu SEO Specialist yang memiliki salah satu perannya yaitu membuat strategi SEO(Search Engine Optimization) agar website muncul di posisi teratas pada Search Engine Result Page(SERP). Salah satu hal yang dilakukan SEO Specialist agar website muncul di peringkat teratas (SERP) dengan melakukan research kata kunci atau keyword research yang akan digunakan di halaman website maupun konten artikel.

Tidak hanya melakukan keyword research, SEO Specialist juga bertanggung jawab untuk mengoptimasi artikel baik secara ON-Page atau Off-Page agar mendapat  banyak trafik dari audiens. Selain itu, SEO Specialist juga bertanggung mengaudit website termasuk konten untuk mengetahui kinerjanya.

2.Social Media Specialist

Social Media Specialist
Sumber Gambar: https://www.globalmagzine.com/

Yang kedua yaitu Social Media Specialist. Sesuai namanya social media specialist ini memiliki tugas tanggung jawab dan kendali untuk mengurus social media perusahaan maupun organisasi bisnis lainnya. Adapun tugas dan tanggung jawab sehari hari social media specialist seperti menyusun strategi konten agar meningkatkan brand awareness dan juga engagement. Selain itu , social media specialist memiliki tanggung jawab untuk menganalisa performa akun dan juga konten social media tersebut.

3.Performance Marketing

Performance Marketing
Sumber Gambar: https://bizzvn.com/

Performance marketing yaitu strategi pemasaran berdasarkan performa. Tanggung jawab dan tugas performance marketing yaitu membuat dan mengurus strategi iklan online seperti google ads. Seorang performance marketing juga memiliki tugas untuk mengoptimasi hasil dari metrik-metrik seperti ROAS (Return On Ad Spend), CPC (Cost Per Click), CPA (Cost Per Acquisition), CPM (Cost Per Mile) dengan berbagai metode, cara, atau strategi yang efektif.

4.Affiliate Marketing Specialist

Affiliate Marketing
Sumber Gambar: https://centurymedia360.com/

Selanjutnya yaitu affliliate marketing specialist yang juga menjadi bagian dari digital marketing. affliliate marketing specialist ini memiliki tanggung jawab dan tugas mengembangkan strategi bisnis dan mengelola program afiliasi internal dan eksternal perusahaan. Selain itu affiliate marketing specialis juga bertanggung untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan merekrut mitra afiliasi baru dengan menggunakan berbagai saluran, seperti media sosial, situs blog, penerbit, pasar online, dan lain-lain.

5.Copywriter

Copywriter
Sumber Gambar: https://www.newbreedrevenue.com/

Yang kelima yaitu copywriter  yang bertugas memproduksi teks menjadi suatu konten yang dapat membujuk, menginspirasi, menghibur, mendidik, atau menginformasikan pembaca agar  melakukan suatu tindakan seperti munculnya ketertarikan untuk membeli produk yang ada di konten tersebut.

6.Digital Marketing Specialist

Digital marketing
Sumber Gambar: https://www.bluewolfdigital.com/

Seperti dijelaskan sebelumnya, bekerja di bagian digital marketing, seseorang bisa memilih untuk menjadi SEO specialist, social media specialist, performance marketing specialist, copywriter, maupun affiliate marketing speciliast. Namun, disamping semua itu, seseorang yang bekerja di bidang digital marketing juga bisa memilih untuk menjadi digital marketing specialist.

Berbeda dengan SEO specialist, social media specialist dan peran lain yang sudah dibahas sebelumnya, digital marketing specialist ini memiliki tugas dan tanggung mengendalikan semua chanel digital marketing seperti website, social media, maupun iklan online. Untuk menjadi digital marketing specialist seorang talenta digital harus mengerti semua channel digital marketing.

7.Digital Marketing Consultant

Digital Marketing Consultant
Sumber Gambar: https://consultyasser.com/

Yang terakhir yaitu digital marketing consultan atau konsultan digital marketing. Tugas dan tanggung jawab seorang konsultan digital marketing yaitu memberikan masukan atau saran agar implementasi strategi digital marketing berjalan efektif kepada klien.

Untuk menjadi seorang yang bekerja di bidang digital marketing, maka hal pertama yang bisa dilakukan yaitu mengikuti kursus digital marketing atau digital marketing course. Terdapat beberapa tempat kursus pelatihan digital marketing di Indonesia seperti Purwadhika, Revou , dan lain lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *