fbpx

Mengenal 7 Jenis Jenis Biji Kopi Lokal Arabika yang mendunia

kopi merupakan salah satu minuman yang dikonsumsi dan disukai oleh berbagai kalangan mulai pria dan wanita. sekarang ini, kopi menjadi sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia dan sudah menjadi minuman kekinian yang sangat gampang ditemui di berbagai cafe, resto hingga outlet makanan. jenis jenis biji kopi yang biasa di nikmati di berbagai outlet coffee shop terdiri dari berbagai macam biji kopi lokal terbaik dengan aroma dan cita rasanya. biji kopi yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia adalah robusta, arabika, dan liberika.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang menciptakan biji kopi terbaik. setidaknya terdapat 16 jenis biji kopi di berbagai negara. Yuk kenali beberapa jenis kopi arabika lokal yang diminati oleh pasar international, berikut daftarnya:

1. Kopi Arabika Aceh Gayo

Jenis Jenis Biji Kopi
Sumber: Pixabay

Kopi arabika Aceh Gayo atau yang lebih dikenal dengan kopi “Gayo” memiliki aroma dan cita rasanya yang khas. Kopi Gayo dibudidayakan rata rata pada ketinggian 1.000 hingga 1200 mdpl. Kopi Gayo memiliki karakter yang kuat dan teksturnya lebih encer. Kopi Gayo sangat digemari di Eropa dan Amerika, karena tingkat keasamannya yang rendah. Kopi Gayo cenderung memiliki rasa yang berbeda beda, karena perkebunan kopi yang memiliki ketinggian yang berbeda beda dan cara budidaya yang sangat beragam.

2. Kopi Arabika Bali Kintamani

Bali Kintamani
Sumber: Pixabay

Tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, Bali juga terkenal dengan biji kopinya yaitu Kintamani. Kopi yang ditanam dataran tinggi daerah Kintamani memiliki rasa yang tidak terlalu pahit. Para petani kopi di Kintami memiliki kepedulian yang sangat tinggi perihal tata cara petik selama panen. kopi Kintami berada pada ketinggian 900 mpdl. Uniknya, pohon kopi Kintami ditanam bersebelahan dengan pohon pohon yang lain sehingga menghasil biji kopi seperti buah jeruk yaitu asam dan segar. Kopi Kintamani disarankan diseduh dengan V60 agar karakter dari kopi Kintamani menjadi lebih dominan.

3. Jenis Jenis Biji Kopi Rekomendasi yang Wajib dicobain Kopi Arabika Toraja, Favorito!

Jenis Jenis Biji Kopi Arabika
Sumber: Pixabay

Negara jepang dan Amerika menjadi tujuan pertama ekspor untuk kopi Toraja, karena sesuai dengan kebiasan orang orang Jepang dan Amerika yaitu tidak menyisakan after taste yang pahit. Kopi toraja sendiri berasal dari dataran tinggi di daerah Sulawesi Selatan yang memiliki ketinggian sekitar 1.700 mdpl yang memiliki potensi yang sangat bagus untuk kopi arabika bertumbuh dengan sangat subur. dapat dikatakan kopi arabika toraja merupakan jenis kopi arabica terbaik di dunia karena tanah Toraja tingkat curah hujan yang sedang-tinggi, sehingga menghasilkan tanaman kopi yang sangat bagus. selain itu, aroma dari kopi arabika toraja memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh biji kopi lainnya.

4. Kopi Arabika Flores

Jenis Jenis Biji Kopi Arabica
Sumber: Pixabay

Flores merupakan salah satu yang terkenal memiliki keindahan alamnya. tetapi tidak hanya keindahan alamnya saja yang terkenal, Flores juga terkenal menghasilkan kopi yang niktmat yaitu Flores Bajawa. Perkebunan kopi arabika Flores Bajawa berada di dataran pada ketinggian 1.000 sampai 1.550 mdpl. Kopi Arabica Flores Bajawa tidak hanya dilirik oleh para pencita kopi di Indonesia saja, tetapi negara-negara seperti di Eropa dan Amerika ikut meliriknya. memiliki cita rasa yang sangat kuat membuat Flores Bajawa sangat dicintai Dunia. Kopi Flores Bajawa memiliki tekstur yang kental dan rasa yang sedikit asam.

5. Kopi Arabica Wamena Papua

Biji Kopi Wamena Papua
Sumber: Pixabay

Papua terkenal dengan kekayaan alam yang sangat banyak, salah satunya yaitu pohon kopi. Kopi Arabica Wamena ditanam pada ketinggial 1.200 sampai 1.600 mdpl. Aroma kopi arabika Wamena Papua bernuasa bunga dan bernuansa coklat sehingga terasa wangi. kopi mengandung kafein yang rendah dan memiliki rasa yang manis. jadi jangan heran jika kopi Arabika Wamena memiliki harga yang relatif lebih mahal dikelasnya.

6. Kopi Arabika Java Ijen

Biji Kopi Java Ijen
Sumber: Pixabay

Kopi Arabica Java merupakan salah satu kopi arabika yang terkenal di Indonesia. Sesuai dengan namanya kopi ini berasal dari pulau Jawa tepat di Gunung Ijen, Daerah Bondowoso jawa Timur. Kopi Arabica Java Ijen cukup langka untuk ditemukan, dikarenakan terbatasnya Petani yang menanam Kopi di Daerah Tersebut. umunya Kopi Arabica java Ijen ditatanam Di ketinggian 1.600 mdpl. Kopi ini meiliki cita rasa yang unik yaitu sensai rasa yang juicy dan memiliki aroma melati yang sangat kuat.

7. Kopi Arabica Malabar

Arabika Malabar
Sumber: Pixabay

Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor biji kopi terbesar di Dunia. Kopi Arabika Malabar terkenal dengan julukunnya yang sangat terkenal yaitu kopi Java Preanger. tidak hanya di Indonesia Istilah kopi Java Preanger juga terkenal di Dunia. Kopi Malabar memiliki aroma yang tajam. kopi arabica Malabar berada di Kota berada di daerah Bandung, Jawa Barat. Kebun Kopi arabika Malabar berada di ketinggian sekitar 1.800 mdpl. Kopi Malabar memiliki cita rasa seperti coklat dengan after taste rasa rempah rempah.

Saat ini, terdapat banyak sekali yang menjual biji biji kopi. Mulai dari Arabika, Robusta, Liberika, dll. Bagi para pecinta kopi khususnya yang ingin membeli biji kopi Arabika Blended, kalian wajib banget nyobain biji kopi dari flash coffe. Dapatkan produknya di outlet flash coffe terdekat.

Related Post: Pecinta Kopi Wajib Baca! Minuman Coffee Latte Lebih Sehat di Pagi Hari

Leave a Comment

Your email address will not be published.