14 Jenis Burung Peliharaan Jinak di Tangan, Ga Pake Kandang!

Jenis Burung Peliharaan

Burung adalah hewan yang digemari banyak orang sejak dahulu. Hingga saat ini, ada banyak sekali jenis burung peliharaan jinak, mulai dari burung dengan ukuran yang kecil, medium, hingga besar.  Alasan yang menjadikan burung peliharaan sangat digemari antara lain yaitu karena memiliki warna yang bagus, suara kicauan yang enak didengar, dan juga memiliki perilaku yang menggemaskan.

Baca juga: Kurang Bahagia? Pelihara Hewan Solusinya!

Kebanyakan orang memelihara burung yaitu dengan menyimpannya didalam kandang. Tetapi, saat ini banyak sekali orang yang ingin memelihara burung peliharaan diluar kandang atau dengan kata lain burung tersebut bisa dipegang ditangan kita dalam keadaan jinak. Ketika burung dalam keadaan jinak, burung tersebut tidak akan terbang atau kabur tiba-tiba meninggalkan pemiliknya, melainkan akan kembali lagi.

Berikut beberapa jenis jenis burung peliharaan jinak ditangan (handtame) dan bisa dipelihara tanpa sangkar/kandang

1. Burung Love Bird

Burung Love Bird
Sumber Gambar: www.boredpanda.com

Burung lovebird yang berasal dari afrika ini termasuk jenis burung yang sangat banyak orang pelihara termasuk di Indonesia. Alasan yang menjadi burung ini sangat digemari adalah karena memiliki warna yang indah. Selain itu burung lovebird ini juga memiliki tingkah laku yang menggemaskan dan juga memiliki suara kicau yang enak didengar.

Banyak pemilik burung lovebird yang memeliharanya di dalam kandang, namun saat ini beberapa penjual sekaligus penghobi menjual jenis burung ini yang telah dilatih jinak atau bisa dipelihara tanpa sangkar/kandang. Burung yang ini juga termasuk burung yang mudah dipelihara dan jinak.

2. Burung Parkit Lokal

Burung Parkit Lokal
Sumber Gambr: https://www.hewanpeliharaan.org/

Jenis burung kedua yang bisa kamu pelihara tanpa kandang yaitu parkit lokal alias asli Indonesia. Sama halnya dengan lovebird, parkit lokal ini memiliki warna dan tingkah laku yang lucu sehingga banyak orang tertarik untuk memilikinya. Saat ini beberapa penjual sekaligus penghobi  mulai memperkenalkan burung ini dalam keadaan jinak atau bisa dipelihara tanpa sangkar/kandang. Harga burung parkit jinak biasanya lebih mahal di banding parkit yang tidak jinak.

3. Burung Parkit Australia (Cockatiel)

 Burung Parkit Australia (Cockatiel)
Sumber Gambar: https://wallpapercave.com/

Jenis burung selanjutnya yaitu burung parkit australia atau burung cockatiel yang memiliki jambul di kepalanya, tentunya hal tersebut membuat burung ini terlihat menggemaskan. Selain itu burung cockatiel atau parkit australia ini memiliki kecerdasan yang tinggi sehingga burung ini mampu berbicara dengan baik.

Burung parkit australia ini juga termasuk jenis burung jinak yang bisa dipelihara tanpa sangkar. Sama seperti parkit lokal, harga burung parkit jinak ini sedikit lebih mahal dibanding dengan burung parkit australia yang tidak jinak.

4. Burung Nuri

Burung Nuri
Sumber Gambar: https://pixabay.com/

Selanjutnya, burung yang berasal dari wilayah Maluku dan Papua yaitu burung nuri. Jenis burung ini memiliki warna yang indah dan bisa kamu pelihara atau dimainkan ditangan tanpa khawatir kabur. Ada beberapa jenis burung nuri seperti burung nuri pelangi, burung nuri kepala hitam, burung nuri merah dan lain lain. Sama seperti burung lovebird, burung nuri ini juga termasuk burung yang mudah dipelihara dan bisa menjadi jinak.

5. Burung Betet

Burung Betet
Sumber Gambar: https://www.zoochat.com/community/

Burung betet ini dapat ditemukan di pegunungan Himalaya, Cina Selatan, Asia Tenggara, hingga Indonesia ini. Saat ini sudah lumayan banyak orang yang memeliharanya. Sama seperti jenis burung lainnya burung betet mudah untuk dijinakan dan juga dikenal sangat baik bersosialisasi dengan manusia.

6. Burung Sun Conure

Burung Sun Conure
Sumber Gambar : https://id.pinterest.com/pin/311241024252220643/

Burung sun conure dikenal memiliki warna yang cerah ini sehingga indah untuk dipandang, juga bisa dilatih menjadi burung yang jinak. Jenis burung ini juga dikenal cerewet dan lumayan berisik sehingga untuk memeliharanya dibutuhkan persetujuan dari orang-orang yang berada disekitar tempat burung ini berada.

7. Burung Indian Ringneck

Burung Indian Ringneck
Sumber Gambar: https://kateparrotsfarm.com/

Sesuai namanya, burung ini berasal dari india. Ciri khas burung ini yaitu pada burung berkelamin jantan memiliki motif seperti kalung pada lehernya tetapi tidak untuk betina. Burung indian ringneck termasuk jenis burung yang memiliki kemampuan berbicara yang baik .

8. Burung Alexandrine Parrot

Burung Alexandrine Parrot
Sumber Gambar: https://www.petspakistan.com/

Burung yang mulai populer dikalangan masyarakat ini terutama penghobi, termasuk burung yang bisa kamu ajak main diluar kandang. Beberapa orang saat ini sudah mulai memperkenalkan jenis burung ini untuk dipelihara. Burung alexandrine parrot adalah burung yang setia dimana hanya memiliki satu pasangan seumur masa hidupnya.

9. Burung Monk Parakeet

Burung Monk Parakeet
Sumber Gambar: https://vcacanada.com/

Sama seperti burung alexandrine, burung yang berasal dari Amerika Selatan ini juga sudah mulai populer. Burung monk parakeet ini juga bisa kamu ajak main diluar kandang atau dipegang ditangan. Sama seperti burung sun conure, monk parakeet memiliki karakter aktif atau selalu ingin tahu. Pakan dari burung ini yaitu biji bijian.

10. Burung Caique

Burung Caique
Sumber Gambar: https://beautyofbirds.com/blackheadedcaiques

Jenis burung ini masih jarang didengar atau diketahui dan dipelihara oleh orang banyak. Namun, saat ini sudah mulai bertambah banyak orang yang memelihara jenis burung yang berasal dari amerika selatan ini. Sayangnya, harga burung caique ini sangatlah mahal bisa mencapai belasan juta hingga puluhan juta rupiah.

11. Burung African Grey

Burung African Grey
Sumber Gambar: https://www.cbc.ca/

Beo afrika atau african grey ini adalah burung yang memiliki tingkat kecerdasan yang paling tinggi diantara jenis burung lainnya. Selain itu, burung african grey ini memiliki kasih sayang dan sensitif terhadap emosi manusia. Kebanyakan burung ini dipelihara tanpa sangkar kandang dan mudah sekali untuk dilatih

12. Burung Blue Fronted Amazon

 Burung Blue Fronted Amazon
Sumber Gambar: https://www.casagreyparrotsfarm.com/

Burung selanjutnya yaitu burung blue fronted amazon. Sama seperti african grey, burung ini termasuk jenis burung yang memiliki kemampuan berbicara yang baik dan juga mudah untuk dilatih. Burung ini juga senang berada didekat pemiliknya.

13. Burung Kaka Tua

burung kaka tua
Sumber Gambar: https://www.aussieparrots.com/

Burung ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Burung ini dikenal memiliki hampir seluruh tubuh berwarna putih. Burung kaka tua juga termasuk burung yang pandai menirukan suara dan mudah berteman dengan manusia.

14. Burung Macaw

Burung Macaw
Sumber Gambar: https://www.eyeem.com/search/pictures/gold%20and%20blue%20macaw

Jenis burung peliharaan jinak di tangan terakhir yaitu burung macaw. Ada berbagai macam jenis burung macaw seperti macaw blue and gold, macaw scarlet, hans macaw, macaw harlequin, dan lain-lain. Burung ini termasuk burung yang memilik warna yang sangat indah. Selain itu burung ini juga termasuk burung yang mudah dijinakan. Burung macaw ini juga memiliki kemampuan berbicara yang baik. Umur burung ini bisa mencapai lebih dari 50 tahun.

Penting untuk diperhatikan!

Sebagai pengadopsi harus memiliki komitmen yang kuat untuk memelihara dan menyayangi hewan tersebut dan juga perlu diperhatikan beberapa burung diatas memiliki suara yang keras sehingga harus dipastikan tidak menganggu sekitarnya seperti tetangga kita.

Baca Juga: Pet Abuse (kekejaman terhadap hewan)

Temukan inspirasi pada artikel lainnya disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *