Investasi dalam Jam Tangan Rolex di Indonesia, Worth it ?

Sumber: Rolex Submariner Starbucks

Jam Rolex di Indonesia sudah terkenal dari berpuluh puluh tahun yang lalu, namun fenomena kolektor mengoleksi jam Rolex di Indonesia untuk berinvestasi baru terjadi belakangan ini. Hal ini disebabkan oleh adanya inflasi harga dan Rolex sendiri sangat susah didapat karena ketersediaan barang. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang memanfaatkan momen untuk membeli Rolex kemudian disimpan hingga harganya naik dikemudian hari.

Apa sih yang membuat Rolex spesial dimata para kolektor?

Pada dasarnya, memiliki jam Rolex di Indonesia mensimbolkan keberhasilan seseorang dalam status maupun finansial. Sebagai tambahan, ada beberapa faktor juga kenapa Rolex sangat diminati para kolektor, sebagai contoh dibawah ini:

  1. Rolex sendiri memiliki kualitas yang sangat luar biasa. Rolex sendiri dirancang untuk bisa bertahan lama dengan mempertahankan keakuratan movement mesin.
  2. Selain dari pada kedurabilitasan pada produk Rolex, Rolex sendiri memiliki desain yang sangat mudah dikenali tanpa menghilangkan keeleganan pada Rolex itu sendiri. Seperti contohnya pada Rolex Submariner, Daytona maupun Datejust.
  3. Rolex sendiri dikenal dari dulu memiliki nilai investasi yang sangat tinggi pada beberapa lini produknya. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan produksi seperti contohnya Rolex Submariner Starbucks dan Hulk, dan juga GMT seri Batman maupun Pepsi.

Rolex sebagai warisan di Indonesia

Rolex sendiri juga sangat dikenal sebagai jam yang sangat sering dijadikan sebagai warisan turun menurun dikebanyakan para kolektor dan pengusaha sukses di Indonesia. Seperti yang sudah disebutkan diatas, ini disebabkan oleh kedurabilitasan Rolex itu sendiri dan nilai jual yang akan naik seiring waktu. Sebagai contohnya, ada beberapa pengusaha yang membeli Rolex di tahun 1980 an seharga 500 ribuan pada masa itu, sekarang harga jual nya disekitar 300 juta lebih. Padahal, harga 500ribuan pada masa itu jika dihitung ke saat ini, masih lebih murah dengan nilai harga jual saat ini.

Apakah Rolex worth it untuk investasi?

Sumber: INTime Watch – Official Rolex Retailer di Indonesia

Sampai sekarang ini, banyak orang beranggapan bahwa investasi pada jam tangan terutama pada Rolex adalah hal yang tepat. Namun sebenarnya, investasi pada jam luxury tidak sepenuhnya sangat menguntungkan karena harga pasar jam Rolex juga tidak selalu naik. Sebagai contohnya beberapa waktu belakangan banyak nilai harga jual dari seri GMT dan Submariner mengalami penurunan market value.

Sebagai akhir kata, berdasarkan tren bisa dibilang berinvestasi pada Rolex juga tidak bisa dibilang sepenuhnya hal yang baik untuk dilakukan. Perlu diingat, setiap hal yang kita lakukan pasti punya resiko masing masing. Melakukan riset pasar dan tren sangat diperlukan jika ingin berinvestasi pada luxury watch seperti Rolex. Jika tujuan membeli jam Rolex hanya untuk dipakai sehari hari, maka tidak ada salahnya untuk membeli Rolex di Indonesia.

Artikel terkait mengenai investasi: Investasi untuk pemula

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *