fbpx

Inilah Makanan Yang Membuat Tinggi Badan Meningkat

Pada umumnya tinggi badan seseorang ditentukan oleh genetika dari orang tua atau keluarga. Namun, peningkatan tinggi badan dapat dibantu oleh nutrisi dari makanan. Makanan dapat berperan penting dalam pertumbuhan tinggi badan pada anak dan remaja. Peningkatan tinggi badan terjadi pada usia anak dan remaja, namun tinggi badan akan berhenti meningkat setelah seseorang berumur 17.

Bahkan seiring bertambahnya usia, dapat terjadinya penurunan tinggi badan. Penurunan tinggi badan dapat disebbkan oleh masalah kesehatan, seperti osteoporosis, sarcopenia, penipisan telang, dan sebagainya. Hal tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang membuat tinggi badan meningkat

Berikut adalah makanan yang membuat tinggi badan meningkat dan mempertahankan tinggi badan:

Daging Ayam

makanan yang membuat tinggi

Daging Ayam merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein. Selain membentuk otot, protein juga dapat meningkatkan mineralisasi tulang yang mampu mencegah patah tulang. Selain protein, daging ayam juga mengandung vitamin B12 dan asam amino yang mengantur pembentukan dan pertumbuhan tulang.

Susu

minuman yang membuat tinggi badan meningkat

Susu merupakan minuman yang membuat tinggi badan meningkat. Kebutuhan kalsium dapat dipenuhi dengan meminum susu. Kalsium berguna untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Selain itu, susu juga mengandung protein, magnesium, fosfor, vitamin D, dan vitamin B12. Semua nutrisi tersebut berperan penting untuk pertumbuhan tinggi badan.

Telur

makanan penambah tinggi badan

Telur juga salah satu makanan yang bergizi untuk tubuh manusia. Satu butir telur mengandung 6,3 gram protein. Selain itu, telur juga mengandung vitamin dan mineral untuk pertumbuhan, salah satunya adalah vitamin D yang berfungsi untuk menyerap kalsium yang berguna untuk menjaga kessehatan tulang. Menurut para ahli, memakan tiga butir telur masih aman dan sehat untuk tubuh manusia.

Ubi Jalar

Makanan peninggi badan

Ubi dikenal sebagai sumber karbohidrat, akan tetapi ubi jalar kaya akan vitamin A yang berguna untuk membantu pertumbuhan atau mempertahankan tinggi badan. Vitamin A ini diperolah dari kandungan karotenoid dalam ubi jalar yang kemudian dicerna oleh sistem pencernaan.

Selain vtamin A, ubi jalar juga mengandung sear larut dan tidak larut yang mampu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Buah Beri

Buah beri merupakan buah yang membuat tinggi badan meningkat contoh- contoh buatbery adalah strawberry, raspberry, dan blackberry. Buah-buah ini kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan sintesis kolagen yang tekandung banyak dalam tubuh manusia. Kolagen ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang. Selain vitamin C, banyak vitamin dan mineral lain yang terkandung dalam buah beri, yaitu vitamin K, mangan, dan serat.

Almond

Makanan untuk menambah tinggi badan selanjutnya adalah kacang almond. Kacang almond mengandung banyak vitamin dan mineral seperti serat, mangan, dan magnesium yang baik untuk pertumbuhan tinggi badan. Terdapat penelitian, dimana sejumlah orang mengkonsumsi almond dan hasilnya terjadi penghambatan pembentukan osteklas, yang merupakan jenis sel memecah jaringan tulang. Jadi, almond juga membantu menjaga kesehatan tulang.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kangkung merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi. Pada sayuran hijai terkandung sejumlah vitamin dan mineral, seperti vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, dan potasium. Vitamin K mampu membantu peningkatan pertumbuhan dan kepadatan tulang, serta membantu menjaga tinggi badan. Sayuran hijau juga mampu menurunkan resiko penurunan massa tulang.

Memenuhi nutrisi dan gizi untuk kesehatan manusia sangatlah penting. Selain meningkatkan kesehatan, terdapat beberapa makanan juga yang dapat meningkatkan tinggi badan. Peningkatan tinggi badan juga dapat dibantu dengan beberapa cara aktivitas sehari-hari, seperti olahraga, menjaga postur badan, dan istirahat yang cukup. Makanan-makanan tersebut juga rendah kalori sangat baik untuk kesehatan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *