fbpx

IKAN TONGKOL DAN POTENSINYA SEBAGAI PELUANG BISNIS

Ditulis Oleh: Naufal Ausyafi Akbar (1281048)

Indonesia dikenal sebagai negara dengan potensi sumber daya alam yang sangat banyak, khususnya di bidang kemaritiman. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia terdiri dari 17.499 pulau dengan panjang garis pantai 81.000 km dan luas perairannya terdiri dari laut teritorial, perairan kepulauan dan perairan pedalaman seluas 2,7 juta km atau 70% dari luas wilayah NKRI.

Indonesia juga memiliki Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) seluas 3,1 km2 yang menambah luas wilayah laut Indonesia menjadi 5,8 juta km2. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang bersifat maritim.

Dasar laut Indonesia sangat kompleks dan tidak ada negara lain yang mempunyai topografi dasar laut begitu beragam seperti Indonesia.   Hampir segala bentuk topografi dasar laut dapat dijumpai, seperti paparan dangkal, terumbu karang, lereng curam maupun landai, gunung api bawah laut, palung laut dalam, basin atau pasu yang terkurung dan lain sebagainya.

Karakteristik ini menjadikan Lautan Indonesia merupakan wilayah Marine Mega – Biodiversity terbesar di dunia, memiliki 8.500 species ikan, 555 species rumput laut dan 950 species biota terumbu karang.

Ikan Tongkol

Salah satu dari keberagaman hayati ini adalah Ikan tongkol (Euthynnus affinis). Ikan tongkol (Euthynnus affinis) memiliki kelebihan yaitu kandungan protein yang tinggi serta kaya akan asam lemak omega 3 (Nuraini, 2013). Setiap 100 gram mempunyai komposisi kimia yang tediri dari air 69,40%, lemak 1,50%, protein 25,00% dan karbohidrat 0,03% menjadikan ikan air laut ini memiliki nilai ekonomis tinggi dengan harga yang relative murah per kg .

Daftar Harga Ikan Tongkol per kg

Selain memiliki nilai ekonomis yang tinggi ikan tongkol juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Memenuhi kebutuhan protein
  2. Membantu menurunkan berat badan
  3. Menjaga kadar elektrolit tubuh
  4. Meningkatkan kesehatan kelenjar tiroid
  5. Membantu meningkatkan fungsi otak
  6. Kaya antioksidan
  7. Mengurangi peradangan

Dari manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas membuat ikan tongkol dapat memiliki potensi untuk menjadi peluang bisnis bagi masyarakat. Dimana selain harganya yang relatif murah ikan tongkol juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalagh dengan membuat inovasi dibidang kuliner. Dimana masyarakat di masa sekarang sudah cukup bosan dengan kuliner-kuliner yang ada dan membutuhkan inovasi-inovasi makanan baru setiap harinya,

Sumber :

  • Sanger, G. 2010. Oksidasi Lemak Ikan Tongkol Asap yang Direndam dalam Larutan

Ekstrak Daun Sirih. Fakultas Perikanan dan llmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi. Manado

  •  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *