fbpx

Contoh Program Kerja Sederhana Yang Dapat Dicoba Dalam Perkerjaan

Dalam dunia kerja setiap orang akan mengalami malalah dalam perkerjaan. oleh karena itu seorang pekerja harus dapat melakukan rencana dalam setiap kegiatan pekerjaannya. SMART Goals adalah salah satu Contoh program kerja sederhana ini dapat dicoba diterapkan dalam membuat perencanaan pekerjaan.

SMART Goal merupakan acuan kerja untuk menetapkan tujuan dalam suatu perkejaan atau dapat diartikan sebagai panduan yang akan mempermudah pekerja dalam mencapai tujuan, target dan impian yang diharapkan. Metode SMART menyatukan beberapa aspek penting dalam mencapai sebuah tujuan yaitu harus spesifik, terukur (measurable), achievable (bisa dicapai), relevan, dan time based (ada batas waktu). Mengimplikasikan SMART dengan mengunakan aspek di atas, pekerja lebih berpeluang dalam mencapai targetnya dari pada yang tidak membuat metode tersebut. Dapat menjadi Contoh program kerja sederhana

Aspek Dalam SMART

Pada dasarnya metode SMART dapat digolongkan menjadi 5 aspek yaitu:

  • Specific artinya tujuan direncanakan dengan jelas.
  • Measurable alias terukur dan harus ada acuan untuk melihat progres atau kemajuan target. 
  • Achievable membuat target yang bisa tercapai sesuai dengan kemampuan diri. 
  • Relevan: apakah target sudah sesuai dengan tujuan yang anda harapkan? 
  • Time base meyakinkan batas waktu, kapan Anda harus mencapai tersebut 3 bulan atau 9 bulan? 

Contoh program kerja sederhana SMART

Metode SMART Goals pertama kali digunakan George T Doran pada Tahun 1918 dan sudah diterapkan lebih dari banyak orang untuk membantu mewujudkan tujuan mereka. Fungsi lain dari SMART dapat untuk kebutuhan personal seperti perkejaan dan pendidikan. Konsep SMART juga berguna untuk pengembangan bisnis dan tim dalam sebuah kegiatan proyek. Penggunakan perencanan mempunyai sejumlah manfaat sebagai berikut: 

1. Contoh program kerja sederhana Perencanaan lebih jelas dan terukur

memberikan petunjuk untuk penguna dapat tetap berada dialur dan lebih fokus pada tujuan agar menghasilkan target yang Anda inginkan. Ketika Anda tidak fokus dengan tujuan yang jelas maka apa yang ingin dicapai, Oleh anda akan cenderung kesulitan untuk memulai dari mana serta untuk menentukan langkah selanjutnya, sehingga menghabiskan waktu Anda. 

Selama adanya perencanaan menggunakan SMART ini, tujuan jadi lebih akurat, bisa diukur, dan Anda pun dapat memaksimalkan sumber daya serta waktu untuk mencapai target. 

2. Mencapai Target Dengan Waktu Tepat  

Deadline membuat anda makin terasa tertantang agar dapat melakukan segala cara dan tetap fokus, agar target berhasil dicapai tepat waktu.

Tujuan ataupun Target semakin sulit dan lama tercapai kalau Anda tidak memiliki batas waktu yang pasti. sehingga anda akan termotivasi

Deadline memiliki sisi positif yaitu Anda dapat tersadar oleh kesenangan semata dan perlu anda ketahui bahwa menunda satu langkah saja bisa berpengaruh pada target. 

3. Membuat Anda Semangat Untuk Mencapai Target

Target yang tercapai tidak dimungkiri mampu membuat semangat seseorang agar bekerja lebih giat. Contohnya ketika seseorang mendapatkan kenaikan jabatan dari sebuat perusahaan. 

Jika ingin mendapatkan kenaikan jabatan itu, maka anda perlu berusaha mencari tahu bagaimana cara untuk mencapai target dan berapa lama waktu yang diperlukan. 

Walaupun dalam pencapaian target ada hal – hal yang mengalang, tetapi Anda tetap harus termotivasi karena target sudah jelas, terukur, dan memang bisa dicapai. Merupakan bagian contoh program kerja sederhana

4. Menganalisis Dan Melakukan Perubahan

Adanya acuan sangat berguna untuk menganalisi tujuan dan progres yang sudah dibuat dan Anda lakukan. Apakah langkah untuk mengcapai target tersebut sudah sesuai atau perlu diperbaikin lagi. 

Contoh Program Kerja Sederhana SMART Goals Untuk Karir

5 langkah SMART dalam menetapkan target untuk menjadi SEO specialist.

  • Spesifik : Saya ingin expert menjadi seorang SEO Specialist. 
  • Measurable : saya perlu belajar membuat portofolio dengan 2 projet SEO. 
  • Achievable : Saya harus belajar selama 3 bulan di Purwadika untuk mendapatkan pengalaman yang setara bekerja 1-2 tahun.
  • Relevan : Pekerjaan yang saya ingin pilih harus sesuai dengan ilmu yang saya dapatkan . 
  • Time based : Saya ingin diterima ke perusahaan dalam waktu 6 bulan setelah lulus. 

SMART Goal merupakan strategi untuk memudahkan Anda selangkah lebih dekat dengan impian dalam mewujudkan rencana karier. 

Baca Juga: Ternyata Ini Alat Mencukur Bulu Kemaluan Yang Baik Dan Benar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *