fbpx

Catat Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview!

kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

Salah satu pertanyaan sederhana yang paling sering ditanyakan dalam wawancara kerja adalah “Apa kelebihan dan kekurangan Anda?”. Pertanyaan tersebut terkesan sepele namun cukup sulit untuk dijawab dan tak jarang membuat kita grogi. Dalam memberikan jawaban kelebihan dan kekurangan saat interview kita perlu berhati-hati agar tidak terkesan sombong atau dinilai tidak profesional. 

Agar tidak grogi, kita harus bisa meyakinkan diri dengan mempersiapkan jawaban atas pertanyaan tersebut. Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membuat jawaban adalah dengan mengenali diri sendiri atau meminta pendapat orang lain. Apabila masih bingung, berikut contoh jawaban kelebihan dan kekurangan saat interview yang dapat kamu jadikan referensi saat interview kerja!

Contoh Jawaban Kelebihan Diri Saat Interview

Saat menceritakan kelebihan diri saat interview, kita perlu menyesuaikan jawaban dengan peran yang kita lamar. Penyesuaian tersebut dilakukan agar jawaban mengenai kelebihan kita relevan dan bermanfaat dalam penyelesaian suatu masalah pekerjaan. Perlu diperhatikan, kita harus berhati-hati dalam menceritakan kelebihan diri agar tidak terlalu hiperbola dan memberi kesan sombong. Berikut contoh kelebihan diri yang dapat dijadikan referensi jawaban dan disesuaikan dengan kelebihan diri kamu. Jangan lupa untuk memberikan contoh pengalaman yang dapat memperkuat jawaban kamu!

1. Memiliki komitmen penuh terhadap pekerjaan

Perusahaan tentu akan menyukai calon pegawai yang berkomitmen tinggi. Tetapi kita perlu menghindari jawaban yang terlalu berlebihan dan tidak sesuai dengan kemampuan kita. Dalam menceritakan kelebihan ini, ceritakan bahwa kamu dapat menjadi orang yang bisa diandalkan. Selain itu sebutkan bahwa kamu bertanggung jawab atas seluruh pekerjaan yang telah diberikan.

2. Kemampuan interpersonal yang baik

Kelebihan ini dapat digunakan untuk melakukan negosiasi dengan klien sehingga disukai oleh perusahaan. Negosiasi disini bukan hanya melakukan tawar menawar tetapi juga bisa digunakan untuk mencari jalan tengah dalam sebuah keputusan. 

3. Berkemampuan dalam berpikir kreatif

Jawaban kelebihan ini sangat dibutuhkan pada industri kreatif seperti content creator atau graphic designer. Apabila kamu melamar pekerjaan dengan posisi yang serupa, skill ini wajib kamu miliki. Dalam menceritakan kelebihan berpikir kreatif, jangan lupa untuk memberikan contoh karya atau portofolio dari hasil pemikiran kreatif kamu.

4. Memiliki inisiatif yang tinggi

Inisiatif merupakan tindakan melakukan sesuatu tanpa harus disuruh terlebih dahulu. Kemampuan ini penting untuk dimiliki dan disukai oleh perusahaan. Dalam menceritakan kelebihan ini, kamu perlu menyampaikan bahwa kamu sadar dan paham bagaimana cara menyelesaikan suatu pekerjaan dan mau bertanya apabila mengalami kesulitan.

5. Percaya diri

Memiliki kepercayaan diri dapat dibuktikan dengan gestur tubuh dan cara berbicara. Sehingga, hal-hal tersebut perlu kamu perhatikan agar dapat meyakinkan perekrut bahwa kamu percaya diri. Berikan gestur yang memberikan kesan bahwa kamu percaya diri seperti dengan membuka telapak tangan dan menatap perekrut dengan yakin dan tidak berlebihan.

6. Mampu bekerja dalam tim

Kemampuan bekerja dalam tim diantaranya meliputi kemampuan berkolaborasi dalam tim. Dengan kelebihan ini, kamu dapat menunjukkan bahwa kamu adaptif, memiliki interpersonal skill yang baik dan merupakan orang yang fleksibel.

7. Ingin mempelajari hal-hal baru

Kemampuan ini berarti kamu mampu dan mau terus mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan pekerjaan. Biasanya hal ini berkaitan dengan perubahan teknologi dan tren. Kamu dapat mengatakan bahwa kamu memiliki rasa penasaran yang tinggi dan memiliki keinginan untuk terus belajar.

8. Komunikatif

Kemampuan komunikatif meliputi kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik antar rekan kerja sehingga pekerjaan dapat terlaksana dengan baik. Kemampuan ini merupakan salah satu aspek penting dalam pekerjaan dan merupakan kunci dalam bekerja dengan orang lain. Salah satu contoh kemampuan komunikatif adalah mampu menyampaikan dan menerima informasi dengan baik.

9. Teliti dan memperhatikan detail

Dengan ketelitian dan kemampuan dalam memperhatikan detail, kamu dapat mengurangi resiko kesalahan dalam pekerjaan. Hal ini tentu memikat perhatian dari perekrut. Biasanya perekrut akan melakukan tes kemampuan yang berkaitan dengan ketelitian untuk membuktikan bahwa kamu memiliki kelebihan ini. Apabila kamu memiliki pengalaman yang dapat mendukung kelebihan ini, jangan lupa untuk menjelaskan hasil dari pengalaman tersebut.

10. Adaptif

Kemampuan beradaptasi berkaitan dengan perubahan dalam perusahaan atau bidang pekerjaan yang bisa terjadi kapan saja. Dengan kemampuan ini kamu dapat lebih cepat bekerja secara efektif saat terjadi perubahan. 

Contoh Jawaban Kekurangan Diri Saat Interview

Dalam menceritakan kekurangan diri, kamu perlu memberikan kelemahan diri yang positif dan terdapat solusinya.  Kita perlu bersikap jujur, terbuka dan solutif dalam menjawab pertanyaan ini. Pastikan kamu memberikan solusi dan memberikan sikap inisiatif untuk memperbaiki kekurangan tersebut. Berikut contoh kekurangan diri yang dapat kamu jadikan referensi dan dapat disesuaikan dengan diri kamu.

1. Kurang mahir berbahasa asing

Bahasa asing yang biasa dijadikan requirement dalam dunia kerja diantaranya adalah bahasa Inggris dan Mandarin. Apabila kamu belum memiliki kemampuan dalam berbahasa mandarin tetapi mampu berbahasa Inggris maka kamu perlu menyampaikan bahwa kamu berkemampuan dalam berbahasa Inggris dan belum terlalu mahir dalam berbahasa Mandarin. Kemudian sampaikan bahwa kamu tengah belajar mengembangkan kemampuan berbahasa Mandarin misalnya dengan mengikuti kursus.

2. Kurang terorganisir

Kelemahan ini dapat menyebabkan kesalahan-kesalahan dalam pekerjaan seperti melewatkan pekerjaan tertentu. Apabila kamu memiliki kelemahan ini, kamu perlu menyampaikan bahwa untuk mengatasi hal tersebut kamu menggunakan tools seperti task management atau to-do-list untuk membantu mengorganisir pekerjaan dan meminimalisir kesalahan.

3. Minim pengalaman kerja

Apabila kamu merupakan fresh graduate, mungkin ini salah satu kelemahan, mu. Kamu dapat menyampaikan bahwa kamu memiliki pengalaman yang minim tetapi pernah mengikuti program internship, bootcamp atau pengalaman organisasi yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Hal ini menandakan bahwa kamu memiliki pengalaman dan berkeinginan untuk mengembangkannya.

4. Perfeksionis

Sifat perfeksionis seringkali menjadi hambatan dalam menyelesaikan pekerjaan secara cepat. Sehingga, kamu perlu menyampaikan bahwa kamu menyadari kekurangan tersebut dan dapat memperbaikinya secara perlahan. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan menanamkan mindset bahwa tidak ada pekerjaan yang sempurna.

5. Mudah kecewa pada diri sendiri

Salah satu contoh kelemahan diri yang positif adalah kekecewaan terhadap kegagalan dalam pencapaian target perusahaan. Kamu perlu menyatakan bahwa kekurangan ini berkaitan dengan kinerja. Pastikan kamu menyebutkan bahwa kekecewaan tersebut merupakan pemicu untuk bekerja lebih baik dan tidak akan kecewa terlalu lama.

6. Belum menguasai software tertentu

Seringkali perangkat lunak atau software yang digunakan dalam pekerjaan cepat mengalami perubahan atau software yang digunakan berbeda-beda pada tiap perusahaan. Apabila kamu belum menguasai software yang berkaitan dengan pekerjaan kamu, kamu perlu menyampaikan dengan jujur dan katakan bahwa kamu akan mempelajari software tersebut.

7. Tidak sabaran

Apabila kamu merupakan pribadi yang kurang sabar, kamu dapat menyampaikan bahwa kamu ingin menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Tetapi, kamu juga perlu menyampaikan bahwa sifat ini tidak membuat kamu bekerja dengan asal-asalan. Tekankan bahwa kamu tetap memperhatikan kualitas pekerjaan dan mengoreksi ulang pekerjaan kamu.

8. Kesulitan dalam menyeimbangkan work-life balance

Pekerja tentu tetap membutuhkan istirahat dan hiburan agar tidak terus-menerus kehabisan energi dalam bekerja. Sampaikan bahwa kamu terus berusaha untuk menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaanmu. Jangan lupa untuk menceritakan contoh usaha yang telah kamu lakukan.

9. Kurang percaya diri

Kondisi kurang percaya diri adalah ketika kamu menganggap orang lain lebih baik dari kamu. Apabila hal ini merupakan kelemahan diri kamu, kamu perlu menyampaikan bahwa kamu berusaha meningkatkan kepercayaan diri dengan berlatih berbicara di depan cermin atau terus berusaha berkomunikasi dengan orang lain misalnya melalui komunitas.

10. Sulit mendelegasikan pekerjaan

Kelemahan ini berkaitan dengan sifat individualis sehingga kamu sulit untuk mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain. Hal ini dapat diatasi dengan berusaha memberikan kepercayaan kepada orang lain untuk melakukan pekerjaan yang biasa kamu kerjakan sendiri.

Jawaban kelebihan dan kekurangan saat interview tersebut bisa kamu jadikan referensi dalam menjawab pertanyaan. Jangan lupa untuk memastikan bahwa jawaban telah kamu sesuaikan dengan kelebihan dan kekurangan diri kamu yang sebenarnya. Selain itu, pastikan untuk memberikan contoh pendukung atas jawaban kamu untuk menyakinkan perekrut, ya! Jawaban pendukung bersifat personal dan berdasarkan pengalaman diri kamu.

Apabila interview dilakukan dengan bahasa inggris tidak perlu panik, kamu bisa menerjemahkan jawaban-jawaban tersebut ke dalam Bahasa Inggris. Semoga contoh jawaban di atas membantu kamu dalam menyiapkan jawaban interview. Good luck!

Baca Juga:

8 Tips Interview Kerja (Bonus Pertanyaan dan Jawaban saat Interview) UPDATE 2022

Jamin Lolos Seleksi! 7 Pertanyaan Saat Interview Kerja dan Jawabannya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *