Cara Transfer Uang Lewat Indomaret, yang Gapunya ATM Gaperlu Bingung!

animasi indomaret
Indomaret

Kamu ingin transfer uang tapi tidak punya rekening bank? Tidak perlu khawatir. Sekarang Indomaret bisa bantu kamu mengirim uang ke siapa pun tanpa harus memiliki rekening bank. Cara transfer uang lewat Indomaret sangat mudah, ada banyak gerai yang bisa kamu kunjungi di berbagai kota. Cukup bawa KTP dan sejumlah uang yang ingin kamu kirimkan saja sudah cukup. Proses pengirimannya tidak akan lama, bisa 1×24 jam langsung masuk orang yang kamu tuju.

Jika dilihat dari segi manfaat dan efisiensi waktu, transfer uang melalui mobile banking atau internet merupakan pilihan yang tepat. Namun tidak semua orang bisa menggunakan jenis transaksi ini. Terutama bagi mereka yang tidak memiliki ATM, dan tinggal di pedesaan dengan akses internet yang tidak mendukung. Hal ini juga menarik perhatian beberapa pelaku bisnis seperti Indomaret, selain menyediakan kebutuhan sehari-hari, minimarket ini juga melayani transfer uang, nih beberapa langkah-langkah yang harus diikuti yuk simak!

1. Siapkan Data yang Valid dan Syarat Lainnya

ktp untuk validasi transfer uang lewat indomaret
KTP

Yang pertama sebelum transfer uang lewat Indomaret ada baiknya kamu menyiapkan kartu identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM) asli dan yang telah diduplikat atau fotocopy dan nomor telpon tujuan pengiriman. Hal ini dilakukan agar informasi pengirim uang dipastikan valid.

Siapkan semua syarat ini sebelum kamu berangkat ke Indomaret yang akan kamu gunakan sebagai tempat pengiriman uang. Pastikan semua lengkap agar tidak bingung saat di kasir.

2. Isi Semua Formulir Yang Diberikan Oleh Kasir Agar Bisa Melakukan Transfer Uang

formulir
Formulir

Setelah memberikan identitas diri, kamu akan diberikan formulir transfer uang lewat Indomaret. Pastikan untuk mengisi secara jelas dan terperinci agar uang yang kamu kirimkan bisa sampai ke rekening penerima.

3. Pastikan Kamu Membawa Uang Sesuai Nominal Yang Akan Kamu Transfer

nominal uang untuk transfer uang lewat indomaret
Uang

Langkah selanjutnya dari cara transfer uang lewat Indomaret adalah bawa uang sesuai nominal yang ingin kamu kirimkan. Setelah dipastikan jumlahnya, berikan uang tersebut kepada kasir agak dilakukan pengecekan ulang. Menariknya, transfer uang ini bisa menggunakan pecahan uang berapapun. Mulai dari pecahan koin hingga lembaran Rp100.000. Namun, transfer uang dibatasi mulai minimal Rp10.000 hingga Rp5.000.000 saja. Jika kamu ingin mengirimkan uang lebih dari nominal tersebut, mau tidak mau kamu harus mengirimkannya melalui ATM, Internet Banking, Mobile Banking ataupun Teller Bank.

4. Jangan Lupa Meminta Kode MTCN dari Alfamart atau Indomaret

kasir memberikan struk
Kasir

Kode MTCN atau Money Transfer Control Number merupakan kode penerimaan uang yang diberikan ke kamu setelah transaksi. Kode ini berfungsi agar penerima bisa mencairkan uang yang kamu kirimkan. Pastikan kamu menerima kode MTCN setelah transfer uang lewat Indomaret. Dan jangan lupa untuk menyimpan kode ini baik-baik dan berikan ke penerima.

5. Berikan Kode MTCN Ke Penerima Uang

Langkah terakhir cara transfer uang lewat Alfamart atau Indomaret adalah berikan kode MTCN atau Money Transfer Control Number ke penerima uang. Uang yang kamu kirimkan bisa diambil oleh penerima di cabang Alfamart manapun di Indonesia. Nah, jika kode MTCN atau Money Transfer Control Number hilang, kamu bisa menghubungi rekan kerjasama Alfamart atau Indomaret. Atau bisa juga menghubungi customer service kedua minimarket tersebut. itu dia cara transfer uang lewat indomaret, mudah bukan? selamat mencoba!

Baca juga artikel lain Cara topup FF di Indomaret

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *