fbpx

Beli Mobil Baru Ternyata Lebih Baik! Ini Alasannya!

Gambar mobil yang terbelah dua, Sebelah kanan mobil baru, sebelah kiri mobil bekas
Beli mobil baru atau beli mobil bekas?

Sudah punya uangnya tapi bingung, beli mobil baru atau beli mobil bekas?

Sejak kecil kamu memiliki impian untuk memiliki mobil, untuk mencapai impian tersebut, kamu selalu rajin menabung. Setiap malam di tidurmu, kamu selalu bermimpi mengenai mobil impianmu.

Saat bekerja di kantor pun, kamu selalu terbayang-bayang dan bertanya pada dirimu sendiri: Kapan aku punya mobil impianku?

Gambar seorang pria yang sedang bergembira bersama mobil berwarna hitam
Sebentar lagi kamu memiliki mobil impianmu

Akhirnya penantian panjangmu tiba. Mobil yang kamu impikan sebentar lagi kamu miliki. Tabungan yang kamu miliki sudah mencukupi untuk membeli mobil impianmu. Kamu berkata pada dirimu sendiri: Mobilku, aku datang sayang!

Namun, kamu menemukan bahwa banyak sekali pertimbangan yang harus kamu pikirkan sebelum membeli mobil impianmu: biaya sekolah anak, biaya asuransi, kredit rumah, dan sebagainya.

Kamu tidak patah semangat! Kamu tetap teguh dengan tujuanmu: Mobilku ini akan membantu kehidupanku dan keluargaku!

Akhirnya, sampailah pada dua pilihan terakhir: Pilih mobil baru atau mobil bekas. Kamu melakukan riset yang sangat mendalam tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing opsi.

Sampai akhirnya kamu menemukan artikel ini…

Kamu berpikir: Luar biasa! artikel ini sangat memberi jawaban terhadap kebingungan saya selama ini!

Kamu baca artikel ini dengan seksama, dengan semangat menggelora untuk menjawab kegalauanmu.

Sampai akhirnya, kamu jatuh pada kesimpulan bahwa: TERNYATA BELI MOBIL BARU LEBIH BAIK LOH!

Inilah alasan beli mobil baru lebih baik!

1. Fitur lebih terkini dibanding mobil bekas

Gambar interior dari mobil masa depan oleh Daihatsu
Mobil masa depan Daihatsu, desainnya futuristik dan dilengkapi dengan fitur mutakhir

Sudah pasti bahwa mobil baru dilengkapi dengan fitur yang lebih terkini. Kalau kamu memilih mobil bekas, kamu harus ikhlas dengan fitur yang ketinggalan zaman.

Tidak bisa dipungkiri fitur-fitur modern di mobil zaman sekarang sangat membantu pengalaman dan keamanan berkendara kamu: Kamera belakang, Airbag, sensor pindah lajur, Entertainment system yang dapat tersambung dengan HP, sistem anti maling, merupakan fitur yang standar sudah mainstream di mobil keluaran terbaru, bahkan di mobil kelas menengah seperti Daihatsu Sirion dan Daihatsu Xenia

Mungkin anda cukup puas dengan mobil yang berfungsi, dan berjalan dengan baik tanpa fitur-fitur di atas. Tetapi, secara nilai keseluruhan, dalam hal ini mobil baru lebih memiliki nilai kepuasan yang lebih baik dibanding mobil bekas.

2. Tidak perlu pusing dengan kondisi mesin mobil

Gambar seorang montir sedang memeriksa kondisi mesin kendaraan
Penting untuk mengecek kondisi mesin mobil bekas yang baru anda beli

Satu hal yang harus anda pikirkan saat membeli mobil bekas yaitu memeriksa kondisi mesin mobilnya. Hal tersebut menjadi beban pikiran yang sebenarnya merugikan kamu. Kamu udah pusing sama masalah kerjaan dan hidup, harus dipusingin dengan ngecek kondisi mesin mobil bekas yang kamu mau beli.

Kamu juga harus waspada terhadap modus penipuan jual beli mobil bekas. Ini jelas sangat menguras pikiran anda!

Kalau beli mobil baru, kamu tinggal: Bayar, tunggu dikirim, lalu tunggu masalah administrasi selesai. Setelah itu kamu sudah bisa kendarakan mobil barumu.

3. Banyak promo dari dealer

Setiap dealer berlomba-lomba untuk menjual mobil baru. Maka dari itu kamu pasti sering lihat banyak promo yang ditawarkan kepada calon pembeli seperti: Cashback, DP murah, kredit dengan suku bunga rendah, dan diskon besar-besaran.

Bahkan promo beli 1 gratis 1…. (hanya bercanda)

4. Garansi ekstra lengkap

Pembelian mobil baru sudah jelas disertai dengan garansi yang lengkap dari produsen mobil.

Garansi mesin merupakan jaminan dari produsen untuk perbaikan kerusakan mesin diluar dari pemakaian, seperti apa contohnya?

Misalnya ada bagian dari mesin mobil baru kamu yang rusak akibat cacat pabrik (bukan karena pemakaian sehari-hari) seperti tangki oli yang rembes. Pihak produsen akan mengganti semua komponen secara GRATIS!

5. Servis mobil gratis

Beli mobil baru, kamu akan mendapatkan pelayanan free servis berkala gratis, ada juga yang namanya free jasa servis, dan free komponen. Ada beberapa produsen mobil yang memberikan ketiga pelayanan di atas, ada juga yang hanya memberikan 1 atau 2 pelayanan. Jelas pelayanan tersebut merupakan faktor yang membuat memilih mobil baru lebih baik daripada mobil bekas.

6. Usia mobil baru lebih panjang

Gambar mobil sedang dirakit oleh dua orang teknisi
Mobil baru sedang dirakit

Ketika kamu membeli produk yang ibarat kata fresh from the oven, atau masih hangat-hangatnya nih, jelas produk tersebut akan berusia lebih panjang dibanding produk yang sudah dipakai.

Membeli mobil bekas memiliki resikonya tersendiri, yaitu pemakaian dari si pemiliki lama. Kamu gak tahu bagaimana si pemilik lama memakai mobilnya, dan bagaimana mereka merawatnya. Hal ini harus ditanyakan dengan detil kepada si penjual.

Jangan lupakan juga cara kamu memakai dan merawat mobil baru kamu mempengaruhi usia mobil.

7. Harga dan kepuasan yang didapat lebih worth it

Uang yang kamu keluarkan akan terasa lebih sepadan dengan segala promo, fitur, dan kepuasan yang kamu dapatkan dari mobil baru kamu.

Mobil bekas memang lebih murah, tapi yang kamu dapatkan hanyalah mobil yang berfungsi saja, diluar itu gak ada pelayanan, promo, dan fitur yang didapatkan. Rasanya pasti kurang puas, dan ujung-ujungnya kamu akan jual lagi mobil bekas kamu.

Kamu sudah membaca artikel ini dengan serius, dan tiba-tiba saja kamu mendapatkan suatu ilham, atau kesadaran, bahwa ada hal penting yang kamu harus pikirkan sebelum memutuskan untuk beli mobil impianmu.

Pikirkan urgensi sebelum membeli mobil, baru atau bekas

Kamu memang sudah menabung lama sekali untuk membeli mobil impian kamu, hal terpenting selanjutnya yang tidak boleh luput dari pertimbangan kamu adalah urgensi dalam membeli mobil.

Coba tanyakan hal ini pada diri kamu sendiri:

  1. Aku membutuhkan mobil impianku sekarang juga?
  2. Mobil ini akan kupakai semata-mata untuk aku pamerkan ke keluarga atau temanku?
  3. Mobil ini nantinya akan aku jual lagi?
  4. Kondisi keuangan aku stabil?
  5. Aku masih bisa menunggu sampai semua faktor sudah kuperhitungkan?

Jika pada poin 2, dan 3 jawabanmu Iya, berarti belum saatnya kamu beli mobil, bahkan kamu harus pikirkan lagi prioritasmu sebelum membeli mobil, baru atau bekas.

Mobil, baru atau bekas, bukanlah barang yang murah. Sejatinya mobil merupakan barang penunjang kehidupan ketika kebutuhan utamamu sudah terpenuhi, bukan barang untuk ajang pamer dan minder karena temanmu sudah punya mobil tapi kamu belum.

Oleh karena itu, sebelum kamu meminang mobil impianmu, tentukan urgensi dan prioritas hidupmu terlebih dahulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.