fbpx

Apa itu Pasar Modal? Yuk Simak Penjelasannya

apa itu pasar modal
Bursa Efek Indonesia

Dalam dunia investasi kita sering mendengar pasar modal, sebagian orang mungkin sudah sangatfamiliar dan mengerti dengan kata tersebut. Bagi investor pemula, tenang aja.. Mingkut akan jelaskan mengenai pasar modal. Apa itu pasar modal? Pasar modal adalah tempat bertemunya investor dan emiten, dimana ia beroperasi secara teroganisir dan terdapat aktivitas perdagangan surat-surat berharga seperti saham, ekuitas, surat pengakuan hutang, obligasi, dan surat berharga lainnya yang diterbitkan oleh pemerintah maupun swasta dengan memanfaatkan underwriter, broker, jasa komisioner, dan manajer investasi.

Adapun berdasarkan situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), pengertian pasar modal adalah sarana bertemunya perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah) yang membutuhkan dana dari masyarakat untuk pengembangan usaha, ekspansi, penambahan modal kerja dan lain-lain, dengan masyarakat yang hendak menginvestasikan dana mereka. Nah, setelah kita mengetahui apa itu pasar modal, kita perlu juga mengenali siapa saja pelakunya dan apa fungsinya.

Baca Juga : 10 Perusahaan Investasi Terbesar di Dunia

Pelaku Pasar Modal

Dalam pasar modal terdapat beberapa terminologi yang digunakan pada setiap pelaku pasar modal. Berikut adalah beberapa pelaku utama yang ada dalam pasar modal yaitu :

  • Investor, individu atau organisasi yang membelanjakan uangnya di pasar modal.
  • Emiten, perusahaan yang melakukan emisi, baik yang berupa saham ataupun obligasi.
  • Penjamin emisi (underwriter), merupakan perusahaan swasta atau BUMN yang menjamin terjualnya saham/obligasi samapai batas waktu tertentu dan dapat memperoleh dana yang diinginkan emiten.
  • Pialang (broker), perantara atau pihak yang memiliki peran melakukan penjualan atau pembelian efek di pasar sekunder.
  • Agen penjualan, pihak yang menjual efek dari perusahaan yang akna “Go Public” tanpa kontrak dengan emiten yang bersangkutan.
  • Manajer investasi, adalah perusahaan yang kegiatannya menyelenggarakan pengelolaan portofolio efek. Biasanya manajer investasi juga bertugas untuk menerbitkan sertifikat reksa dana.
  • Penasihat investasi, merupakan individu atau perusahaan yang kegiatannya memberikan analisis, membuat nasihat, dan membuat laporan mengenai efek kepada pihak lain, misal kepada manajer investasi.

Fungsi Pasar Modal

Bila berdasarkan pengertian dari pasar modal yang telah dijelaskan diatas, kita mengetahui bahwa pasar modal berfungsi mempertemukan investor dan emiten. Pertemuan itu memiliki fungsinya masing-masing dari pihak investor dan pihak emiten. Menurut situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terdapat dua fungsi dari pasar modal, yaitu fungsi ekonomi dan fungsi keuangan.

Dari Fungsi Ekonomi, pasar modal mempertemukan pihak yang membutuhkan dana (issuer) dengan pihak yang kelebihan dana (investor). Sehingga pihak yang memberi dana atau investor dapat meminjamkan sebagian dananya kepada pihak yang membutuhkan dana. Dana ini pun dapat digunakan untuk penambahan modal kerja, pengembangan usaha, ekspansi, dan lain-lain. Dalam konteks ini, pihak yang kekurangan dana bisa jadi perusahaan, pemerintah, atau pihak lainnya. Sementara itu, pihak yang kelebihan dana bisa jadi perusahaan atau masyarakat umum.

Fungsi lainnya adalah fungsi keuangan, ini mendefinisikan pasar modal sebagai sarana investasi masyarakat pada instrumen-instumen keuangan, seperti obligasi, reksa dana, saham, dan lainnya. Investor dapat dengan bebas memilih investment plan mereka. Dari investasi tersebut, investor akan memperoleh return sesuai instrumen investasi yang dipilih. Pemerintah pun mendapatkan manfaat dari pasar modal, karena pasar modal membantu perekonomian negara dengan menjadi salah satu sumber pendapatan negara dan dapat membantu menjalanakan roda pemerintahan.

Di Indonesia sendiri pasar modalnya bernama Bursa Efek Indonesia (BEI) yang telah hadir jauh sebelum Indonesia merdeka, tepatnya pada tahun 1912. Pertama kali didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda untuk kepentingan pemerintah kolonial atau VOC. Seiring perkembangan zaman, Bursa Efek Indonesia digunakan untuk kepentingan individu, pemerintah, atau swasta di Indonesia.

Ditulis oleh Askarya Adi Nugraha

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *