fbpx

8 Langkah Mengganti Ban Mobil Sendiri

mengganti ban

Halo sahabat, pernah merasa bingung bagaimana pada saat ban mobil pecah ? Kali ini kita akan berbagi informasi tentang 8 langkah mengganti ban mobil sendiri. Yuk, simak langkah-langkahnya.

  • Tepikan Mobil dan Beri Tanda Peringatan

Solusi pertama yang harus kita lakukan saat ada musibah adalah menepikan mobil dan memberi tanda peringatan. Urgensinya agar para pengemudi lain tahu bahwa mobil Kita sedang mogok dan butuh perbaikan.

  • Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Setelah mobil menepi, matikan mesinnya. Ambil peralatan yang dibutuhkan untuk mengganti ban mobil, seperti dongkrak mobil, kunci roda, dan ban cadangan. Peralatan ini biasanya sudah Kita dapat sejak kali pertama membeli mobil.

  • Kendurkan Baut Ban Menggunakan Kunci Roda

Jika ada penutup baut ban mobil, lepaskan terlebih dahulu menggunakan obeng. Kemudian, gunakan kunci roda untuk memutar baut ban dengan arah berlawanan jarum jam. Agar prosesnya lebih cepat, Kita bisa mengendurkan baut ban yang saling berseberangan. Namun pada langkah ini, jangan sampai baut ban lepas. Kitahanya cukup mengendurkan baut ban.

  • Angkat Mobil Menggunakan Dongkrak

Perhatikan Kita memasang dongkrak dengan benar. Pertama, pasang dongkrak di dekat ban mobil yang akan diganti. Kedua, pastikan Kita memasang dongkrak pada struktur yang kuat. Titik terbaik  memasang dongkrak ada di titik dongkrak yang ditandai dengan cekungan di dekat roda. Ketiga, setelah menemukan posisi terbaik, pastikan posisi dongkrak tegak lurus, jangan sampai miring. Keempat, angkat ban menggunakan dongkrak hingga ban mobil terangkat.

  • Buka Baut Ban yang Bocor

Saat mobil terangkat, buka baut ban secara keseluruhan sampai lepas. Simpan baut yang telah dilepas agar tidak tercecer. Letakkan juga ban dengan posisi tidur agar tidak menggelinding di jalan.

  • Pasang Ban Mobil Cadangan

Masukkan ban mobil cadangan secara pelan dengan sedikit digoyangkan. Setelah ban terpasang, masukkan baut dengan cara berseberangan seperti saat Kita mengendurkan baut. Kita hanya perlu memasang baut, tanpa perlu mengencangkan baut terlebih dahulu.

  • Turunkan Dongkrak dan Kencangkan Baut Ban

Turunkan dongkrak secara perlahan sampai ban menyentuh tanah. Jika sudah, lepaskan dongkrak dan kuatkan baut ban satu per satu. Tendangkan kaki ke ban untuk mengetes apakah ban sudah benar terpasang dengan kuat atau belum. Jika sudah, maka tidak akan ada geseran saat kaki Kita menendang ban.

  • Simpan Kembali Ban Rusak dan Peralatan Ganti Ban

Setelah semuanya selesai, bereskan segera. Simpan ban yang rusak ke bagasi. Begitu juga dengan peralatan ganti ban.

Itulah langkah-langkah mengganti ban mobil sendiri yang bisa Kita praktikkan, tanpa memerlukan bantuan montir. Semoga informasi ini bermanfaat ya sahabat.

Tapi tetap lakukan servis kendaraan ya sahabat. Klik untuk reservasi kendaraan di Astra Daihatsu Bintaro.

Baca juga artikel lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.