5 Pertimbangan membeli mobil honda brio bekas berkualitas

Membeli mobil bekas, terutama seperti Honda Brio, dapat menjadi alternatif yang baik untuk mendapatkan kendaraan berkualitas dengan biaya lebih terjangkau. Namun, untuk memastikan Anda mendapatkan Honda Brio bekas yang berkualitas, perlu dilakukan beberapa langkah penting. karena membeli mobil bekas tak semudah yang dibayangkan, sebab harus melalui proses yang tepat. apalagi dijaman sekarang banyak anak milineal yg ingin membeli mobil baru tapi budgetnya pas-pasan. Kekhawatiran dan rasa takut itu terkadang menghampiri ketika akan membeli mobil bekas karena dinilai kualitas barangnya sudah menurun, terdapat risiko kerusakan, dan risiko pengeluaran yang lebih untuk memperbaikinya.

Sumber : Mobil bekas brio

Oleh karena itu, perlu ketelitian dan kehati-hatian saat membeli mobil bekas. Apalagi bagi pemula atau anak milenial yang ingin membeli mobil bekas. Berikut beberapa hal yang menjadi perhatian untuk membeli mobil honda brio bekas berkualitas:

5 Hal yg perlu dipertimbangkan

1. Sesuaikan Budget Untuk Membeli Mobil brio Bekas
Tips membeli mobil bekas brio yang pertama ada menyesuaikan dengan anggaran yang telah tersedia. Sebelum memilih mobil bekas brio yang ingin Anda beli, saran pertama dalam membeli mobil brio bekas dengan transmisi otomatis atau manual adalah mengetahui harga mobil yang Anda inginkan.

Sebelum memilih mobil brio bekas yang ingin Anda beli, saran pertama dalam membeli mobil bekas dengan transmisi otomatis atau manual adalah mengetahui harga mobil yang Anda inginkan.

Dengan demikian, Anda dapat merencanakan skema pembayaran sejak awal dan menghindari gangguan keuangan di masa depan. Ada dua metode yang dapat dilakukan.


Sumber : Wuling.id

2. Cari Informasi Detail Tentang Mobil yg berkaitan
– Riwayat service berkalanya mobil
Cek maintenance rutin mobil, seperti penggantian oli mobil dengan memeriksa kembali catatan servis mobil. Dengan begitu Anda bisa mengetahui risiko yang mungkin terjadi pada mobil Anda di masa depan, terutama yang berhubungan dengan biaya servis. Berbicara oli mobil, pastikan untuk mengganti oli saat membeli mobil bekas. Temukan oli yg seperti oli dari Mobil Lubricants untuk merestorasi mobil bekas Anda.

Sumber : Mobil.co.id

– Dokumen dan surat asli mobil
Jika merasa sudah cocok dengan mobil Honda Brio bekas tersebut, ada baiknya kamu segera menanyakan surat-surat keabsahan mobil kepada penjual. Pastikan surat-surat mobil dalam keadaan yang lengkap, dan sesuai antara mobil dan surat-surat yang dimiliki. Cara untuk mengecek surat-surat ini bisa kamu lakukan dengan cara berikut.
Mengecek nomor mesin dan harus sesuai dengan STNK dan BPKB, Mengecek nomor rangka dan harus sesuai dengan STNK dan BPKB, Melihat pajak kendaraan, apakah sudah habis atau masih aktif dan Menyesuaikan data antara STNK dan BPKB harus sesuai.

Sumber : Surat-surat mobil

– Beli Perorangan atau Dealer
Ketika ingin membeli mobil brio bekas, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan. Membeli antar individu kepada user atau dealer. Sebenarnya terdapat plus minus diantara keduanya. Jika budget Anda benar-benar terbatas, maka membeli langsung kepada user layak dijadikan pilihan. Karena biasanya membeli kepada user langsung lebih murah.
Namun, Anda harus memastikan kondisi mobil mulai dari eksterior, interior, dan mesin masih prima dan layak untuk dipakai. Lihat pula fitur-fitur utama dan unggulan di mobil tersebut, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Sumber : Jualo.com

3. Survei langsung pada mobil
Periksa bagian eksterior mobil untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Berikut adalah hal yang harus Anda cek:
– Body mobil
– Mesin mobil
– Aki
– Suspensi
– Ban Mobil
– Kampas rem mobil

Sumber : Carmudi.com

4. Diskusikan dengan mekanik atau ahli pilihan anda
Tips membeli mobil bekas kesebelas adalah membawa mekanik atau pun ahli mobil ketika melakukan peninjauan atas kendaraan bekas. Peran mekanik atau teman yang ahli sangat penting dalam tips membeli mobil bekas secara online maupun offline untuk mendapatkan mobil yang berkualitas. Jika Anda masih awam dalam bidang otomotif, tidak perlu khawatir saat ingin membeli mobil bekas. Anda dapat membawa mekanik ahli atau teman yang memiliki pemahaman yang baik tentang mobil dan komponennya. Dengan keahlian mereka, mekanik dapat mendeteksi kondisi mobil bekas tersebut, termasuk kemungkinan adanya kerusakan atau kekurangan. Hal ini juga merupakan salah satu cara untuk memeriksa kondisi mesin mobil bekas.

Tips membeli mobil bekas secara online maupun offline ini penting agar Anda tidak tergoda dengan promosi dari penjual. Dengan bantuan mekanik ahli, Anda akan lebih percaya diri dalam membeli mobil bekas yang telah lama Anda incar. Jika perlu, ajak mekanik atau ahli mobil Anda untuk melakukan pemeriksaan lebih mendalam terhadap mobil. Ini dapat membantu Anda mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang kondisi mobil.

5. Lakukan Test Drive
Test drive pun masuk ke dalam tips membeli mobil bekas Kami, dan ini dia penjelasannya.
Langkah selanjutnya saat melakukan pemeriksaan dan ingin membeli mobil bekas adalah dengan melakukan test drive.
Dealer yang terpercaya umumnya akan memperbolehkan calon pembeli untuk melakukan test drive. Biasanya, Anda dapat melakukan test drive di rumah dengan melakukan kesepakatan terlebih dahulu.
Setelah kesepakatan dicapai, pihak dealer akan mengantarkan mobil ke rumah Anda untuk dilakukan test drive.

Sumber : Test Drive
Lakukan pengujian pada berbagai kondisi jalan dan kecepatan, sehingga Anda dapat memahami dan mengetahui kondisi mobil sebenarnya. Selama test drive, perhatikan dengan baik hal-hal berikut, mulai dari kecepatan kendaraan, respons gas, kondisi rem, transmisi, hingga kenyamanan berkendara secara keseluruhan. Dengan demikian, Anda dapat menilai apakah mobil bekas tersebut masih nyaman atau tidak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *